Penampilan Iwan Fals & Sandrayati Fay dalam Lagu 16/01 (Dok. Iwan Fals/Instagram)

Ini Cerita di Balik Lagu Baru Iwan Fals Berjudul 16/01

03 August 2021   |   14:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi senior Iwan Fals kembali menyapa para penikmat musik Tanah Air dengan merilis karya lagu terbaru berjudul 16/01. Berkolaborasi dengan penyanyi Sandrayati Fay, Iwan menyuguhkan sebuah lagu dengan irama musik bernuansa riang membuat siapa pun yang mendengarnya ingin bergoyang.

Lagu berdurasi hampir 8 menit itu bercerita tentang catatan seorang Iwan Fals yang menjalani kehidupan sehari-hari di masa pandemi yang juga relevan dengan apa yang dihadapi oleh semua orang saat ini.

“Ini lagu yang kita buat, karena memang harus dibuat. Demi membangunkan tuk menerangkan pikiran lagi. Dan hati dan jiwa, perasaan lah dan masih lagu ini. Tumbuh, tumbuh, tumbuh, tumbuh. Yang jelas gara-gara covid sialanlah, lagu ini tercipta,” penggalan lirik lagu 16/01.

Selain itu, judul 16/01 diambil karena lagu tersebut dibuat dalam kurun waktu hampir 6 bulan yang berlangsung dari tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021.

“Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601. Beberapa kali diubah judulnya, awalnya 1618 dari 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian menjadi 1610, sampai berapa kali ulang, akhirnya menjadi 1601,” ungkap Iwan dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Iwan juga bercerita tentang kolaborasinya dengan dengan Sandrayati Fay berawal ketika mereka pernah berkolaborasi pada 2016. Pertemuan itu terbentuk karena peran anak Iwan, Cikal.

Menurut Iwan, Sandra adalah sosok anak muda yang luar biasam komunikatif dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain, keseimbangan dan hal-hal positif.

“Kolaborasi ini terbentuk berkat peran dari Cikal. Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok dan akhirnya lagu ini tumbuh begitu saja. Sandra juga support syair di bagian tertentu dalam lagu ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sandra mengungkapkan bahwa dia tertarik dengan kolaborasi ini lantaran menurutnya lagu 16/01 benar-benar mencerminkan situasi di dunia saat ini yang terpengaruh karena pandemi.

“Bukan dengan cara yang justru membuat merasa lebih berat dan sedih, tetapi lagu ini memberikan semangat bahwa ini memang sulit tetapi ayo kita bersama dengan kejadian ini,” ungkapnya.

Lagu 16/01 dari Iwan Fals ft. Sandrayati Fay sendiri telah dirilis pada 30 Juli 2021 di seluruh platform musik digital. Selain itu, video klip dari lagu itu juga dapat ditonton melalui channel YouTube Musica Studio’s. 
 


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Riset: Kita Lebih Pemaaf Ketika Kesalahan Dilakukan oleh Orang yang Kita Kenal

BERIKUTNYA

Teo Yoo Dikonfirmasi Bermain di Film Terbaru A24 'Past Lives'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: