Potret Iwan Fals dan keluarga saat manggung bersama (Sumber gambar: Instagram @iwanfals)

Kisah Penuh Romansa di Balik Lagu 22 Januari Karya Iwan Fals

22 January 2024   |   19:52 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Lagu berjudul "22 Januari" merupakan salah satu tembang romantis populer karya musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Diciptakan pada 1981, lagu tersebut menceritakan kisah romansa sang musisi saat mengucap janji setia pernikahan dengan istrinya, Rossana (Mbak Yos).

“22 Januari kita berjanji. Coba saling mengerti, apa di dalam hati,” demikian sepenggal bait yang terdapat dalam lagu tersebut. 

Lagu yang berdurasi hampir 4 menit itu menceritakan bagaimana Iwan Fals remaja, ketika dia menjalin hubungan dengan sang kekasih yang kini telah menjadi istrinya. Dibalut dengan berbagai kalimat kiasan serta pujian terhadap pasangan, membuat lagu "22 Januaripenuh dengan kisah romansa. 

Baca juga: Ingin Kembalikan Kejayaan Genre Melayu, Habib Alfin Siap Rilis Lagu Baru Tahun Ini

Iwan Fals juga menceritakan dalam lagu tersebut mengenai perasaan kagumnya terhadap senyuman sang kekasih. Hal tersebut membuat musisi yang kini berusia 62 tahun itu menggambarkannya dengan suatu kalimat perumpamaan 'cinta itu buta'.  

“Jalan berdampingan, tak pernah ada tujuan. Membelah malam, mendung yang selalu datang. Kudekap erat, kupandang senyummu. Dengan sorot mata yang keduanya buta,” demikian penggalan lirik dalam lagu tersebut.
 

Dikutip dari dari kanal YouTube-nya, tepatnya pada sesi Ngalor Ngidulnya Iwan Fals, living legend itu menceritakan bahwa judul lagu 22 Januari dipilih karena tanggal tersebut menurutnya merupakan tanggal keramat.

“Ya ini memang tanggal keramat buat kami, karena pas tanggal itu saya memberanikan diri untuk komit, untuk menjalani kehidupan berkeluarga secara serius dengan ibunya anak-anak saya (Rossana),” ucap Iwan Fals dalam Youtube Iwan Fals Musica.

Lebih lanjut, Iwan juga menceritakan bahwa Januari merupakan bulan yang penuh cerita dan rasa. Selain momentum pernikahannya, ketiga anak musisi senior tersebut juga lahir di bulan pertama itu.

“Kebetulan anak bungsu saya, Raya lahir tanggal 22 Januari dan Alm. Galang serta Cikal juga lahir di bulan Januari, jadi bulan Januari bener-bener bulan yang penuh cerita dan merupakan rezeki yang Allah kasih,” jelasnya.

Seperti diketahui, masyarakat luas mengenal Iwan Fals sebagai sosok musisi dengan lirik-lirik lagu ciptaannya yang sarat dengan kritik sosial, keras, tajam, bahkan dianggap sebagai perlawanan terhadap rezim Orde Baru. Namun, Iwan Fals juga tak jarang menciptakan lagu-lagu yang terkesan romantis.

Menariknya, lagu-lagu cinta yang dibuat musisi senior tersebut tidak pernah terdengar mendayu-dayu, apalagi meratap sedih. Lagu cinta buatannya mempunyai lirik yang khas, sederhana, apa adanya, serta kadang terdengar nakal dan lucu walau tetap tak mengurangi kadar keromantisannya.

Hal itu terejawantahkan dalam sejumlah karyanya, termasuk "Yang Terlupakan" (1981), "Antara Aku, Kau  dan Bekas Pacarmu" (1982), "Jendela Kelas 1" (1983), Mata Indah Bola Pingpong (1987), dan masih banyak lagi. Adapun, lagu "22 Januarikarya Iwan Fals bisa menjadi salah satu rekomendasi lagu yang bisa Genhype dengarkan pada awal tahun ini.


Lirik lagu 22 Januari - Iwan Fals


22 Januari, kita berjanji
Coba saling mengerti apa di dalam hati
22 Januari, tidak sendiri
Aku berteman iblis yang baik hati

Jalan berdampingan, tak pernah ada tujuan
Membelah malam, mendung yang s'lalu datang
Kudekap erat, kupandang senyummu
Dengan sorot mata yang keduanya buta

Lalu kubisikkan
Sebaris kata-kata
Putus asa
S'bentar lagi hujan

Dua buku teori, kau pinjamkan aku
Tebal, tidak berdebu, kubaca s'lalu
Empat lembar fotomu dalam lemari kayu
Kupandang dan kujaga sampai kita jemu

Jalan berdampingan, tak pernah ada tujuan
Membelah malam, mendung yang s'lalu datang
Kudekap erat, kupandang senyummu
Dengan sorot mata yang keduanya buta

Lalu kubisikkan
Sebaris kata-kata
Putus asa
S'bentar lagi hujan 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Lagu dan Video Klip Indonesia Paling Populer Sepanjang Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Sinopsis Film Pemandi Jenazah, Diangkat dari Kisah Nyata

BERIKUTNYA

Popularitas Brand Kosmetik Lokal Terus Meningkat, Ini Faktor Pendorongnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: