Jakarta International Stadium (Sumber gambar: tangkapan layar laman Pemprov DKI Jakarta)

5 Fasilitas Menarik dan Canggih di Jakarta International Stadium

10 February 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta memiliki dua stadion besar bertaraf internasional yang kerap menjadi tempat berbagai kegiatan selain pertandingan sepak bola. Salah satu di antaranya adalah Jakarta International Stadium yang terletak di Jakarta Utara yang memiliki beragam fasilitas.

Berdasarkan informasi situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, stadion ini memiliki kapasitas maksimal hingga 82.000 orang dalam satu acara sepak bola atau konser. Stadion dengan luas 300.000 meter persegi ini diinisiasi sejak 2008 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: 7 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Korea Utara

Stadion yang pada awalnya akan memiliki nama Stadion BMW Itu dibangun guna memenuhi kebutuhan Ibu Kota Negara DKI Jakarta atas stadion bertaraf internasional setelah Stadion Lebak Bulus mengalami penggusuran.

Pembangunan Jakarta International Stadium atau yang kerap disingkat JIS secara resmi mulai dilaksanakan pada 2019. Dengan memakan waktu tiga tahun, penggunaan pertama kali stadion ini adalah pada 13 April 2022. Sementara itu, peresmiannya adalah pada 24 Juli 2022.

Sejumlah acara telah berlangsung di stadion ini. Salah satunya adalah pertandingan Piala Dunia FIFA U-17. Pada saat itu, sejumlah tim nasional muda dari berbagai negara berlaga di stadion tersebut. Selain lapangan sepak bola, stadion ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang dapat digunakan.


1. Jogging track

Fasilitas pertama yang tersedia di Jakarta Interantional Stadium adalah jogging track yang terdapat di rangka bangunan atas JIS. Keberadaan track tersebut memungkinkan pengunjung melakukan olahraga dari ketinggian 72 meter.

Saat jogging, Genhype juga dapat menikmati pemandangan pesisir Jakarta mengingat stadion ini juga terletak tidak jauh dari pesisir yang berada di utara Jakarta.


2. Sistem audio canggih

Fasilitas lain yang terdapat di salah satu stadion besar di dalam negeri adalah system audio yang terpasang di dalamnya. Jakarta International Stadium terpasang speech transmission index (STI) pro sound dengan tekanan suara tidak kurang dari 100dBA – 105dBa.

Selain itu, bentuk stadion yang mengitari lapangan langsung juga dapat membuat suara yang dikeluarkan dari sistem memiliki suara yang lebih besar.


3. Atap stadion dapat dibuka dan ditutup

Berbeda dengan banyak stadion di dalam negeri lainnya, Jakarta International Stadium memiliki atap fleksibel sehingga dapat dibuka dan ditutup. Kondisi ini memungkinkan berbagai pertandingan dan acara diadakan di sana dalam kondisi apa saja. 

Baca juga: Intip Fasilitas Keren 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Teknologi buka dan tutup stadion tersebut mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai stadion pertama di Indonesia yang memiliki teknologi itu.

 
1
2


SEBELUMNYA

Benteng Vastenberg, Destinasi Wisata Sejarah di Solo yang Instagramable

BERIKUTNYA

Mengenal Kartu Biru dalam Sepak Bola, Akan Diuji Coba Tapi Ditentang FIFA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: