Tampilan fitur Avatar di WhatsApp. (Sumber: WhatsApp)

WhatsApp Kini Kebagian Fitur Avatar, Begini Cara Pakainya

07 December 2022   |   20:53 WIB

Like
Fitur Avatar telah menjadi tren di media sosial dan platform komunikasi setidaknya selama beberapa tahun terakhir, di mana tampilan visual berbentuk tiga dimensi ini identik sebagai bentuk ekspresi bagi penggunanya dan sebagai bentuk personalisasi secara visual.

Setelah Facebook dan Instagram, kini Meta membawakan fitur Avatar ke dalam platform komunikasi WhatsApp. Serupa dengan Avatar yang lebih dulu hadir dalam dua produk media sosial tersebut, avatar ini diluncurkan pada Rabu (7/12/2022) sebagai wujud dari ekspresi diri melalui personalisasi akun.

"Mengirim Avatar adalah cara cepat dan menyenangkan untuk berbagi perasaan dengan teman dan keluarga. Ini juga merupakan cara yang luar biasa untuk mengekspresikan diri Anda tanpa perlu menggunakan foto asli sehingga terasa lebih privat," tulis perwakilan WhatsApp dalam pernyataan resmi yang diterima Hypeabis.id.

Baca jugaBegini Perbedaan Group dan Communities, Fitur Kelompok dalam WhatsApp yang Mirip

Nantinya, avatar yang dipergunakan sebagai profil digital pengguna akan menghadirkan kustomisasi atau penyesuaian dari kombinasi gaya rambut, bentuk dan fitur wajah, hingga pakaian. Lebih rinci, pengaturan ini juga akan memuat gaya pencahayaan, bayangan, tekstur rambut, dan lainnya.
 

Saat ini, avatar yang dihadirkan bisa dipakai sebagai foto profil. Alternatifnya, avatar ini juga bisa hadir dalam bentuk stiker khusus dengan emosi dan tindakan. Tidak hanya sebagai foto profil, avatar ini juga nantinya akan berfungsi sebagai emoticon  melalui pengiriman pesan di dalam ruang obrolan. 

Dukungan avatar dengan model Bitmoji ini telah dipublikasi sejak Oktober 2022. The Verge dan WABetaInfo melaporkan bahwa fitur ini telah dikembangkan untuk sebagian pengguna uji coba beta, di mana bocoran yang beredar menyebutkan bahwa fitur ini memiliki kustomisasi berupa paket stiker dalam beragam pose untuk mengekspresikan diri kepada keluarga dan teman.

 

Tampilan avatar pada WhatsApp. (Sumber gambar: WhatsApp)

Tampilan avatar pada WhatsApp. (Sumber gambar: WhatsApp)


Sementara itu, Meta mulai mengenalkan avatar pada 2019 melalui halaman News Feed dan Messeger. Semula hadir untuk platform Facebook, fitur ini mulai dikembangkan dalam kolom komentar dan stories pada 2020. Avatar bernama ini awalnya berbentuk karakter dua dimensi dan bisa dikustomisasi.

Saat ini, pengembangan avatar kini mulai berfokus pada desain yang lebih dimensional dengan tampilan 3D, aksesbilitas yang meluas ke post hingga ke Instagram Stories. Pengembangan ini juga menghadirkan ragam bentuk yang lebih variatif dibandingkan karakter yang hadir sebelumnya.

General Manager Meta, Aigerim Shorman, mengatakan bahwa pengembangan avatar merupakan upaya Meta dalam membangun ide metaverse. Ide ini tidak hanya sekadar implementasi virtual reality dan augmented reality, tapi juga menyasar pada integrasi atau penjembatanan antar platform dan medium seperti ponsel dan komputer.

Pengembangan avatar secara umum ini menjadi yang terbaru, di mana avatar pada media komunikasi awalnya masih identik dengan produk Bitmoji milik Snap, Memoji milikk Apple, dan AR Emoji milik Samsung.

Fitur avatar kini hadir untuk seluruh pengguna WhatsApp dari berbagai lokasi mulai hari ini.

Baca jugaBegini Cara Berbagi Lokasi Melalui WhatsApp yang Akurat, Mudah Lho!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Album BLACKPINK Masuk Daftar The 50 Best Albums of 2022 versi Billboard

BERIKUTNYA

Si Kecil Masuk Fase MPASI, Perhatikan 5 Hal Ini ya Moms

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: