Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

4 Pemain Timnas Indonesia Dapat Klub Baru Setelah Piala Asia 2023

03 February 2024   |   17:17 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gelaran Piala Asia 2023 membawa berkah bagi beberapa pemain timnas Indonesia. Berkat penampilan yang apik di lapangan hijau, sejumlah punggawa skuad Garuda diketahui mulai dilirik klub luar negeri, bahkan ada yang telah meneken kontrak.

Saat ini, setidaknya ada empat pemain Timnas Indonesia yang telah mengumumkan klub barunya. Dua di antaranya berlabuh di salah satu klub di negara Eropa. Adapun dua pemain lain masih akan bermain salah satu liga di kawasan Asia.

Baca juga: Mengenal Hector Bellerin, Ikon Pesepak Bola yang Stylish

Keempat pemain ini pun akan memulai petualangan barunya di klub masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut adalah empat pemain Indonesia yang mendapatkan klub baru setelah bermain di Piala Asia 2024


1. Pratama Arhan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ARHAN (@pratamaarhan8)


Pratama Arhan adalah salah satu pemain andalan Timnas Indonesia. Di fase grup Piala Asia 2023, Arhan selalu dimainkan di setiap pertandingan dan perannya cukup vital untuk membantu pola penyerangan sekaligus bertahan skuad Garuda.

Pada Selasa (16/1), Suwon FC secara resmi mengumumkan bahwa Pratama Arhan adalah pemain baru mereka. Kabar ini sekaligus menjawab rumor bahwa Arhan tidak lagi memiliki klub setelah berpisah dari klub liga Jepang, Tokyo Verdy.


2. Asnawi Mangkualam

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ASNAWI (@asnawi_bhr)


Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar resmi bergabung ke klub kasta tertinggi Liga Thailand, Port FC. Bek sayap kanan skuad Garuda ini merapat ke Port FC setelah dilepas oleh Jeonnam Dragon, klub lamanya.

Di klub barunya, Asnawi akan mengisi slot kuota pemain asing ASEAN yang menjadi salah satu aturan liga Thailand. Klub barunya ini akan jadi petualangan anyar Asnawi, setelah 3 tahun terakhir bermain di klub kasta kedua liga Korea Selatan tersebut.


3. Shayne Pattynama

 

Shayne Pattynama baru saja rampung membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Kini, dia akan kembali fokus berlatih di klub barunya, yakni KAS Eupen. Di klub barunya, Pattynama dikontrak selama 2,5 tahun.

KAS Eupen merupakan klub kasta tertinggi di Belgian Pro League. Namun, pada musim lalu, klub ini sempat terseok-seok di dasar klasemen. KAS Eupen berada di posisi 15 klasemen pada musim 2022/2023 dengan koleksi 28 poin dari 34 laga.

Di liga ini, ada kemungkinan Pattynama akan berhadapan dengan Sandy Walsh, rekan setimnya di Timnas Indonesia. Sebab, Sandy saat ini tercatat memperkuat KV Mechelen, klub yang berada di divisi teratas Belgia sama seperti KAS Eupen.


4. Elkan Baggot

 

Elkan Baggot juga punya klub baru setelah gelaran Piala Asia 2023 usai. Bek Timnas Indonesia ini resmi bergabung ke Bristol Rovers dengan status pinjaman dari Ipswich Town hingga akhir musim.

Bristol Rovers merupakan klub yang bermain di League One atau kasta ketiga liga Inggris. Saat ini klub tersebut berada di peringkat ke-11 dengan koleksi 37 poin dari 28 pertandingan. Perpindahan ini diharapkan
bisa menambah menit bermain Baggot. 

Baca juga: Review Buku 1970 Sebuah Novel: Kelindan Sepak Bola dalam Pusaran Politik Brasil

Sebab, selama membela Ipswich Town, Baggot hanya sering dimainkan di pertandingan-pertandingan khusus, seperti Piala Liga Ingris. Kendati demikian, pesepakbola berumur 21 tahun ini masih memiliki waktu yang panjang untuk terus berkembang. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sambut Tahun Naga Kayu, Cek 4 Agenda Wisata Imlek Seru di Hong Kong

BERIKUTNYA

Jadwal & Harga Tiket Konser The Legends 8 Replay: The World of Studio Ghibli & Makoto Shinkai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: