Penerapan hijau zamrud pada interior rumah. (Sumber gambar: Devon Janse/Pexels)

Warna-warna yang Bakal Bawa Hoki pada Tahun Naga Kayu 2024

29 January 2024   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru identik dengan semangat dan pengharapan baru. Menurut kalender China, 2024 adalah tahun Naga Kayu yang akan dimulai saat Imlek pada 10 Februari mendatang. Tahun Naga Kayu diartikan sebagai awal baru bagi kesuksesan. Lantaran hanya muncul sekali setiap 60 tahun, Naga Kayu dianggap sebagai makhluk langka dan menakjubkan.

Melansir dari situs South China Morning Post, naga melambangkan kesuksesan dan kehormatan dalam budaya Tionghoa, sementara kayu menyimbolkan vitalitas dan kreativitas. Naga dipercaya sangat cocok menjadi pemimpin dunia dengan karakter yang dominan dan ambisius, termasuk sangat percaya diri, tidak takut tantangan, dan bersedia mengambil risiko.

Sedangkan, unsur kayu melambangkan pertumbuhan, kelenturan, dan kepedulian terhadap benda-benda di alam. Mirip dengan pohon yang tumbuh menjulang ke langit, kayu dipercaya mewakili gagasan untuk menjadi lebih besar dan menyesuaikan diri dengan situasi baru.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Shio Naga Kayu

Datangnya tahun baru China juga kerap dikaitkan dengan warna-warna tertentu. Pasalnya, warna memiliki pengaruh yang kuat terhadap suasana hati, energi, dan kesejahteraan manusia. Menurut praktik fengsui, warna digunakan untuk menciptakan keselarasan dan keseimbangan di lingkungan, serta untuk menarik keberuntungan.

Menurut zodiak Tionghoa, 2024 adalah tahun Naga Kayu yang melambangkan kekuatan, keberanian, kreativitas, dan inovasi. Melansir Chinese Zodiac Secrets, warna keberuntungan tahun 2024 berasal dari unsur kayu dan tanah yang merupakan energi utama naga. Warna-warna yang dimaksud yakni hijau zamrud, kuning keemasan, dan merah menyala.


1. Hijau Zamrud

Hijau zamrud dianggap sebagai simbol harmoni, kreativitas, dan inovasi. Memiliki warna yang dalam dan cerah, hijau zamrud juga sering dikaitkan dengan lambang kecanggihan, kemewahan, keanggunan, dan kekayaan, serta cinta, kesetiaan, dan kesuburan.  Termasuk, merupakan warna alami yang melambangkan pertumbuhan, pembaruan, dan kreativitas.

Hijau zamrud telah lama menjadi warna yang identik dengan kaum bangsawan, serta merupakan tanda kemakmuran dan kelimpahan. Di Mesir kuno, Cleopatra menghiasi perhiasan dan singgasananya dengan warna zamrud, karena dia menyukai batu hijau. Sementara pada 1800-an, hijau zamrud merupakan warna yang modis, terutama untuk gaun malam dan aksesoris.

Saat ini, warna hijau zamrud masih menunjukkan kecanggihan dan kemewahan, dan sering digunakan dalam desain interior dan desain produk untuk menciptakan kesan mewah dan berkualitas.
 

Sumber gambar: Charlotte May/Pexels

Sumber gambar: Charlotte May/Pexels

Selain itu, hijau zamrud juga merupakan warna romantis, karena sesuai dengan cakra hati dan perasaan kasih sayang. Dalam desain perhiasan, zamrud sering digunakan untuk mengekspresikan cinta dan kesetiaan, karena dianggap dapat memperkuat ikatan antar pasangan dan melindungi mereka dari perselingkuhan.

Hijau zamrud juga merupakan warna yang subur dan hidup, karena berkaitan dengan alam dan musim semi. Dalam kebudayaan kuno, zamrud dipercaya dapat membentuk proses pembuahan dan persalinan, serta melindungi ibu dan anak.

Tak hanya itu, hijau zamrud juga melambangkan alam, dengan tanaman, pepohonan, dan rerumputan yang subur. Ini adalah warna yang hidup dan kaya yang melambangkan kehidupan, energi, dan kelimpahan, serta dapat menciptakan rasa damai dan harmoni. Termasuk, mencerminkan pertumbuhan dan pembaruan, karena menunjukkan awal dan kemungkinan baru. Warna elemen kayu itulah yang menjadi sumber utama vitalitas dan kreativitas. 
 

2. Kuning Keemasan

Kuning keemasan adalah warna yang dipenuhi dengan energi cahaya matahari, serta melambangkan kemewahan, keanggunan, dan kebangsawanan. Warna ini juga terhubung dengan unsur tanah yaitu membumi, memelihara, dan stabil.
 

Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels

Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels

Selain itu, kuning keemasan juga dipercaya dapat membantu seseorang mencapai kelimpahan dan kekayaan, serta meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Termasuk, menyeimbangkan elemen api dan menciptakan rasa hangat dan harmonis di rumah.

Menukil dari laman The Chinese Zodiac, kuning keemasan juga merupakan warna yang sering melambangkan kebahagiaan, optimisme, dan pencerahan. Hal ini terkait dengan matahari, emas, dan kekayaan. Kuning keemasan juga bisa melambangkan kebijaksanaan, pengetahuan, dan kreativitas. 
 

3. Merah

Merah adalah warna api yang melambangkan gairah, vitalitas, dan keberanian, sekaligus merangsang kegembiraan serta meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi seseorang. Warna merah juga dipercaya dapat membantuk seseorang mendapatkan ketenaran dan pengakuan, serta terlindungi dari energi dan rintangan negatif. Termasuk, dapat membuka lebih banyak peluang, kekayaan, dan kesuksesan. 
 

Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels

Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels

Warna merah bisa diaplikasikan di rumah untuk menciptakan lingkungan yang hidup dan sejahtera. Namun, disarankan untuk tidak berlebihan, karena terlalu banyak elemen api dapat menyebabkan stres, kegelisahan, dan konflik. Kalian bisa menyeimbangkan warna tersebut dengan elemen dan warna lain, seperti air, kayu, atau logam, untuk menciptakan feng shui yang serasi dan seimbang.

Warna yang Harus Dihindari Tahun 2024
Selain warna-warna yang dipercaya baik, ada pula warna-warna yang sebaiknya dihindari pada tahun Naga Kayu seperti berikut ini.
  • Magenta : Warna ini berkaitan dengan unsur api yang dapat melemahkan unsur kayu dan menimbulkan ketidakharmonisan.
  • Merah : Meski mendominasi tahun 2024, warna ini juga terkait dengan elemen api, dan bisa jadi terlalu menstimulasi dan agresif untuk tahun Naga Kayu.
  • Oranye : Warna ini merupakan perpaduan antara merah dan kuning yang keduanya merupakan unsur api. Hal ini juga dapat menciptakan ketidakseimbangan dan konflik di tahun Naga Kayu.
  • Ungu : Warna ini merupakan campuran warna merah dan biru yang merupakan unsur api dan air. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakstabilan di tahun Naga Kayu.
Baca juga: 5 Larangan saat Tahun Baru Imlek yang Mitosnya Bikin Enggak Hoki

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fenomena Desainer Adibusana Indonesia Merambah E-Commerce, Strategi Perluas Pasar?

BERIKUTNYA

Netflix Ungkap Alasan Belum Bikin Aplikasi Khusus untuk Apple Vision Pro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: