ilustrasi kosmetik (sumber gambar : Tokopedia)

Popularitas Brand Kosmetik Lokal Terus Meningkat, Ini Faktor Pendorongnya

22 January 2024   |   19:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Meningkatnya popularitas platform seperti TikTo dan TikTok Shop yang memberikan peluang bagi pembuat konten untuk berkreasi memunculkan tren kecantikan sekaligus menghasilkan pendapatan melalui program afiliasi, ikut mendongkrak pertumbuhan bisnis kecantikan.

Luxcrime, sebagai salah satu brand kecantikan lokal yang telah berdiri sejak 2016 lalu ini pun ikut merasakan adanya peningkatan popularitas dan penjualan secara signifikan dari adanya fenomena tersebut.

Baca juga: Strategi Jejaring Komunitas untuk Perbesar Skala Bisnis Brand Lokal

Melisa Andriani, Brand General Manager Luxcrime mengakui, penerimaan masyarakat terhadap brand kosmetik lokal saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun 2016. Ketika itu, brand lokal masih dianggap kurang menarik dibandingkan  produk dari luar negeri.

“Fajri [owner Luxcrime] melihat potensi besar untuk mengubah persepsi ini. Dengan visi dan ambisinya, dia yakin bahwa brand lokal yang didirikan, Luxcrime, dapat bersaing secara kualitatif dan inovatif dengan brand internasional di pasar kecantikan,” tuturnya.

Terbukti setelah delapan tahun hadir di industri kecantikan, Luxcrime telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia di tengah gempuran produk kosmetik luar negeri serta berhasil meraih Tokopedia Beauty Awards 2023 sebagai Best Cushion and Foundation.

Menurutnya, hal yang menjadi keunggulan dari brand lokal seperti Luxcrime adalah variasi warna yang dinilai lebih sesuai dengan beragam warna kulit masyarakat Indonesia. Selain itu, faktor emosional juga menjadi poin penting yang membuat konsumen merasa lebih dekat dan bangga saar mendukung dan menggunakan brand lokal favoritnya.

“Produk unggulan yang selalu menjadi best seller adalah Two way cake, Lipstain, Setting spray, cushion hingga eyebrow pencil,” ucapnya.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli menjelaskan bahwa pada masa pascapandemi ini masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan lainnya.

Animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri. Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner.

Adapun beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah.

Tren ini menurutnya juga berdampak pada penjualan produk kecantikan. Jumlah transaksi yang didapatkan melalui kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Untuk membantu sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri dalam mendongkrak penjualan, Tokopedia menghadirkan kampanye Tokopedia Beauty. Salah satu brand produk kecantikan lokal yang sukses mengembangkan bisnisnya melalui penjualan di e-commerce adalah Studio Tropik.

Mellisa Angelina Atmadja, Chief Executive Officer (CEO) Studio Tropik mengatakan di tengah perkembangan industri kecantikan nasional yang makin pesat, salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah mendapatkan exposure ke pasar yang lebih luas sekaligus menjaga relevansi dengan masyarakat.

“Berkat mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Tokopedia Beauty, produk Studio Tropik bisa mencapai luar pulau bahkan hingga Papua. Penjualan kami juga naik hingga lebih dari 2 kali lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023,” ujarnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kisah Penuh Romansa di Balik Lagu 22 Januari Karya Iwan Fals

BERIKUTNYA

5 Perbedaan Novel Almost Is Never Enough dengan Serial Adaptasi Dear Jo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: