Cuplikan film Avatar: The Way of Water. (Sumber gambar: 20th Century Studios)

Sutradara James Cameron Sebut Telah Siapkan Musim 6 & 7 Film Avatar

07 February 2024   |   19:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

James Cameron boleh jadi adalah sutradara yang sangat visioner. Sutradara asal Kanada itu membeberkan telah menyiapkan rencana untuk pembuatan musim keenam dan ketujuh dari film waralaba Avatar. Kabar itu diungkapkannya setelah beberapa bulan pascaperilisan Avatar 2, serta masih sekitar satu tahun sebelum penayangan Avatar 3 pada 2025.

Kepada media People, Cameron membeberkan bahwa dia telah memiliki rencana untuk film keenam dan ketujuh dari waralaba populer Avatar. Hal itu diungkapkannya di ajang penghargaan tahunan Saturn Awards ke-51 di Los Angeles, AS, baru-baru ini. 

Cameron memastikan bahwa film Avatar keenam dan ketujuh akan dibuat sekalipun bukan dia yang menyutradarainya. "Kami sepenuhnya menyelesaikan penulisan film kelima, dan saya punya ide untuk film keenam dan ketujuh, meskipun saya mungkin akan menyerahkan tongkat estafet pada saat itu," kata sutradara  berusia 69 tahun itu.

Bukan tanpa alasan Cameron mengungkapkan keinginannya untuk memperpanjang napas film Avatar. Baginya, Avatar adalah produk budaya populer yang telah memiliki ikatan tersendiri bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Oleh karena itu, dia ingin terus mengeksplorasinya serta tidak ingin menyia-nyiakannya dengan membuat sesuatu yang lain dari awal.

Baca juga: Produksi Film Avatar 3 Berlanjut, Dijadwalkan Rilis Desember 2025

Di samping itu, sutradara pemilik nama asli James Francis Cameron itu juga mengatakan hendak menjadikan Avatar seperti waralaba sukses lainnya seperti Star Wars dan Star Trek. Menurutnya, untuk mengikuti jejak kesuksesa dua waralaba itu, diperlukan kreativitas dan energi yang sungguh-sungguh.

"Star Trek, Star Wars, dunia waralaba yang telah ada sejak saya masih kecil, itulah inspirasi saya. Kami [Avatar] masih merupakan alam semesta yang muda. Kami baru membuat dua film, dan saat ini kami sudah setengah jalan menuju film ketiga. Untuk mendapatkan dampak budaya seperti itu dari waktu ke waktu, Anda harus mencurahkan seluruh hati dan energi Anda ke dalamnya," katanya.

Cameron pun memastikan bahwa dia tidak berusaha untuk memperpanjang cerita Avatar dengan kisah yang tidak kuat dibandingkan sekuel sebelumnya. Dia menegaskan masih banyak cerita yang memang perlu diceritakan dalam waralaba Avatar.

Terlebih, berkat kesuksesan dua film sebelumnya di box office global, Cameron memiliki keyakinan bahwa pesan dan spirit yang ingin dia sampaikan di waralaba tersebut telah diterima oleh masyarakat dunia yang luas. 

Diketahui, Avatar musim pertama yang dirilis pada 2009 meraup pendapatan sebesar fantastis yakni US$2,9 miliar dari bujet produksi sebesar US$237 juta. Capaian itu menjadikan Avatar sebagai film terlaris kedua sepanjang masa, setelah Gone with the Wind, dengan total pendapatan sebesar US$3,5 miliar.

Begitupun dengan sekuelnya, Avatar: The Way of Water yang sukses di box office global. Film yang dirilis pada 6 Desember 2022 itu meraup pendapatan sebesar US$2,3 miliar dari bujet produksi sekitar US$350-US$460 juta. Raihan itu menjadikan Avatar 2 sebagai film terlaris yang dirilis tahun 2022.

"Pesan kami sebenarnya distopia sampai batas tertentu, tapi ini tentang keindahan, koneksi, nilai-nilai positif dan itu tampaknya berhasil. Jadi menurut saya hal itu memberdayakan kami," kata sutradara yang juga menggarap film Titanic itu.

Belum diketahui pasti kapan musim keenam dan ketujuh film Avatar akan dirilis. Meski demikian, musim ketiga Avatar dijadwalkan tayang di bioskop pada 2025, disusul dengan Avatar 4 pada 2029 dan Avatar 5 pada 2031.

Pada musim keduanya, Avatar menceritakan kisah keluarga Sully yakni Jake, Neytiri, dan anak-anak mereka yang berlatar satu dekade setelah peristiwa di film pertamanya. Film ini mengupas masalah yang mengikuti mereka, sejauh mana mereka berusaha untuk menjaga satu sama lain tetap aman, pertempuran yang mereka perjuangkan untuk tetap hidup, serta tragedi yang mereka alami.

Meskipun belum diketahui pasti, film Avatar 3 yang dijadwalkan rilis pada 19 Desember 2025 akan menampilkan kelanjutan perang antara suku Na'vi dan umat manusia untuk menguasai Pandora.

Selain itu, konflik dengan Quaritch juga kemungkinan akan memanas di musim ketiga Avatar, yang disuguhkan dengan visual yang lebih baik dari dua musim sebelumnya. Nama-nama seperti Sam Worthington dan Zoe Saldaña akan kembali membintangi Avatar 3 bersama jajaran aktor dan aktris lain seperti Sigourney Weaver, Stephen Lang, Giovanni Ribisi, Kate Winslet, Cliff Curtis, Joel David Moore dan CCH Pounder.

Baca juga: Teka-teki Sosok Kiri di Film Avatar yang Bakal Jadi Juru Selamat di Avatar 3

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Putri Ariani Wujudkan Spirit Inklusivitas dan Semangat Juang dalam Keberagaman

BERIKUTNYA

5 Film & Serial Hollywood Tayang 2024 di Netflix Indonesia, Ada Avatar hingga Rebel Moon Part 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: