Dekorasi nuansa merah untuk Imlek. (Sumber foto: Pexels/RDNE Stock project)

7 Bunga dan Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan untuk Dekorasi Imlek

21 January 2024   |   11:42 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi kita akan menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024. Imlek kali ini juga disebut sebagai tahun Naga Kayu atau wood dragon yang melambangkan kekuatan, kesuksesan, kehormatan, dan keberuntungan. Naga Kayu hanya muncul setiap 60 tahun, sehingga dianggap sebagai makhluk langka yang menakjubkan.

Saat merayakan Imlek, masyarakat senang menghiasi rumahnya dengan barang-barang yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Salah satunya bunga, sebagai dekorasi atau hadiah untuk keluarga, sahabat, orang terkasih, sampai rekan kerja.

Baca juga: 5 Mitos & Pantangan Tahun Baru Imlek, Bisa Mengusir Keberuntungan

Kita menghadiahkan bunga tersebut dengan harapan mereka bisa memulai awal tahun yang penuh hal-hal baik. Mengutip dari flowerstation, simak bunga dan tanaman hias yang bisa membawa keberuntungan saat Imlek
 

1. Anggrek

 

Anggrek (Sumber Foto: Freepik)

Anggrek (Sumber Foto: Freepik)

Anggrek telah menjadi bunga yang identik dengan perayaan Imlek. Tanaman ini dipercaya dapat membawa keberuntungan. Di antara semua varietas anggrek, phalaenopsis adalah yang paling populer. Anggrek memiliki makna kebahagiaan, vitalitas, dan umur panjang, selaim itu juga bisa mendatangkan kesuburan, kelimpahan, dan kemewahan, Anggrek adalah hadiah ideal untuk orang yang spesial dalam hidupmu.

 

2. Krisan

 

Bunga krisan (Sumber Foto: Freepik)

Bunga krisan (Sumber Foto: Freepik)

Selain kuning dan putih, krisan ada juga yang berwarna pink dan ungu. Bunga ini dipercaya dapat membawa keberuntungan saat Tahun Baru Imlek, terutama krisan kuning keemasan untuk mendatangkan umur panjang, kekayaan, dan keberuntungan di tahun depan. Oleh karenanya krisan merupakan hadiah yang cocok untuk keluarga dan kerabat yang sudah lanjut usia.

 

3. Peony

 

Bunga Peony (Sumber Foto: Freepik)

Bunga Peony (Sumber Foto: Freepik)

Berdasarkan kepercayaan masyarakat China, bunga peony dikaitkan dengan kekayaan, kedamaian, kehormatan, dan kemakmuran. Bunga dengan kelopak tipis dan lembut ini memiliki beragam warna mulai dari merah muda sampai merah menyala. Aromanya pun sangat harum, cocok untuk dekorasi rumah saat merayakan Imlek.

Bunga peony merah dipercaya dapat mendatangkan kekayaan dan kehormatan di Tahun Baru Imlek. Kamu bisa menghadiahkannya untuk kerabat dan rekan bisnis. Di sisi lain, peony merah muda melambangkan kecantikan, kemurnian, kasih sayang, dan pesona. Cocok sebagai hadiah untuk orang terkasih.

 

4. Lucky Bamboo

Lucky Bamboo atau bambu keberuntungan merupakan tanaman hias berupa bambu mini dalam pot. Sebetulnya tanaman ini bukanlah bambu, melainkan sejenis teratai tropis yang disebut Dracaena Sanderiana.  Seperti namanya, tanaman ini akan membawa banyak keberuntungan saat Tahun Baru Imlek.

Ada beberapa elemen yang membuat lucky bamboo dianggap membawa keberuntungan. Misalnya pada hiasannya seperti pita emas, pot logam, atau aksen merah yang disimbolkan sebagai unsur api pada hiasannya, air yang digunakan untuk media tanamnya, serta unsur kayu dari tanaman itu sendiri.

Menurut Feng Shui, bambu keberuntungan akan membantu pergerakan energi positif, yang akan mendatangkan lebih banyak kelimpahan dan kemakmuran. Selain di rumah, coba letakkan tanaman ini di meja kantor untuk membantu menarik energi kekayaan.

 

5. Narcissus

 

Narcissus (Sumber Foto: Freepik)

Narcissus (Sumber Foto: Freepik)


Narcissus memiliki perpaduan warna kuning dan putih yang cantik. Namun ada juga yang seluruh kelopaknya kuning keemasan. Tanaman yang identik dengan julukan bunga peri air atau lili suci dari China tersebut memiliki aroma yang sangat lembut dan harum.

Saat perayaan Imlek, narcissus banyak dijadikan dekorasi karena maknanya yang bisa menarik keberuntungan dan kemakmuran di tahun depan. Selain itu juga dijadikan sebagai simbol umur panjang.

 

6. Anthurium

 

Anthurium (Sumber Foto: Freepik)

Anthurium (Sumber Foto: Freepik)


Anthurium atau sebutan lainnya bunga Flamingo memiliki kelopak lebar berbentuk hati merah muda atau merah terang menyala. Bunga ini memiliki energi baik yang dapat menarik banyak keberuntungan di tahun baru Imlek. Selain itu Anthurium juga tahan lama karena dapat mekar sepanjang tahun sehingga membuatnya cocok sebagai hadiah terbaik untuk memberikan kesan abadi kepada seseorang.  
 

7. Jeruk Kumquat

Jeruk kumquat memiliki simbol keberuntungan yang kuat saat perayaan Imlek. Tanaman ini sering dijadikan sebagai dekorasi rumah karena dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan, kekayaan, dan keharmonisan keluarga. Semakin banyak buah jeruk pada pohonnnya, maka keberuntungan yang datang di tahun depan akan berlimpah di tahun-tahun mendatang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Manfaat Mengurangi Kafein untuk Kesehatan, Tidur Lebih Nyenyak & Tubuh Terasa Segar

BERIKUTNYA

5 Perbedaan Mobil Listrik BYD Dolphin & Wuling Binguo EV, Mana Yang Lebih Unggul?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: