Oatmeal dipercaya mengatasi kulit berminyak. (Sumber gambar : Freepik/Evening_tao)

Cek 5 Bahan Alami buat Mengempaskan Kulit Berminyak & Berjerawat

05 December 2022   |   08:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kulit berminyak menjadi pemicu utama timbulnya jerawat dan komedo. Hal ini terjadi karena sebum (zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit) diproduksi berlebih dan menutup pori-pori. Wajah pun jadi terlihat lebih kusam karena bekas jerawat yang ditimbulkan. 

Sebum atau minyak alami pada kulit sejatinya memiliki manfaat untuk menjaga wajah tetap lembab dan meminimalisir kerutan. Namun demikian, jika terlalu berbelih hal itu justru bisa menimbulkan masalah. Oleh karena itu, kuncinya adalah menjaga keseimbangan minyak tersebut. 

Mereka yang memiliki kulit berminyak biasanya memiliki wajah yang lebih berkilau dibandingkan tipe wajah lainnya. Pori-pori juga menjadi lebuh besar. Bintik hitam dan kulit yang tebal atau kasar turut menjadi ciri-cirinya. Namun. yang kerap kali sulit diatasi adalah jerawat yang datang silih berganti. 

Biasanya untuk mengatasi kulit yang berminyak, kalian dianjurkan untuk mencuci muka setidaknya 2 kali sehari dengan sabun yang lembut tanpa kandungan detergen di dalamnya. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan kertas minyak apabila tengah beraktivitas.

Namun demikian, untuk mengatasinya dengan paripurna, ada beberapa herbal atau bahan-bahan di dapur yang bisa mengatasi wajah berminyak di rumah lho, Genhype. Simak yuk bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit berjerawat. 

Baca juga4 Rekomendasi Face Mist Lokal untuk Kulit Berminyak Tetap Terhidrasi


1. Oatmeal

Oatmeal dipercaya membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Mengutip Healthline, makanan sehat yang terbuat dari gandum ini juga membantu pengelupasan kulit mati. Untuk menggunakannya, campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas, aduk sampai membentuk pasta.

Kamu bisa menambahkan 1 sendok makan madu, aduk kembali sampai tercampur. Oleskan pasta oatmeal dan madu tersebut ke wajah dan pijat selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat. Cara lainnya, cukup oleskan pasta oatmeal ke dalam wajah, tunggu 10–15 menit, bilas dengan air hangat, lalu keringkan.


2. Madu

Madu merupakan salah satu obat alami kulit yang bersifat antibakteri dan antiseptik. Ini dapat bermanfaat bagi kulit berminyak dan berjerawat. Cairan yang dihasilkan dari lebah ini adalah humektan alami, sehingga membantu menjaga kelembapan kulit tapi tidak menyebabkan kulit jadi berminyak. 

Hal ini disebabkan humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantikannya. Untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak, kalian cukup oleskan madu tipis-tipis ke wajah, biarkan mengering selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.


3. Putih Telur & Lemon

Kedua bahan ini dianggap dapat mengencangkan pori-pori yang secara tidak langsung menghilangkan minyak berlebih. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah studi pada 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri. 

Untuk membuatnya, campurkan 1 buah putih telur dengan 1 sendok teh perasan lemon segar. Oleskan ke wajah dan biarkan sampai masker mengering. Bersihkan dengan air hangat, kemudian keringkan.


4. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang dipercaya mengobati jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk membuat masker tomat, campurkan 1 sendok teh gula dengan 1 buah tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan masker selama 5 menit, setelahnya bilas bersih dengan air hangat dan keringkan.


5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk menenangkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah bahwa gel tanaman ini membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Kamu bisa mengoleskan lapisan tipis atau gel lidah buaya ke wajah sebelum tidur dan biarkan sampai pagi.

Namun, Genhype perlu waspada jika kalian memiliki kulit sensitif, karena bisa memicu alergi. Jika belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, ujilah sedikit pada tangan. Apabila tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, berarti aman untuk digunakan. 

Baca jugaDisebut 7 kali dalam Al-Qur'an,  Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Biar Tetap Untung, Yuk Hindari Kesalahan Ini saat Diversifikasi Investasi

BERIKUTNYA

Aplikasi Berbagi Lokasi Zenly Tutup Februari 2023, Begini Cara Unduh Data Pengguna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: