Iwan Fals (Sumber foto: Hypeabis/Arief Hermawan P)

Lagu Ikonik Pada Hari Ibu, Simak Makna Lagu Ibu yang Dirilis Iwan Fals

22 December 2023   |   17:10 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Kasih sayang kepada ibu bisa kita tunjukkan kapan saja. Namun, spesial pada 22 Desember, seluruh dunia merayakan sosok ibu dengan bentuk penghormatan dan apresiasi tulus. Apresiasi ini tidak hanya ditunjukkan lewat hadiah atau ucapan, tapi bisa juga disampaikan lewat lagu.

Musisi senior Indonesia Iwan Fals pernah merilis lagu berjudul Ibu pada 1980 sebagai ungkapan rasa terima kasih atas perjuangan para perempuan hebat. Lagu ini banyak menggema disudut-sudut warung kopi atau pun cafe pada hari ini. Lagu Ibu yang diciptakan oleh Iwan Fals merupakan sebuah lagu yang penuh dengan penghormatan dan kecintaan terhadap ibu.

Baca juga: 8 Lagu Penuh Cinta untuk Ibu, dari The Rolling Stones hingga Slank

Dalam lagu ini, Iwan Fals menggambarkan betapa pentingnya peran seorang ibu dalam kehidupan anak-anaknya. Yuk simak selengkapnya beberapa makna yang dapat diambil dari lagu Ibu ciptaan Iwan Fals.
 
 


1. Pengorbanan Seorang Ibu

Lagu ini menggambarkan pengorbanan seorang ibu yang selalu bersedia berkorban untuk kebahagiaan dan kesejahteraan anak-anaknya. Ibu diceritakan sebagai sosok yang rela melepaskan segala-galanya demi anak-anaknya.


2. Kasih Sayang Ibu

Iwan Fals menyampaikan betapa besar kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya. Ibu dianggap sebagai sosok yang penuh cinta dan perhatian, selalu memberikan dukungan dan semangat dalam setiap langkah kehidupan anak-anaknya.


3. Keikhlasan Hati Ibu

Lagu ini juga mencerminkan keikhlasan hati seorang ibu dalam menghadapi segala permasalahan dan kesulitan. Ibu diibaratkan sebagai pelindung yang selalu siap memberikan dukungan, meskipun ia sendiri harus mengorbankan kebahagiannya.


4. Nasehat dan Pengajaran

Iwan Fals juga menyisipkan pesan moral melalui lagu ini, di mana ibu dianggap sebagai sumber nasehat dan pengajaran. Ibu selalu memberikan petunjuk dan arahan agar anak-anaknya bisa menghadapi hidup dengan bijaksana.


5. Keabadian Kasih Ibu

Lagu ini menggambarkan bahwa meskipun fisik ibu tidak selamanya hadir karena keterbatasan waktu dan kehidupan, kasih sayang dan kenangan bersama ibu akan tetap abadi dalam hati anak-anaknya.

Melalui lirik-lirik yang penuh makna, lagu Ibu menciptakan atmosfer emosional dan menggambarkan kedalaman hubungan antara seorang ibu dan anak. Lagu ini telah menjadi salah satu lagu yang sangat mengena dan banyak dihargai oleh pendengar karena pesan positifnya tentang kasih sayang dan pengorbanan seorang ibu.

Terdapat juga beberapa lirik lagu ikonik seperti 'Ribuan kilo jalan yang kau tempuh, lewati rintangan demi aku anakmu. Ibuku sayang, masih terus berjalan walau tapak kaki penuh darah penuh nanah.'

Dialuni dengan senandung musik balada, lagu ini dapat menjadi pilihan bagi kamu untuk dinyanyikan kepada ibu tersayang. Selamat Hari Ibu, Genhype!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fix, Jonas Brothers Bakal Konser di Indonesia pada 24 Februari 2024 di ICE BSD City

BERIKUTNYA

Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor Lelang, Laku Senilai Rp17 Miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: