Cosplay karakter dari film Star Wars (Sumber gambar: Unsplash/Zany Jadraque)

Melihat Popularitas Tren Cosplay Karakter Hollywood di Indonesia

17 January 2024   |   13:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Dalam beberapa tahun terakhir, waralaba superhero Hollywood telah mendominasi pasar film di Indonesia sehingga menciptakan minat kuat pada karakter-karakter yang ada di dalamnya. Hal ini pada akhirnya mendorong minat masyarakat untuk menghidupkan karakternya dalam format cosplay.

Septia Winduwati, Pengamat Komunikasi dan Budaya Populer dari Universitas Tarumanegara, mengatakan bahwa tren cosplay berbagai tokoh fiksi dari Hollywood kian berkembang di Indonesia seiring dengan meningkatnya popularitas film tersebut di layar lebar maupun streaming berbayar. 

Beberapa film Hollywood yang terbilang popular di antara pada cosplayer jenis ini adalah film-film superhero dari Marvel dan DC, seperti Iron Man, Spider-Man, Batman, dan Wonder Woman. Bahkan antihero seperti Venom, Joker, Harlequin, Maleficent, serta tokoh ikonik Disney dan karakter mainan seperti Barbie. 

Baca juga: Kiat Menjadi Cosplayer, Bukan Sekadar Pakai Kostum
 

Cosplay karakter perfilman Hollywood (Sumber gambar: Unsplash/Ashley Levinson)

Cosplay karakter perfilman Hollywood (Sumber gambar: Unsplash/Ashley Levinson)

Selain itu, adaptasi live-action dari anime dan manga Jepang oleh industri Hollywood, serta film pahlawan super yang baru dirilis juga memicu minat dalam cosplay karakter-karakter tersebut. Hal-hal demikian lantas menciptakan keragaman dalam pilihan cosplay di dalam komunitas yang menarik para pegiatnya untuk menghidupkan karakter favorit mereka. 

“Popularitas dari tokoh fiksi dari film Hollywood mendorong banyak orang untuk berperan sebagai karakter-karakter tersebut. Hal ini, mencerminkan pengaruh kuat budaya pop Amerika dalam dunia cosplay,” jelasnya.

Menurutnya, popularitas ini juga makin meningkat karena terus menjamurnya berbagai penyelenggaraan event dan kompetisi cosplay seperti comic Con, acara-acara komik, pop culture, dan konvensi yang menyoroti superhero terus diadakan di Indonesia. 

“Mereka sering menyelenggarakan kompetisi cosplay superhero. Dalam ajang ini, para cosplayer Indonesia sering menunjukkan kreativitasnya yang tinggi dalam pembuatan kostum superhero dengan meniru detail-detail yang rumit dari kostum asli karakter-karakter tersebut,” ujarnya. 
 

Industri Kostum & Aksesori Cosplay 

Selain menjadi ajang kreativitas para cosplayer menghidupkan karakter tokoh yang mereka idolakan, tren ini juga menjadi potensi dan membuka peluang terutama terhadap perkembangan industri kostum dan aksesori cosplay

Penyediaan kostum dan aksesori yang berkualitas serta terjangkau akan membuat cosplay lebih mudah diakses, didukung banyaknya cosplayer yang membagikan tip dan trik, serta panduan membuat kostum cosplay berbagai karakter di sejumlah platform media sosial. 

“Semakin banyak orang yang terlibat dalam cosplay, semakin besar pula jangkauan dan dampak budaya popnya,” ucapnya.

Meski demikian, potensi pertumbuhan dan popularitas cosplay superhero di Indonesia bisa berfluktuasi seiring dengan perubahan tren budaya dan media, termasuk tren media populer, acara dan konvensi, dan minat individu. Bisa saja suatu saat tergerus dengan budaya idol seperti K-Pop atau Thai Idol. 

Meskipun cosplay superhero dan karakter Amerika Serikat akan terus berkembang di Indonesia, cosplay anime atau manga Jepang kemungkinan akan tetap menjadi elemen dominan dalam tren permainan kostum atau kustomata di dalam negeri. 

Baca juga: Makin Populer, Simak Geliat Bisnis & Hobi Cosplay di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Prediksi CEO Balai Lelang Christie's soal Pasar Seni Dunia 2024

BERIKUTNYA

Menangkap Peluang Bisnis dari Tren Cosplay, Cek Kiat dari Pembuat Kostum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: