Ilustrasi (dok. Pexels)

5 Tips Atasi Jerawat di Wajah

08 June 2021   |   21:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype sebal enggak sih sama jerawat yang sering muncul di wajah dan susah hilang? Kadang-kadang ini bikin mood kita rusak ya. Munculnya jerawat di wajah biasanya terkait dengan ketidakseimbangan hormon seperti saat menstruasi.

Namun penyebab jerawat tak hanya hormon yang tidak seimbang lho, karena jerawat muncul bisa akibat produksi sebum yang berlebih, penumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati.

Nah, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah, berikut di antaranya :

1. Jangan sentuh wajah

Saat melamun, kamu cenderung meletakkan tangan di wajah bukan? Gerakan sederhana ini ternyata memindahkan kuman dari tangan ke wajah dan menyebabkan jerawat di pipi. Jadi, pastikan kamu menghindari wajah dari tangan ya. Kalaupun ingin menyentuh wajah, mending cuci tangan dulu.

2. Biarkan kulit bernapas

Untuk menutupi jerawat di pipi, kamu pasti memakai memakai make-up berlapis-lapis. Mulai dari alas bedak, concealer, dan bedak. Tak ketinggalan contouring untuk menciptakan garis rahang yang tajam. 

Tahu enggak, hal itu justru dapat membuat kondisi jerawat kamu lebih parah. Semua produk make-up menyumbat pori-pori kulit dan menarik lebih banyak kotoran juga bakteri yang mengobarkan jerawat. Kamu perlu membiarkan kulit bernapas untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi, sebisa mungkin hindari make-up saat berjerawat ya.

3. Mengelupas kulit secara teratur 

Pori-pori kulit yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua penyebab paling umum dari jerawat. Pengelupasan kulit atau eksfoliasi dianjurkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari wajah untuk membuka pori-pori. 

Ini juga mencegah infestasi bakteri pada kulit. Jadi dengan eksfoliasi menghilangkan penyebab utama di balik jerawat. Lakukan eksfoliasi 2--3 kali seminggu dan lakukan dengan lembut pada kulit, jangan kasar-kasar ya!

4. Gunakan produk lawan jerawat

Salah satu cara terbaik untuk melawan jerawat adalah dengan menggunakan produk penangkal jerawat. Bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam miristat terbukti efektif melawan jerawat.

Ini tidak hanya membantu mengeringkan jerawat dan membersihkan, tetapi juga mencegah serangan jerawat di masa depan. Jadi, ubah rutinitas perawatan kulit kamu dengan memasukkan produk yang melawan jerawat ini ya.

5. Jauhi makanan berminyak 

Kelebihan minyak yang diproduksi di kulit dapat menyebabkan jerawat pada pipi. Makan makanan berminyak dan makanan yang kaya gula ternyata memperburuk masalah ini.

Untuk mengatasi jerawat kamu perlu memperhatikan pola makan. Katakan tidak pada makanan berminyak dan sertakan makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit tetap optimal.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Jadi Pembawa Acara, Yeo Jin-goo Kenalkan Program Audisi Girls Planet 999

BERIKUTNYA

Segini Loh Pendapatan yang Dihasilkan Pengembang Game iPhone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: