Dekorasi Imlek (Sumber Foto: Freepik)

5 Ornamen Dekorasi Imlek Pembawa Hoki: Lentera sampai Labu Kuning

31 January 2024   |   20:20 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, orang-orang mulai mendekorasi rumah dan kantornya dengan berbagai ornamen yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Banyak juga dipasang ornamen bernuansa merah sebagai simbol kemakmuran dan emas sebagai keagungan.

Adapun Imlek tahun ini disebut sebagai tahun Naga Kayu. Berdasarkan kepercayaan orang Tionghoa, Naga adalah makhluk yang membawa keberuntungan, kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan. Naga juga sering ditambahkan sebagai elemen dekorasi.

Baca juga: Imlek Identik dengan Hujan, Begini Makna dan Penjelasannya

Nah Genhype, berikut beberapa ide dekorasi khas Imlek yang dipercaya bisa menarik keberuntungan sepanjang 2024.


1. Lentera Merah 

Lentera atau lampion merah lebih dari sekadar hiasan yang digantung saat acara festival, perayaan dan acara-acara khusus masyarakat Tionghoa. Benda ini memiliki sejarah panjang yang telah ada sejak era Dinasti Han (206 SM-220 SM). Saat itu, Biksu Buddha akan menyalakan lentera pada hari ke 15 Imlek untuk menghormati Buddha.

Tradisi menggantung lentera merah di luar pintu atau jendela mulai diikuti banyak orang, karena dipercaya dapat mengundang aura positif sehingga dapat mencerahkan ruangan, membawa hoki, dan mengusir roh jahat. Lentera juga menjadi simbol harapan pada tahun baru.


2. Jeruk Keprok

Jeruk keprok yang juga dikenal sebagai jeruk mandarin menjadi buah yang selalu ada saat perayaan Imlek. Jeruk dianggap membawa keberuntungan dan rezeki yang berlimpah saat Imlek. Hal ini lantaran kata jeruk saat diucapkan dalam bahasa mandarin terdengar mirip seperti kata 'kekayaan'.

Selain itu, jeruk mandarin umumnya berwarna kuning keemasan yang melambangkan kekayaan dan keagungan. Biasanya buah ini disimpan di nampan besar bersama permen dan buah-buahan kering untuk mengalirkan energi positif ke dalam rumah. 


3. Mangkuk Kaca Penuh Buah

Mangkuk kaca besar dianggap bisa membawa keberuntungan, terlebih kalau diisi dengan buah-buahan seperti jeruk keprok. Namun disarankan jangan memasukkan buah-buahan plastik sebagai hiasan, pakailah buah-buahan segar karena bisa menarik banyak energi positif.

Benda ini harus ditempatkan di ruang tamu atau ruang makan saat malam Tahun Baru Imlek. Kamu juga bisa menambahkan kayu manis dan vanila ke dalamnya untuk menciptakan aroma segar ke seisi rumah.


4. Bunga

Bunga atau tanaman hias lainnya disimbolkan sebagai kelahiran kembali. Pilihlah beberapa tangkai bunga yang sedang merekah untuk disimpan dalam vas berisi air. Letakkan di ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur supaya ruangan jadi harum dan terlihat cerah di tahun baru Imlek. 

Beberapa bunga dan tanaman hias yang bisa dipilih, misalnya bunga plum yang melambangkan ketekunan, bambu mini yang bisa menarik keberuntungan, dan pinus hijau yang disimbolkan sebagai harapan untuk berumur panjang.


5. Labu Kuning

Labu kuning menjadi buah-buahan yang memiliki makna baik saat perayaan Imlek. Selain buahnya, hiasan yang berkaitan dengan labu juga bisa membawa keberuntungan soal keuangan, misalnya gantungan kunci bentuk labu emas.

Baca juga: 3 Resep Olahan Ikan Bandeng untuk Sajian Imlek, Ada Crispy Asam Manis dan Bumbu Rujak

Selain itu juga bisa menghindarkanmu dari penyakit dan menjaga suasana hati tetap baik. Simpan hiasan dari labu di meja samping tempat tidur di kamar. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

La La La Festival Digelar Perdana di Jakarta Agustus 2024, Ada Aurora dan Bruno Major!

BERIKUTNYA

Playlist Live Festival 2024 Umumkan Line Up Phase 1, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: