Ada sejumlah rute penerbangan yang baru dibuka pada awal tahun 2024 (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Paulus Tandi Bone)

5 Rute Penerbangan Baru Awal Tahun 2024, Domestik & Internasional

22 January 2024   |   18:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para traveler di dalam negeri. Pada awal tahun ini, sejumlah rute penerbangan baru telah tersedia, sehingga memungkinkan kalian untuk menikmati berbagai destinasi wisata alam, budaya, di Indonesia dan negara lainnya yang jadi tujuan. 

SVP of Corporate Secretary PT. Angkasa Pura II, Deni Krisnowibowo, menuturkan bahwa data per 21 Januari 2024 menunjukkan terdapat lima rute penerbangan baru yang akan dilayani oleh bandara di bawah bendera perusahaan. 

“AP II berkolaborasi dengan maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan InJourney Holding dalam membuka rute-rute baru,” katanya. 

Baca juga: Pokemon Air Adventure Hadir di Indonesia, Tampilkan Pikachu Berbatik dan Pesawat Pokemon

Dia menjelaskan, pembukaan rute baru itu bertujuan mempermudah akses penerbangan bagi para wisatawan dan meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi nasional. Ini juga jadi upaya untuk menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah pandemi Covid-19 menghantam pada 2020 - 2022. 

Dalam pembukaan rute baru, seluruh pihak memperhatikan potensi dan permintaan yang ada. Dengan begitu, langkah pembukaan tidak sembarangan. Nah, berikut rute penerbangan baru yang ada di bandara PT Angkasa Pura II pada Januari - Februari 2024. 
 

1. Medan-Doha di Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan-Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Qatar Airways mengoperasikan rute ini sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner. 

Bandara Kualanamu dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II. Pembukaan rute Medan-Doha dan sebaliknya ini memperkuat upaya Bandara Kualanamu untuk menjadi bandara hub. Dengan begitu, pendatang dari Doha dapat berwisata di Sumatra Utara serta destinasi-destinasi wisata di Indonesia lainnya. 
 

2. Lampung-Denpasar di Bandara Radin Inten II

Bandara Radin Inten II menjadi bandar udara lainnya yang memiliki rute penerbangan baru, yakni Lampung-Denpasar dan akan diterbangi oleh maskapai Indonesia AirAsia sejak mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi 4 kali seminggu. Rute baru tersebut menghubungkan dua destinasi wisata di Indonesia yang sudah sangat terkenal dengan keindahan pantainya. 
 

3. Jakarta-Kota Kinabalu Malaysia & Jakarta-Nanning (China), Bandara Soekarno-Hatta 

Bandara Soekarno-Hatta akan membuka rute penerbangan baru, yakni Jakarta-Kota Kinabalu (Malaysia) pada 6 Februari 2024, yang akan diterbangi oleh Indonesia AirAsia. Kemudian, rute Jakarta-Nanning (China) yang akan dilayani oleh Sichuan Airlines pada Januari/Februari 2024. Perusahaan menuturkan bahwa pembukaan dua rute baru akan kian mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan internasional. 
 

4. Padang-Surabaya, Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau dan maskapai Lion Air membuka rute Padang-Surabaya yang mulai beroperasi mulai 18 Januari 2024. Selain itu, di bandara ini juga terdapat maskapai Super Air Jet yang melayani rute baru Padang-Medan mulai 24 Januari 2024. Upaya ini diharapkan memudahkan wisatawan untuk mengunjungi Sumatra Barat lewat transportasi udara. 
 

5. Pekanbaru-Surabaya, Bandara Sultan Syarif Kasim II

Penerbangan Pekanbaru-Surabaya menjadi rute baru lainnya yang dibuka pada awal tahun oleh Bandara Sultan Syarif Kasim II bersama maskapai Lion Air pada 13 Januari 2024. Ini merupakan rute yang sebelumnya pernah ditutup dampak dari pandemi Covid-19. Pembukaan kembali rute menandakan pemulihan lalu lintas penerbangan di bandara tersebut. 

Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Dilarang Merokok di Dalam Pesawat, Bahaya Banget!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Punya Peluang Besar, Begini Tantangan Industri Gim Lokal Indonesia di Pasar Global

BERIKUTNYA

Baik untuk Balita hingga Lansia, Cek Kiat Aman Olahraga Renang Menurut Ahli

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: