Ilustrasi (Photo by Freepik)

Yuk Cari Tahu Penyebab Kulit Wajah Beruntusan & Cara Mengatasinya!

14 February 2022   |   21:55 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Breakout atau beruntusan selalu membuat repot dan membuat mood seharian jadi hancur, apalagi kalau hari itu kita punya segudang acara yang menuntut untuk tampil paripurna. Jerawat-jerawat kecil ini muncul entah dari mana dan seringkali hadir di bagian wajah yang sulit ditutupi dengan kosmetik.

Pada beberapa orang, beruntusan akan terasa panas dan sakit, dan bagaimana pun kita coba menutupinya dengan concealer atau foundation justru membuat jerawat kecil ini terlihat lebih jelas.

Beruntusan tiba-tiba muncul karena berbagai alasan termasuk ketidakseimbangan hormon, pola makan tidak sehat, stres berlebihan, produksi sebum tinggi, penggunaan produk perawatan wajah yang salah dan banyak lagi.

Stres dengan sendirinya tidak menyebabkan jerawat. Namun, stres terkait dengan peningkatan keparahan jerawat.

Saat kita stres, tubuh kita melepaskan corticotrophin-releasing hormone (CRH). CRH memicu pelepasan sitokin inflamasi dan meningkatkan produksi minyak. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan, bila dikombinasikan dengan peradangan, menyebabkan jerawat.

Kita juga terkadang terdorong untuk menggunakan terlalu banyak menggunakan perawatan jerawat, yang kita anggap baik namun bisa menjadi hal yang buruk. 

Menggunakan produk pelawan jerawat secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit, peradangan, dan kulit kering. Kulit yang terlalu kering akan bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak — dan minyak itu dapat menyumbat pori-pori.

Sejumlah riset juga menyebutkan makanan yang tinggi gula dan melalui proses berlebihan dapat memicu jerawat. Makanan ini termasuk makanan berbahan dasar tepung (roti dan pasta), makanan yang dipanggang dan kue kering, soda, minuman kemasan tinggi gula, makanan ringan tinggi sodium, makanan berminyak.
 

Rajin menggunakan sheet mask dapat membantu kulit tetap terhidrasi. (Photo by Monstera from Pexels)

Rajin menggunakan sheet mask dapat membantu kulit tetap terhidrasi. (Photo by Monstera from Pexels)


Jika Genhype mengalami breakout, langkah berikut ini dapat menenangkan kulit kalian.

1. Mencuci Muka
Saat bangun dan sebelum tidur, cuci muka dengan benar untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan riasan. Para ahli merekomendasikan menggunakan pembersih berbusa (foaming cleanser). Jika produk ini menyebabkan kulit terasa kering, lanjutkan dengan pelembab wajah noncomedogenic. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dan tubuh setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat.

2. Diet Sehat
Makanan olahan yang tinggi minyak dan pengawet dianggap sebagai makanan dengan glikemik tinggi yang menyebabkan kadar gula darah melonjak, mendorong produksi insulin dan meningkatkan kemungkinan kulit mengalami breakout.

Konsumsi lebih banyak makanan yang tidak diproses berlebihan untuk menjaga gula darah. Makanan tersebut antara lain roti dan pasta gandum, beras merah, sayuran, kacang-kacangan, dan buah.

3. Minum Air Putih
Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh memproduksi minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari agar tetap terhidrasi. Jika kalian tidak suka minum air putih, tambahkan perasan jeruk lemon.

4. Hindari Menyentuh Wajah
Sering meletakkan tangan atau ponsel di wajah dapat mentransfer bakteri penyebab jerawat ke kulit. Sebagai gantinya, coba gunakan earbud atau speakerphone saat berkomunikasi. Jika kalian cenderung sering menyentuh wajah, pertama-tama, pastikan untuk sering mencuci tangan. Kemudian cobalah untuk menjauhkan tangan dari wajah.
 
1
2


SEBELUMNYA

Biar Tampak Tirus, Ini 6 Tips Kontur untuk Wajah Bulat

BERIKUTNYA

7 Film Romantis & Reality Show Ini Pas Ditonton saat Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: