Kawasan pecinan terdapat di banyak tempat di Indonesia (Sumber gambar/ilustrasi: pexels/ Foto oleh Brett Sayles)

4 Rekomendasi Wisata dari Travel Pattern Kemenpar Untuk Liburan Imlek 2024

31 January 2024   |   14:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahun Baru Imlek tinggal beberapa hari lagi. Genhype yang masih belum memiliki acara, tidak perlu bingung. Peta perjalanan atau travel pattern dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjelang Tahun Baru Imlek dapat menjadi referensi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa libur panjang menyambut Tahun Baru Imlek 2024 mempunyai potensi besar dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara.

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 14,3 juta dan pergerakan wisatawan domesitk berada pada kisaran 1,2 miliar-1,5 miliar pergerakan. 

Baca juga: Cek Daya Tarik Wisata Tangkal Pinus Jayagiri, Surga Pohon Pinus di Kawasan Lembang

“Kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujarnya dalam siaran pers.

Berikut peta perjalanan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dapat menjadi rujukan untuk menikmati libur Tahun Baru Imlek 2024.


1. Kawasan pecinan

Kawasan pecinan merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota di Indonesia. Kawasan ini memiliki keunikan dari segi arsitektur bangunan yang menarik perhatian banyak wisatawan.

Di kawasan pecinan, ragam budaya Tionghoa terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori, hingga kuliner.

Dengan begitu, kawasan wisata pecinan dapat menjadi salah satu destinasi wisata untuk menyambut libur Imlek 2024 dan perayaan Cap Go Meh. Kawasan itu, seperti Glodok-Petak Sembilan Jakarta.

Ada juga destinasi wisata pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah dengan tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Samp Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu.


2. Grebek Sudiro, Solo

Ajang Grebek Sudiro yang akan berlangsung di Solo dapat menjadi pilihan lainnya bagi Genhype yang sampai saat ini belum memiliki rencana untuk berlibur saat Tahun Baru Imlek 2024. Acara ini akan diadakan pada 28 Januari–10 Februari 2024.

Dalam laman Pemerintah Kota Surakarta (Solo), Grebeg Sudiro adalah perayaan grebeg yang menjadi penanda akulturasi etnis Jawa dan China. Penggagas acara ini adalah warga dari kedua etnis, yakni China dan Jawa. Selain itu, bisa juga mengunjungi destinasi wisata pecinan di kawasan Pasar Gede, Solo


3. Pulau Kemaro, Palembang

Destinasi wisata lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi libur Imlek 2024 adalah Pulau Kemaro yang ada di Palembang. Pulau ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di kota yang terkenal dengan kuliner pempek tersebut.

Saat berkunjung ke Pulau Kemaro, Genhype dapat menikmati tradisi kesenian barongsai, wayang orang China, dan kesenian tradisional lain yang tidak kalah seru.


4. Karisma Event Nusantara di Singkawang

Singkawang adalah destinasi wisata lainnya yang tidak boleh dilewatkan dan masuk dalam peta perjalanan atau travel pattern yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebelum Tahun Baru Imlek 2024.

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Populer di Danau Toba, Ada Bukit Holbung & Air Terjun Situmurun

Terletak di Kalimantan Barat, Singkawang masuk dalam Karisma Event Nusantara, yakni Cap Go Meh Singkawang. Kota berjuluk Hong Kong Van Borneo ini terkenal sebagai kota seribu vihara atau klenteng dengan arsitektur yang menawan sehingga pas untuk dikunjungi pada momen libur Imlek.  

(Baca artikel hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Agak Laen, Kisah Komedi dari Rumah Hantu yang Tayang 1 Februari 2024

BERIKUTNYA

Lee Young-ae Kembali Bintangi Drama Legendaris Jewel In The Palace 2 Sebagai Jang Geum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: