Bandara adalah tempat turun dan naik penumpang pesawat (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Darcy Lawrey)

5 Bandara Paling Sibuk di Dunia Sepanjang Desember 2022

09 January 2023   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pada penghujung tahun lalu, tepatnya sepanjang Desember 2022, banyak orang melakukan perjalanan liburan ke berbagai tempat baik di dalam maupun luar negeri. Kondisi tersebut membuat bandara sebagai salah satu prasarana untuk bepergian dengan pesawat menjadi sangat sibuk.

Berdasarkan data di laman FlightFrom, ratusan pesawat terbang setiap harinya di banyak bandara di dunia pada akhir 2022. Transportasi udara itu datang dan pergi untuk mengangkut lalu mengantar para pelesir ke berbagai destinasi tujuan. 

Kondisi pandemi yang kian terkendali, dan kebijakan sejumlah negara yang memperbolehkan para pelancong dari luar negeri untuk datang membuat pergerakan pesawat terus bertambah. Ujungnya, bandara pun menjadi sibuk. Berikut bandara paling sibuk di dunia pada Desember 2022. 

Baca jugaMopah hingga Ngloram, Intip 7 Bandara Indonesia dengan Desain Arsitektur Unik
 

1. Hartsfield–Jackson Atlanta International Airport (ATL)

Hartsfield–Jackson Atlanta International Airport (ATL) menjadi bandara paling sibuk di dunia pada akhir tahun lalu dengan jumlah total 792 penerbangan setiap harinya. Dilansir dari laman resminya, bandara yang juga dikenal oleh banyak orang sebagai Atlanta Airport terletak 11 kilometer di selatan distrik bisnis Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Lima rute internasional tersibuk dari bandara ini adalah tujuan Amsterdam, Paris, Cancun, London, dan Toronto. 
 

2. Denver International Airport (DEN)

Bandara tersibuk kedua di dunia pada akhir tahun lalu adalah Denver International Airport. Bandar udara dengan kode DEN ini memiliki 740 penerbagan setiap hari. Dalam lamannya resminya disebutkan bahwa bandara ini adalah mesin ekonomi utama negara bagian Colorado dengan penghasilan lebih dari US$33,5 miliar setiap tahunnya. 
 

3. Chicago O’Hare Airport (ORD)

Dengan 728 penerbangan setiap hari, Chicago O’Hare Airport menjadi bandara tersibuk ketiga di dunia dalam daftar FlightsFrom. Bandara yang terletak di sebelah danau Michigan, Illinois, Amerika Serikat itu punya total 8 landasan pacu atau runaway. Pangkalan udara berkode ORD ini juga berfungsi sebagai hub untuk American Airlines dan United Airlines, serta merupakan kota fokus untuk Polar Air Cargo dan Spirit Airlines. 
 

4. Guangzhou Airport (CAN)

Bandara tersibuk nomor empat dalam daftar ini ditempati oleh Guangzhou Airport atau yang juga kerap disebut dengan Guangzhou Baiyun International Airport (CAN). Bandara ini memiliki 654 penerbangan setiap harinya pada akhir 2022. CAn merupakan bandar udara utama yang terletak 28 kilometer di utara pusat kota Guangzhou, kota yang terkenal dengan sejarahnya lebih dari 2.200 tahun silam. 
 

5. International Delhi Airport (DEL)

International Delhi Airport menjadi bandara tersibuk kelima di dunia. Bandara dengan kode DEL ini memiliki 618 penerbangan setiap hari. Bandara yang juga dikenal dengan nama Indira Gandhi International Airport ini adalah satu-satunya bandara yang melayani kota New Delhi.

Di India DEL merupakan bandara tersibuk terkait dengan lalu lintas penumpang dan kargo. Bandara International Delhi terletak di Palam, yakni 16 kilometer (Km) dari kota New Delhi dan 15 kilometer dari barat daya stasiun kereta api New Delhi.

Baca jugaWow, 6 Bandara di Indonesia Dinilai Paling Higienis di Asia Pasifik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tren Kesehatan 2023: Ancaman Deretan Penyakit pada 2023, HIV/AIDS Bisa Outbreak

BERIKUTNYA

Wow, KKN di Desa Penari Tembus 10 Juta Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: