Lensa Canon RF 24-105mm (Sumber gambar: Canon)

Spesifikasi & Harga Lensa Canon RF Baru, 24-105mm sampai 200-800mm

30 January 2024   |   23:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Canon merilis tiga lensa RF terbarunya pada awal tahun ini. Ketiganya menawarkan keunggulan dan focal length atau jarak fokus yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan penggunanya, baik dalam bidang fotografi portrait, landscape, wedding, fashion, food, hingga wildlife

Canon Business Unit Director PT Datascrip Iqbal Rifqi Prayoga, menerangkan kehadiran tiga lensa dengan mounting RF ini diharapkan mampu memberikan keleluasaan bagi para fotografer dan videografer. Mendukung pengalaman fotografi maupun videografi kamu, berikut spesifikasi rangkaian lensa RF terbaru dari Canon sesuai jarak fokus yang bisa jadi pilihan. 

Baca juga: Hobi Fotografi? Cek Tip & Trik Penggunaan Lensa yang Tepat dari Fotografer Profesional
 

Lensa terbaru dari Canon. (Sumber gambar : Canon)

Lensa terbaru dari jajaran Canon RF 2024. (Sumber gambar: Canon)

1. RF24-105mm

Lensa ini memiliki apertur maksimum f/2.8 pada seluruh rentang fokus 24-105mm. RF24-105mm f/2.8 L IS USM Z mendukung fotografi resolusi tinggi dan video hingga resolusi 8K. Pengguna juga dapat menikmati fleksibilitas lebih besar dalam pengaturan komposisi dan eksposur pada beragam subjek, terutama saat memotret dalam kondisi minim cahaya atau membuat efek bokeh.

Lensa yang dibanderol dengan harga Rp66,5 juta ini juga memperkenalkan fitur desain baru, seperti cincin iris pertama pada jajaran lensa RF. Fitur ini biasanya ditemukan pada lensa sinema Canon. Cincin iris memungkinkan kontrol apertur yang senyap dan intuitif dengan torsi halus, sangat ideal untuk menyesuaikan eksposur dan efek bokeh selama perekaman video. 

Auto fokusnya juga lebih stabil dan konsisten saat melakukan zoom perekaman video atau pengambilan gambar burst kecepatan tinggi. Dengan built-in image stabilizer (IS), lensa ini mampu mengoreksi guncangan kamera hingga 5,5 stop. RF24-105mm f/2.8 L IS USM Z cocok untuk pengambilan video maupun foto portrait, event, wedding, foto jurnalis, hingga olahraga indoor.
 

2. RF200-800mm

RF200-800mm f/6.3-9 IS USM merupakan lensa zoom super telephoto mounting RF pertama dari Canon yang memiliki focal length hingga 800mm berukuran portabel. Jika digunakan dengan RF Extender 2x, cakupan dapat lensa diperluas hingga 1600mm (2560mm pada kamera APS-C). Kamera ini cocok digunakan untuk genre olahraga, wildlife, dan astrofotografi.

Bobotnya terbilang ringan di kelasnya, yakni hanya 2 kilogram. Dirancang khusus untuk menangkap aksi berkecepatan tinggi, lensa ini dilengkapi dengan Nano USM yang memungkinkan pemfokusan cepat dan akurat untuk gambar diam, serta pemfokusan yang halus dan senyap untuk video jika digunakan pada kamera yang kompatibel.

Lensa yang dibanderol dengan harga Rp38 juta ini juga memiliki built-in IS hingga 5,5 stop yang efektif meredam guncangan kamera. 
 

3. RF-S10-18mm

Lensa zoom ultra-wide ini berukuran ringkas dan dirancang khusus untuk kamera APS-C EOS R. Lensa RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lensa EF-S dan EF-M. 

Walaupun ringan, lensa ini memiliki rentang fokus setara lensa full-frame dengan rentang fokus 16mm hingga 29mm. Menawarkan cakupan super lebar, lensa ini ideal untuk merekam momen saat travelinghiking, foto pemandangan, dan pengambilan gambar di ruang sempit.

Auto fokus pada lensa ini digerakkan oleh STM tipe leadscrew, yang membuat transisi fokus lebih mulus selama perekaman video. Lensa ini juga mendukung Focus Breathing Correction, yang secara digital mengoreksi perubahan sudut pandang yang mengganggu akibat pergerakan fokus saat merekam video. Lensa RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM dibanderol seharga Rp7,44 juta.

Baca juga: Rekomendasi Kamera Vlog Canon PowerShot V10 & Sony ZV-1 II, Cek Fitur & Speknya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bawa Konsep Serial Antologi, CKCKCK Series Angkat 6 Kisah Cinta Problematik

BERIKUTNYA

MIWA Pattern Rilis Koleksi Khusus Imlek 2024, Fesyen Motif Naga Bernuansa Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: