Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/Anna Nekrashevich)

4 Cara Mencegah & Mengatasi Jerawat di Wajah, Bikin Tampil Lebih Percaya Diri

27 January 2024   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jerawat menjadi salah satu momok bagi banyak orang. Kehadirannya di wajah dapat mengurangi rasa percaya diri karena berpengaruh terhadap penampilan. Kondisi ini membuat banyak orang berusaha keras agar jerawat tidak hadir dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan skincare.

Dikutip dalam siaran pers Aqua+, Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat mulai dari hormon, genetik, stres berlebihan, dan sebagainya. Jerawat juga dapat timbul akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri.

Di antara jenis yang ada, jerawat kistik merupakan jenis yang keberadaannya cukup dalam di kulit, sehingga sulit untuk dihilangkan. Sementara itu, salah satu cara untuk mengatasi kehadiran jerawat adalah penggunaan produk perawatan kulit atau skincare secara teratur dan rutin. 

Selain itu, Genhype juga perlu memperhatikan produk perawatan kulit yang digunakan agar dapat memperoleh hasil maksimal dan terhindar dari jerawat yang mengganggu. Berikut cara mencegah dan mengatasi jerawat di wajah. 

Baca juga: Cek 5 Bahan Alami buat Mengempaskan Kulit Berminyak & Berjerawat


1. Rutin membersihkan wajah pagi & malam

Langkah pertama yang harus menjadi perhatian Genhype agar tidak muncul jerawat adalah kebersihan wajah. Bukan tanpa alasan, jerawat muncul lantaran pori-pori kulit mengalami penyumbatan. Untuk memastikan hal itu, kalian perlu rutin membersihkan wajah pagi dan malam. Cuci muka dengan air yang hangat dapat menjadi salah satu cara, tetapi air yang digunakan jangan sampai terlalu panas. 
 

2. Tidak sembarangan membersihkan kulit

Saat membersihkan kulit agar tidak timbul jerawat, Genhype juga perlu memperhatikan sejumlah faktor lainnya. Selain dengan air, salah satu produk perawatan kulit yang dapat menjadi pilihan adalah pembersih bebas minyak dan mengandung bahan aktif yang bisa melawan jerawat.

Selain itu, pastikan produk yang dipakai memiliki formula krim jika kondisi kulit lebih kering atau pembersih dengan busa jika memiliki kulit yang berminyak. Kalian juga sebaiknya menghindari penggunaan exfoliasi kulit yang keras, yang dapat semakin mengiritasi kulit.

Caranya, cukup gunakan ujung jari saat mengoleskan pembersih. Kemudian, hindari menggunakan sikat pembersih, waslap, atau alat lainnya karena dapat menarik dan menyebarkan lebih banyak bakteri ke kulit. 
 

3. Krim khusus jerawat

Saat jerawat hadir, Genhype bisa mengoleskan krim atau obat jerawat. Namun, pengaplikasiannya tergantung kepada tingkat keparahan dan kehadiran jerawat di kulit. Saat ini, ada perawatan topikal dan obat-obatan tertentu yang bisa didapatkan dari dokter untuk mengatasi jerawat yang ada di kulit wajah. 
 

4. Gunakan pelembap

Pelembap juga menjadi bagian penting bagi kulit agar jerawat dapat dicegah atau diatasi saat muncul. Penggunaan pelembap tidak boleh dilewatkan pada pagi atau malam hari. Tentunya, perlu penggunaan pelembap yang seimbang, termasuk untuk pemilik kulit yang sensitif. 

Saat hendak menggunakan produk pelembap, kalian dapat memilih yang bebas minyak dengan SPF minimal 30 pada pagi hari. Kalian juga bisa menggunakan tabir surya di atas pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindung dari sinar ultraviolet. Saat malam hari, pelembap non-comedogenic bebas minyak yang tidak menyumbat pori-pori juga bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 3 Rekomendasi Sabun Pembersih Muka untuk Atasi Masalah Jerawat, Iritasi dan Kemerahan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menilik Sejarah Lampion yang Jadi Ornamen Wajib saat Imlek 2024

BERIKUTNYA

5 Larangan saat Tahun Baru Imlek yang Mitosnya Bikin Enggak Hoki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: