Nowela Mikhaela. (Sumber gambar: Passion Vibe)

4 Fakta Single Bertahan dari Nowela Mikhaela, Lagu Sederhana dengan Pesan Mendalam

25 January 2024   |   10:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Nowela Elizabeth Mikelia Aurapay atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Nowela Mikhaela kembali menyapa para penggemarnya dengan karya baru. Solois kelahiran Wamena itu baru saja merilis single anyar bertajuk Bertahan. Karya ini menjadi single pertama yang dirilisnya sejak lagu The Spirit of Papua pada 2021.

Lagu bernuansa ballad ini bisa dibilang merupakan lagu paling sederhana yang pernah dirilis oleh Nowela karena hanya berisi irama piano dari segi aransemen musik. Meski demikian, lagu ini rupanya menyimpan makna mendalam baik secara lirik maupun secara pesan yang ingin disampaikan oleh sang penyanyi.

Dari segi lirik, lagu Bertahan berkisah tentang seseorang yang sedang mengalami kekalutan dan kesedihan mendalam. Hidupnya terasa gelap dan batinnya terluka hingga merasa kesepian. Namun, dalam hidup yang gelap, dia tetap mencoba untuk melangkah dan berharap menemukan jawaban dari semua kesedihan yang dialaminya.

Baca juga:   IU Siap Comeback Lewat Lagu Love Wins, Video Klipnya Dibintangi V BTS

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 4 fakta menarik lagu Bertahan milik Nowela Mikhaela yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id 
 

1. Dibuat dari pengalaman personal

Lagu Bertahan dibuat berdasarkan pengalaman personal Nowela. Dia mengatakan lagu Bertahan menjadi semacam ungkapan hatinya atas hal-hal berat yang terjadi sepanjang hidupnya, mulai dari perlakuan berbeda di masa lalu, penolakan terhadap dirinya di masa kecil, hingga depresi yang sang penyanyi alami dua tahun lalu.

"Saya rasa tiap orang pernah ada di titik buntu hingga susah untuk menatap ke depan. Lagu ini memang terbuat dari luka hati tapi kemudian dibalut dengan setitik harapan dan keyakinan akan harapan di ujung jalan dari tiap tantangan hidup," kata penyanyi berusia 36 tahun itu dalam keterangan resminya.

Lagu bertahan ditulis oleh Nowela bersama solois Kaleb J dan Belanegara Abe yang juga bertindak sebagai produser. Selain itu, Nowela juga menggandeng Irvnat yang berperan produser vokal dan direktur, Ogi Lucas sebagai recording engineer di Passion Vibe Compound Jakarta, Hery Alesis sebagai editor vokal, mixing oleh Ano Stevano dan mastering oleh Dimas Pradipta.
 

Nowela Mikhaela. (Sumber gambar: Passion Vibe)

Nowela Mikhaela. (Sumber gambar: Passion Vibe)


2. Punya pesan positif

Meski berangkat dari kisah pilu tentang masa lalunya, dalam lagu Bertahan, Nowela juga ingin menyampaikan pesan positif kepada para pendengarnya. Sebagai penyanyi, dia memang ingin agar tiap karyanya dapat membawa hal positif bagi banyak orang, karena dia percaya bahwa musik dapat mengubah kehidupan seseorang dengan membagikan pesan-pesan harapan.

Nowela pun berpesan dan berharap di lagu ini para penikmat musik di Indonesia dapat memiliki harapan untuk terus bertahan di masa-masa sulit hidup ini. "Dan lagu Bertahan dapat menjadi sebuah suara dan apresiasi buat mereka yang sudah bertahan hingga hari ini," kata penyanyi jebolan ajang pencarian bakat itu.
 

3. Aransemen musik sederhana

Bertahan bisa dibilang merupakan lagu yang tidak biasa bagi Nowela, lantaran mengusung aransemen musik sederhana hanya dengan iringan piano. Meski demikian, sang solois mengatakan bahwa dalam kesederhanaan tersebut tersimpan makna yang mendalam baginya.

"Saya juga tidak pernah berpikir untuk punya lagu hanya diiringi piano, karena saya selalu menganggap suara saya hanya match dengan musik yang powerful seperti di single sebelumnya, tapi inilah hasil dari apa yang ada di dalam hati saya," ungkap penyanyi lulusan Universitas Airlangga itu.
 


4. Video klip di Taman Nasional Baluran

Selain lagu, Nowela juga merilis video klip single Bertahan. Setelah menunjukkan keindahan alam Papua lewat video musik Runnin yang dirilis tahun lalu, kali ini, Nowela menunjukkan keindahan alam Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur, untuk video klip karyanya. Taman Nasional Baluran merupakan salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi Nowela.

"Saya adalah orang yang sangat bangga dengan keindahan alam Indonesia. Setelah, Puji Tuhan, mendapatkan kesempatan traveling ke beberapa negara di dunia, saya benar-benar makin kagum dan bangga karena alam dan kebudayaan Indonesia tidak ada duanya di dunia,” katanya.

Dalam penggarapan video klip Bertahan, Nowela menggandeng Joshua Axel Limandjaja yang bertindak sebagai produser, sutradara, sekaligus direktur fotografi. Selain itu, dia juga mengenakan gaun cantik rancangan desainer kondang Ivan Gunawan, yang menurutnya menjadi sebuah lambang dirinya bertahan melalui proses panjang dalam penerimaan dirinya seperti pesan dalam lagu barunya.

"Saya ingin saat teman-teman melihat video musik ini, mereka bisa merasakan getirnya lagu ini yang dibalut dengan sebuah harapan dalam bentuk keindahan Baluran," kata Nowela.

Nowela pun memastikan dirinya tengah menyiapkan karya-karya baru yang akan dirilisnya dalam waktu dekat. Termasuk, persiapan perilisan sebuah album mini, yang diharapkan akan menjadi suara bagi banyak orang yang pernah melalui masa-masa tidak mudah dalam hidupnya seperti apa yang dialaminya.  

Baxa juga:  Apple Music Janjikan Royalti Lebih Besar Untuk Lagu yang Masuk Audio Spasial

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Resep Ayam Goreng Ketumbar yang Viral, Cocok Buat Stok Menu Bekal

BERIKUTNYA

Aquascape: Dari Hobi Menjadi Sumber Pendapatan yang Menjanjikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: