Ayam Goreng Ketumbar. (Sumber gambar: CR COOK/YouTube)

Resep Ayam Goreng Ketumbar yang Viral, Cocok Buat Stok Menu Bekal

25 January 2024   |   10:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang tak suka ayam goreng? Makanan satu ini digemari hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ayam goreng biasanya dinikmati dengan nasi putih hangat, sambal, lalapan, dan lauk pelengkap seperti tempe atau tahu. Ayam goreng yang gurih berpadu dengan sambal yang pedas tentu menjadi kenikmatan tersendiri.

Ada banyak menu olahan ayam goreng yang lezat, salah satunya adalah ayam goreng ketumbar. Belakangan, media sosial TikTok diramaikan dengan video orang-orang yang membuat resep ayam goreng ketumbar. Makanan satu ini digemari lantaran menghasilkan ayam goreng krispi gurih dengan aroma ketumbar yang khas.

Selain itu, pembuatan ayam goreng ketumbar juga terbilang sederhana. Biasanya, ayam goreng dimasak dengan menggunakan bumbu kuning yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, garam, dan penyedap. Sebelum digoreng, daging ayam biasanya akan diungkep menggunakan bumbu kuning tersebut.

Baca juga:  Resep Ayam Goreng Serai ala Chef Martin Praja yang Enak & Wangi

Tak perlu ungkep atau merebus ayam dengan bumbu kuning, membuat ayam goreng ketumbar cenderung lebih praktis. Hanya memerlukan beberapa bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, bumbu penyedap, dan tentunya ketumbar. 
 


Bumbu spesial yang membuat ayam goreng ketumbar menjadi nikmat yakni taburan ketumbar sangrai yang dihaluskan tapi dengan tekstur masih agak kasar. Ketumbar sangrai dipadukan dengan tepung maizena dan tepung tapioka lalu dibalurkan pada daging ayam akan menghasilkan tekstur luar ayam yang krispi, daging yang lembut, serta rasa gurih dan aromatik.

Tak hanya membuat masakan menjadi wangi, ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menukil dari laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa khasiat dari ketumbar diantaranya menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, melawan infeksi serta bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Membuat ayam goreng ketumbar pun terbilang mudah dan praktis, lantaran bahan-bahannya mudah didapatkan di rumah. Sajian satu ini bisa menjadi pilihan menu praktis untuk makan di rumah, stok lauk, ataupun bekal. Untuk kalian yang sedang butuh ide memasak lauk di rumah hari ini, berikut adalah resep Ayam Goreng Ketumbar yang gurih dan sedap.

Resep Ayam Goreng Ketumbar
Bahan-bahan:
  • 5 potong paha ayam (opsional dan sesuaikan selera)
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 40 ml air putih
  • 3 sdm ketumbar
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt penyedap rasa

Cara Membuat:
  1. Panaskan wajan tanpa minyak lalu sangrai ketumbar hingga aromanya harum dan warnanya agak gelap lalu angkat.
  2. Ulek ketumbar sebentar dan jangan sampai teksturnya terlalu halus lalu sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah dan bawang putih menggunakan air. Pastikan teksturnya halus dan tidak ada bawang yang masih menggumpal.
  4. Siapkan wadah lalu masukkan paha ayam yang telah dicuci bersih. Masukkan bumbu halus bawang dan ketumbar sangrai yang telah diulek.
  5. Tambahkan tepung maizena, tepung tapioka, garam, kaldu ayam, lada bubuk, dan penyedap rasa lalu aduk hingga merata pada daging ayam. Pastikan bumbu marinasi ayam tidak terlalu padat ataupun encer. Marinasi atau diamkan daging ayam minimal 15 menit.
  6. Siapkan wajan dan panaskan dengan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng. Goreng ayam sekitar 11-12 menit lalu angkat dan tiriskan. Agar teksturnya lebih krispi, goreng kembali ayam sekitar 1-2 menit lalu angkat dan tiriskan. 
Ayam Goreng Ketumbar pun siap dinikmati dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan. Maknyus!

Baca juga: Resep Kue Mangkok atau Fa Gao, Kuliner yang Disajikan saat Perayaan Imlek

Editor: Puput Ady Sukarno


 

SEBELUMNYA

Film Outfit of the Designer & Pemukiman Setan Tayang Hari Ini di Bioskop, Cek Sinopsisnya

BERIKUTNYA

4 Fakta Single Bertahan dari Nowela Mikhaela, Lagu Sederhana dengan Pesan Mendalam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: