Ilustrasi pertunjukan kembang api saat Imlek di Hong Kong (sumber gambar HKTB)

Sambut Tahun Naga Kayu, Cek 4 Agenda Wisata Imlek Seru di Hong Kong

02 February 2024   |   23:38 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Imlek tinggal menghitung hari nih Genhype. Tahun ini, momen yang ditunggu-tunggu masyarakat itu akan jatuh pada 10 Februari 2024. Biasanya, momen pergantian tahun baru China itu dirayakan dengan liburan, baik di dalam dan luar negeri.

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas Tionghoa, Hong Kong kerap menjadi pilihan alternatif untuk merayakan Imlek. Sebab,kota pelabuhan ini para pelancong bisa menikmati berbagai festival dan parade menarik, yang jarang ditemui di tempat lain.

Baca juga: Cek 5 Keunikan Temple Street, Ikon Destinasi Wisata Kuliner di Hong Kong
 

Tak hanya itu, tahun ini Hong Kong Tourism Board (HKTB) juga mengadakan berbagai kegiatan menarik untuk dinikmati saat libur Imlek. Dihimpun dari sumber resmi, berikut beberapa agenda wisata yang dapat dinikmati saat liburan ke Hong Kong. 
 

1. Parade menyambut Imlek

Setelah vakum selama lima tahun, salah satu acara Tahun Baru Imlek terbesar di Hong Kong bakal kembali dihelat tahun ini. Yaitu Cathay International Chinese New Year Night Parade, yang khusus digelar untuk mengawali Tahun Naga Kayu yang muncul 60 tahun sekali. 

Keunikan dari parade adalah akan melintasi kawasan wisata populer Tsim Sha Tsui, dengan pertunjukan oleh para pengisi acara dari seluruh dunia. Bahkan, bakal ada juga parade kendaraan hias yang didekorasi dengan mewah, dan masih banyak lagi yang Genhype temukan secara langsung saat tiba di lokasi.

Adapun, acara ini akan berlangsung pada 10 Februari 2024 mulai pukul 19.00 sampai 20.45 waktu Hong Kong. Dalam parade ini kalian juga akan disuguhi berbagai kegiatan perayaan yang spektakuler dan pesta keluarga yang dipastikan meriah. 
 

2. Pertunjukan kembang api 

Pesta kembang api di Hog Kong saat Tahun Baru China, jadi salah satu momen yang paling ditunggu para turis dan umat Konghucu di negara tersebut. Dihelat pada 11 Februari 2024, acara ini akan menyajikan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

Nantinya, suasana meriah akan terus terpancar saat Victoria Harbour yang mendunia diterangi dengan pertunjukan kembang api dengan berbagai warna. Selama beberapa waktu, pertunjukan kembang api ini juga akan menerangi langit malam, saat Hong Kong bersorak menyambut tahun baru. 

Bagi yang ingin menikmati pemandangan tersebut dengan jelas. Genhype bisa mengunjungi titik pengamatan terbaik yang terletak di kedua sisi kawasan pejalan kaki di kawasan pelabuhan. Setelahnya kalian akan menyambut warna simbol kemakmuran dan kegembiraan yang berlimpah saat kembang api bermekaran dengan indahnya di udara. 
 

3. Festival lampion berkelas 

Keseruan perayaan Imlek juga akan masih berlanjut hingga hari ke-15 di Tahun Baru China, yang bersamaan dengan diakhirinya Festival Lampion di Hong Kong. Galibnya, festival ini juga dinikmati oleh warga Hong Kong dan turis dengan berjalan-jalan mengelilingi kota bersama keluarga atau kekasih.

Tak hanya itu, mereka biasanya juga berkumpul menikmati bola ketan, yang melambangkan kebersamaan, memecahkan teka-teki di lampion, dan mengagumi bulan purnama pertama di tahun baru Imlek. Sebagai wisatawan, kalian juga dipersilakan untuk bergabung dengan perayaan lokal sembari menikmati beragam aktivitas semarak di kota ini.
 
Adapun, beberapa kegiatan yang bisa dinikmati adalah menyaksikan tarian naga yang penuh keberuntungan, pertunjukan lampion tahunan, CNY Raceday, dan Lunar New Year Cup. Selain itu ada juga pertunjukan barongsai yang tersebar di seluruh penjuru kota, dan masih banyak lagi.
 

4. Kuliner tradisional khas Imlek

Tahun Baru China juga menghadirkan berbagai makanan khas Imlek yang lezat dan jarang ditemui saat hari-hari biasa. Saat ini, berbagai restoran di Hong Kong juga kembali menyajikan kuliner tradisional yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke sana, seperti poon choi dan nin gou alias kue beras ketan. 

Selain itu, berbagai kedai makanan juga menawarkan cita rasa lokal, spot foto tematik baru yang akan menyemarakkan kawasan ini dengan sentuhan Imlek.  Termasuk dengan menghidupkan suasana untuk menarik minat masyarakat setempat serta para pengunjung untuk menjelajahi jalanan di Hong Kong. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Wisata dari Travel Pattern Kemenpar Untuk Liburan Imlek 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bukan Hanya Karena Bakteri, Yuk Kenali Bahaya di Balik Makanan yang Terkontaminasi

BERIKUTNYA

4 Pemain Timnas Indonesia Dapat Klub Baru Setelah Piala Asia 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: