Ilustrasi pengunjung menyaksikan karya seni (Sumber gambar : Pexels/Una Laurencic)

Prediksi CEO Balai Lelang Christie's soal Pasar Seni Dunia 2024

17 January 2024   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Meskipun masih akan menghadapi sejumlah tantangan makro, pasar seni dunia diprediksi akan jauh lebih tangguh pada tahun ini jika dibandingkan dengan satu dekade lalu. Dengan begitu, 2024 akan menjadi momen pasar seni untuk bertumbuh. 

Guillaume Cerutti, Chief Executive Officer (CEO) balai lelang Christie’s, mengatakan bahwa pasar seni tidak kebal terhadap kondisi makro jika melihat rekam jejak 2023. Produk domestik bruto (PDB), inflasi, dan suku bunga akan terus memberikan dampak terhadap pasar seni, selain kondisi geopolitik yang kurang kondusif.

”Namun, pasar ini jauh lebih tangguh dibandingkan satu dekade lalu karena tiga alasan utama,” ujarnya dalam informasi yang diterima Hypeabis.id

Baca juga: Daftar Pameran Seni Januari 2024, dari Seni Rupa hingga Arsitektur

Guillaume menuturkan ada beberapa alasan kenapa 2024 bakal punya tone positif untuk pasar seni global. Pertama, daya tarik pasar seni dan barang mewah yang terus berlanjut kepada pembeli baru. Balai lelang mencatat ada lebih dari 30% klien di Christie's yang merupakan orang baru dalam bisnis ini setiap tahunnya, mereka berasal dari generasi milenial dan Z. 

Kedua, seni dan kemewahan adalah aset berkelas. Benda seni dan kemewahan dapat menjadi investasi yang menarik dan aman lantaran memiliki nilai yang cenderung stabil. Dengan begitu, karya seni bisa jadi pilihan, terutama ketika kelas aset lainnya tampak fluktuatif. 

Ketiga, pasar seni mengalami penyesuaian harga yang signifikan pada 2023. “Kami yakin, pasar kini siap untuk memulai kembali dengan landasan yang lebih kokoh,” tegasnya.

Singkatnya, 2024 seharusnya menjadi tahun pertumbuhan pasar seni, dengan peluang untuk mencapai kinerja positif. Jadi, dia menuturkan bahwa Christie's akan terus fokus dalam memberikan saran terbaik dan layanan profesional kepada semua klien, baik melalui lelang atau melalui penjualan pribadi, penilaian, dan solusi keuangan. 
 

Ilustrasi pameran seni (Sumber gambar: Unsplash/Raychan)

Ilustrasi pameran seni (Sumber gambar: Unsplash/Raychan)

Guillaume meyakini bahwa kualitas acara dan penjualan Januari akan menentukan musim yang menarik dan positif. Balai lelang yang dikelolanya akan memulai program di New York dengan Pekan Americana, diikuti dengan Pekan Klasik, yang akan mencakup Koleksi Patung Renaisans dan Barok Quentin.

Di London, pada 31 Januari 2024, rumah lelang ini juga akan menawarkan 120 gitar dan ampli dari koleksi legenda musik Mark Knopfler yang menjanjikan penjualan sangat menarik.

Sementara itu, Christie's Paris akan menghadirkan pameran penjualan pribadi karya seniman dari Afrika Utara, yang mencerminkan keragaman dan dinamisme kreasi kontemporer dari belahan dunia ini.

Dia menambahkan, pada tahun yang baru, penting untuk menyadari tantangan global yang sedang berlangsung, yang berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang di berbagai belahan dunia. Untuk itu, balai lelang juga akan tetap mendukung kegiatan filantropis guna menciptakan perubahan yang berarti sesuai dengan komitmen perusahaan.

Dia mengungkapkan bahwa balai lelang mengawali tahun 2024 dengan kabar gembira atas penjualan Koleksi Sir Elton John. ”Kami sangat senang bisa mempersembahkan beragam karya seni, memorabilia, dan barang-barang pribadi dari bekas rumah ikon musik tersebut di Atlanta,” ujarnya. 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Pameran Seni Rupa Penting Sepanjang 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Kue Mangkok atau Fa Gao, Kuliner yang Disajikan saat Perayaan Imlek

BERIKUTNYA

Melihat Popularitas Tren Cosplay Karakter Hollywood di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: