Benteng Suwon Hwaseong (Dok. Visit Korea)

Korea Selatan Buat Proyek Smart Tourism, Benteng Suwon Hwaseong Salah Satunya

15 June 2021   |   20:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Benteng Suwon Hwaseong di tengah Suwon, Provinsi Gyeonggi Korea Selatan akan diubah menjadi situs pariwisata ‘pintar’ yang menggabungkan kemajuan terbaru dalam teknologi informasi dan komunikasi untuk kenyamanan wisatawan.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea (KTO) mengatakan bahwa daerah itu dipilih sebagai lokasi tahun ini untuk proyek mereka membuat ‘smart tourism’ di seluruh negeri.

Ketika proyek tersebut diluncurkan tahun lalu, jalan sejarah dan budaya Pelabuhan Terbuka Incheon dipilih sebagai lokasi pertama untuk proyek tersebut.

Benteng Suwon Hwaseong sendiri adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yang dibangun untuk memperingati inovasi Raja Jeongjo dari Kerajaan Joseon (1392-1910) melalui kemegahan ilmu pengetahuan, arsitektur dan seni abad ke-18 dengan empat gerbang dan tembok kota yang menonjol.

Menghabiskan dana sebesar 3,5 miliar won, Suwon City akan memperkenalkan layanan pariwisata pintar dengan menghadirkan konten realitas virtual dan augmented reality yang menampilkan situs bersejarah benteng yang belum dipugar atau dibuka untuk umum.

Informasi lalu lintas dan parkir real-time juga akan ditawarkan untuk meningkatkan kenyamanan.

Selain itu, situs di dalam tembok benteng yang akan diubah menjadi situs pariwisata pintar tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat di mana para pemula perjalanan yang inovatif dapat memperluas bisnis masa depan mereka dengan menggabungkan pariwisata dengan teknologi Revolusi Industri Keempat seperti kecerdasan buatan (AI).

“Kami akan memberikan upaya penuh untuk meningkatkan daya saing pariwisata daerah dengan memelihara layanan pariwisata di masa depan,” kata Penanggung Jawab Proyek Kota Wisata Pintar KTO Kim Kwon-ki dilansir dari Korea Times.

Kota wisata pintar Incheon sendiri dijadwalkan akan dibuka pada bulan Juli mendatang.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Keren! 8 Adegan Karakter Lee Hyeri Ini Patahkan Stereotip Tokoh Perempuan dalam Drakor

BERIKUTNYA

Tenang! Ini 7 Cara agar Genhype Mudah Redakan Amarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: