Game Palworld bisa dimainkan gratis untuk pengguna layanan Xbox Game Pass (Sumber gambar: Pocketpair)

Early Access Palworld Akhirnya Rilis, Bisa Main Gratis di Xbox Game Pass

19 January 2024   |   16:31 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Akses awal (early access) dari gim Palworld akhirnya meluncur, dan sudah bisa dimainkan gamer mulai hari ini, Jumat (19/1/2024). Gim yang mendapatkan julukan ‘Pokemon bersenjata’ ini merupakan salah satu judul permainan video yang telah menyita perhatian, dan dinantikan kedatangannya pada tahun ini. 

Palworld dikembangkan dan diterbitkan oleh Pokcetpair, developer dan penerbit yang telah menghadirkan gim Overdungeon, Craftopia, dan AI: Art Impostor. Permainan ini dibuat untuk platform Microsoft Windows dan Xbox. 

Baca juga: 10 Game Siap Rilis Januari 2024: Tekken 8 hingga Palworld
 

Palworld (Sumber gambar: Pocketpair/Steam)

Palworld (Sumber gambar: Pocketpair/Steam)

Seperti disebutkan, Palworld merupakan gim yang mirip dengan permainan populer Pokemon. Monster yang ada di dunia ini disebut Pal. Akan ada lebih dari 100 Pal yang bersifat unik, dengan desain karakter dan kemampuan masing-masing. Mereka bisa ditangkap dan dijadikan teman berpetualang. 

Salah satu unsur yang membedakan Palworld dengan Pokemon adalah keberadaan senjata modern. Tidak hanya digunakan oleh karakter utama yang akan dimainkan para gamer, Pal yang dimiliki juga bisa dilengkapi dengan berbagai persenjataan. Hal ini tentunya akan menyuguhkan pengalaman bermain ala Pokemon dengan konsep yang anyar dan lebih segar. 

Palworld mengintegrasikan beberapa konsep permainan mulai dari open world survival, creature collection, dan crafting game. Pemain akan diajak masuk ke dalam dunia Palworld yang penuh dengan keajaiban monster-monster unik hingga ganas. Tak hanya itu, akan hadir pula tantangan seperti cuaca ekstrem sampai pemburu liar dan bos monster menyeramkan. 
 

Gameplay 

Di dunia tersebut, gamer akan bisa melakukan banyak hal bersama dengan teman-teman Pal mereka. Mulai dari melakukan eksplorasi dunia luas, yang dipenuhi berbagai macam Pal dengan keunikan masing-masing. Di sini, pemain bakal bisa menangkap Pal yang diinginkan dengan sedikit-banyak pertarungan.  

Dari total lebih dari 100 Pal yang eksis, mereka terbagi ke dalam sembilan elemen - yang sejauh ini telah diumumkan. Sembilan elemen itu adalah kegelapan (Dark), naga (Dragon), bumi/tanah (Earth), listrik (Electric), api (Flame), es beku (Frost), rumput (Grass), netral (Neutral), dan air (Water). 

Beberapa Pal akan punya kemampuan khusus tergantung tipe dan karakteristiknya. Ada yang memungkinkan dipakai sebagai kendaraan darat layaknya kuda, diajak terbang ke udara, atau tipe transportasi air untuk menyeberangi perairan dan menyelam. Ada juga karakter yang cocok untuk bekerja sampai bertarung. 
 

Palworld (Sumber gambar: Pocketpair/Steam)

Palworld (Sumber gambar: Pocketpair/Steam)

Selain melakukan eksplorasi, bertempur, dan bertahan hidup di tengah dunia yang penuh Pal, gamer juga bisa melakukan membangun semacam ‘kerajaan’ kecil. Pemain bisa membuat sejumlah bangunan dan pabrik, sampai pertanian dan perkebunan untuk kebutuhan petualangan. 

Jangan khawatir bakal kelelahan dan menghabiskan banyak waktu dengan bangunan dan pertanian yang ada. Sebab, kalian bisa memanfaatkan berbagai Pal yang dimiliki untuk membantu mengurusi aset yang dipunya. 

Terakhir, gim ini juga menyediakan fitur multipemain (multiplayer). Dengan begitu, kalian bisa mengajak teman dan pemain dari seluruh dunia untuk melakukan petualangan bersama. Para pemain juga bisa melakukan transaksi tertentu di dalam gimnya, serta bertarung satu sama lain. 

Sebagai catatan, untuk saat ini, belum tersedia fitur cross play multiplayer. Artinya, para gamer yang mengunduh gim dari layanan Steam tidak akan bisa bermain bersama dengan mereka yang menggunakan Xbox Game Pass. 
 

Akses & Ketersediaan 

Gim Palworld mulai membuka early access-nya pada Jumat, 19 Januari 2024 untuk perangkat komputer Steam dan Game Pass serta konsol Xbox. Di platform Steam, gim ini dibanderol dengan harga normal Rp245.999 untuk varian reguler dan Rp302.498 untuk varian game + soundtrack bundle

Sementara itu, di platform digital Xbox, Genhype bisa mendapatkan gim ini dengan harga Rp359.000. Namun demikian, bagi pengguna layanan Xbox Game Pass, kalian bisa memainkan gim ini secara gratis. Caranya, tinggal masuk ke aplikasi, cari judul Palworld, instal, dan mainkan. Selamat mencoba. 
 

Persyaratan Sistem 

Minimum 
  • Sistem operasi: Windows 10 atau ke atas (64-bit) 
  • Prosesor: i5-3570K 3,4 Ghz 4 core
  • Grafik: GeForce GTX 1050 (2 GB)
  • Memori: 16 GB 
  • Penyimpanan: 40 GB memori penyimpanan  
  • Catatan: Koneksi internet untuk fitur multiplayer, dibutuhkan SSD 

Rekomendasi 
  • Sistem operasi: Windows 10 atau ke atas (64-bit) 
  • Prosesor: i9-9900K 3,6 GHz 8 core
  • Grafik: GeForce RTX 2070 
  • Memori: 32 GB
  • Penyimpanan: 40 GB memori penyimpanan  
  • Catatan: Koneksi internet untuk fitur multiplayer, dibutuhkan SSD 
Baca juga: 7 Daftar Game Mobile Rilis Tahun 2024, dari Godzilla x Kong Hingga Call of Duty
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

SEBELUMNYA

Kabar Duka, Sastrawan Abdul Hadi W.M. Meninggal Dunia Usia 77 Tahun

BERIKUTNYA

Pedro Pascal Sebut Nasib Karakter Joel Bakal Berubah di The Last of Us Part II

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: