Spirulina yang siap digunakan (dok. Freepik)

7 Manfaat Spirulina, Salah Satunya Bikin Awet Muda Lho

20 May 2021   |   12:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu spirulina? Sejak beberapa waktu lalu, alga hijau biru ini viral lho sebagai produk perawatan wajah.

Spirulina merupakan salah satu jenis cyanobacteria, famili mikroba bersel tunggal yang memiliki banyak manfaat.

Spirulina adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial, asam lemak omega-3, dan kaya nutrisi, termasuk vitamin B dan zat besi. Karena itulah spirulina bagus untuk rutinitas perawatan kulit kamu.

Nah, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat dari spirulina :

1. Anti penuaan

Spirulina dapat memberikan efek anti-penuaan dan anti-inflamasi, karena mengandung antioksidan.

“Spirulina melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan,” kata Pendiri Real Nutrition Amy Shapiro dikutip dari Healthline.


Phycocyanin yang merupakan bahan aktif utama dalam spirulina dan memberikan warna biru hijau membantu mengaktifkan aktivitas antioksidan seluler, yang mengeliminasi radikal bebas.

2. Produksi kolagen dan pengencangan kulit

Spirulina juga mengandung banyak asam amino penting, termasuk glisin dan prolin, yang menjaga kekencangan kulit dan mendukung produksi kolagen tubuh.

Satu studi pada 2019 menunjukkan bahwa spirulina dapat meningkatkan faktor pertumbuhan dalam sel fibroblast dermal, yang bertanggung jawab untuk membuat kolagen.

3. Menghilangkan racun

Beberapa literatur menunjukkan bahwa spirulina dapat membantu mengatasi toksisitas logam berat yang diinduksi secara eksperimental, khususnya arsenik.

Dalam satu studi pada 2006, 41 pasien dengan keracunan arsenik kronis mengonsumsi ekstrak spirulina dan seng dua kali sehari selama 16 minggu.

Hasil penelitian menemukan bahwa ekstrak spirulina ditambah seng menghilangkan 47,1 persen arsenik dari rambut pasien.

4. Mencegah kandida

Dari beberapa penelitian nih, menunjukkan bahwa spirulina berpotensi mencegah infeksi kulit kandida melalui aktivitas antijamur.

Satu studi pada 2017 mengevaluasi aktivitas in vitro spirulina terhadap 22 strain candida di rahim marmot. Studi tersebut menemukan bahwa sifat antijamur spirulina berpotensi digunakan sebagai pengganti agen antijamur topikal untuk pengobatan kandida.

5. Atasi jerawat

Satu studi pada 2020 menunjukkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung spirulina ke kulit bisa menjadi pilihan alternatif untuk perawatan jerawat karena efek antioksidan dan antimikroba yang tinggi.

Spirulina mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada terapi antibiotik lokal karena efek samping yang lebih sedikit dan tidak ada resistensi antibiotik. Yuk buat kamu yang jerawatan, mari kita coba!

6. Bantu psoriasis

Kata sejumlah studi, spirulina juga membantu mengurangi keberadaan psoriasis pada tikus. Studi tersebut menunjukkan bahwa spirulina berpotensi dikembangkan sebagai obat alami untuk pengobatan psoriasis.

7. Atasi eksim

Terakhir, dalam sebuah studi pada 2020 menunjukkan bahwa salep yang mengandung spirulina dapat membantu memperbaiki gejala eksim saat dioleskan dua kali sehari selama 3 minggu.

Jadi gimana Genhype? Tertarik membuktikan langsung manfaat spirulina?

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Mundur sebagai CEO ByteDance, Ini Kata Zhang Yiming

BERIKUTNYA

Ini Trik Bikin Kamar Lebih Cozy dan Estetik dari IKEA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: