Kuil Longshan. (Sumber gambar: Maren Wilczek/Unsplash)

10 Destinasi Wisata Populer di Taiwan yang Wajib Masuk Bucket List

16 January 2024   |   18:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Taiwan, pulau kecil yang sarat budaya dan keindahan alamnya, bisa menjadi destinasi pilihan untuk liburan santai atau penuh petualangan. Taiwan menyimpan banyak destinasi wisata unik dan memukau, mulai dari wisata alam, gemerlap kota yang indah, serta tempat-tempat budaya dan bersejarah. 

Banyaknya spot alam yang indah di Taiwan tak terlepas dari letak geografisnya yang dikelilingi beberapa kepulauan, yakni Pulau Formosa, Kepulauan Penghu, Kabupaten Kinmen, Kepulauan Lienchiang, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sementara tempat bersejarah di Taiwan menjadi saksi bisu histori panjang negara yang terbentuk sejak pemerintahan Dinasti Qing pada 1912. 

Sebagian dari Genhype mungkin ada yang berencana ingin berlibur ke Taiwan. Jika iya, berikut adalah 10 destinasi wisata populer yang wajib kalian kunjungi seperti dilansir dari The Travel Magazine dan Klook.

Baca juga: Cek 5 Keunikan Temple Street, Ikon Destinasi Wisata Kuliner di Hong Kong


1. Taipei 101

Taipei 101 adalah salah satu pencakar langit tertinggi di dunia sekaligus ikon kota di Taiwan. Sebelumnya, Taipei 101 dikenal sebagai Taipei World Financial Center. Seperti namanya, gedung ini terdiri dari 101 lantai dan 5 tingkat basement, yang menawarkan pusat perbelanjaan dan restoran kelas atas dengan pemandangan spektakuler dari observatorium pada bagian puncak gedung. 
 

v

Taipei 101. (Sumber gambar: Louis Cheng/Unsplash)

2. Museum Nasional Istana

Museum Nasional Istana adalah galeri seni kelas dunia yang terletak di distrik Shilin di Taipei. Bangunan luas ini merupakan rumah bagi 700.000 koleksi benda-benda seni bersejarah Taiwan, mulai dari patung Buddha, artefak batu giok, keramik, karya logam, dan barang antik lainnya. Di tempat ini, pelancong bisa belajar sejarah panjang Tiongkok sejak ribuan tahun lalu, mulai dari zaman Neolitikum sampai akhir Dinasti Qing. 
 

3. Ngarai Taroko

Taiwan terkenal dengan spot-spot ngarai atau canyon yang indah, salah satunya adalah Ngarai Taroko yang berlokasi di Taman Nasional Taroko. Ngarai Taroko adalah endapan batu gamping di dasar laut yang terbentuk dari proses tektonik menjadi batuan metamorf. Proses itu menciptakan ngarai tinggi menjulang dengan aneka ragam perubahan lanskap.

Di tempat ini, kalian bisa mengunjungi Eternal Spring Shine, merendam kaki di perairan Shakadang Trail yang megah, lalu ke hulu menuju desa suku Truku untuk mencicipi hidangan lokal di pasar kecil. 

Jangan lupa juga berjalan melalui jalur Sungai Shakadang untuk menikmati sungai biru jernih yang dikelilingi bebatuan dan hutan, serta pemandangan cagar alam yang masih dijaga oleh masyarakat suku asli Tarok.
 

Danau Sun Moon (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Danau Sun Moon (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

4. Danau Sun Moon

Danau Sun Moon adalah badan air terbesar di Taiwan yang terletak di kota kecil Yuchi, Kabupaten Nantou. Spot wisata alam favorit pelancong ini merupakan rumah bagi suku Thao, salah satu suku aborigin Taiwan.

Di tempat ini, kalian bisa menikmati indahnya taman dan hutan lebat yang mengelilingi danau, yang dapat diakses dengan kapal atau kereta gantung. Di dekatnya, terdapat Desa Budaya Aborigin Formosa yang terkenal dengan Festival Bunga Sakura dan Lavender. 


5. Taman Nasional Yushan

Buat kalian penikmat wisata alam, wajib merasakan ketenangan dan keindahan Taman Nasional Yushan. Taman yang terletak di kota Dongpu, Kabupaten Shuili ini merupakan salah satu dari 9 taman nasional di Taiwan dan diberi nama sesuai puncak tertingginya, yakni puncak Yushan. 

Taman nasional seluas 103.121 hektar ini dihiasi dengan pemandangan banyak ngarai, tebing, dan lembah yang memukau. Dengan puncak setinggi 3.000 meter, Taman Nasional Yushan bisa dinikmati dengan kegiatan hiking dan trekking. Di taman ini, kalian juga akan menemukan Jade Mountain, gunung pulau tertinggi keempat di dunia yang mencapai 3.952 meter. 

Baca juga: 7 Lokasi Wisata Alam Thailand, Bisa Santai sampai Menantang
 

6. Kuil Longshan

Kuil Longshan yang berada di Taipei merupakan salah satu tempat bersejarah yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi wisatawan. Kuil ini memiliki desain arsitektur indah berupa ukiran kayu dengan tulisan-tulisan puitis, serta kolom-kolom berbentuk naga yang terbuat dari perunggu.

Salah satu hal menarik dari bangunan kuil yang berusia hampir 300 tahun ini adalah di tempat ini kalian bisa melihat gabungan kepercayaan Tao, Buddha, dan Konfusianisme. Banyak pelancong datang ke kuil ini untuk berdoa kepada Dewa Yue Lao atau Dewa Cinta, agar segera menemukan cinta sejati mereka. Sementara yang lain meminta bimbingan dari para dewa dengan melemparkan balok bulan merah (jiaobei) ke lantai. 
 

Pasar Malam Shilin. (Sumber gambar: Max Oh/Unsplash)

Pasar Malam Shilin. (Sumber gambar: Max Oh/Unsplash)

7. Pagoda Naga & Harimau

Kaohsiung, kota terbesar kedua di Taiwan, adalah tempat terbaik untuk melepaskan diri dari keramaian di Taipei. Kota ini juga merupakan tempat yang terkenal dengan seni jalanannya, serta kuil-kuil yang indah dan penuh warna seperti Pagoda Naga dan Harimau yang terletak di Danau Lotus. Jika ke tempat ini, naiklah ke bangunan tujuh lantai untuk melihat pemandangan danau yang penuh dengan bunga lili yang menawan. 
 

8. Yehliu Geopark

Yehliu Geopark atau yang dikenal juga dengan nama Tanjung Yehliu merupakan bagian dari formasi batuan Daliao Miosen. Spot wisata yang terletak di kawasan semenanjung dengan panjang 1.700 meter ini menyuguhkan pemandangan batu karang beraneka bentuk yang menakjubkan, seperti bentuk cendawan, es krim, sarang lebah, jahe, serta gorila.

Ada pula bebatuan yang berbentuk seperti sepatu peri, lilin, tofu. Batu yang paling terkenal dan menjadi simbol dari tempat ini yaitu queen’s head, berbentuk kepala ratu yang seolah sedang menghadap ke arah kanan. Situs batu ini terkenal di kalangan pelancong lantaran terbentuk berkat histori yang panjang yakni lebih dari 4.000 tahun. 
 

9. Pasar Malam Shilin

Taiwan juga terkenal dengan wisata pasar malamnya yang seru. Salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi adalah pasar malam Shilin yang merupakan pasar terbesar dan paling terkenal di Taiwan.

Di pasar ini, kalian bisa mencicipi beragam makanan khas Taiwan seperti tiram omelet, bubble tea, dan stinky tofu. Selain itu, banyak juga penjual produk lain seperti pakaian, perhiasan, pernak-pernik oleh-oleh dan lain sebagainya. 
 

10. Distrik Dadaocheng

Satu lagi destinasi wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Taiwan adalah Dadaocheng. Kota pelabuhan ini adalah distrik tertua di Taipei yang menjadi tempat perdagangan penting pada abad ke-19, dan hingga kini menjadi tempat wisata sejarah dan kawasan perbelanjaan utama. 

Jika kalian ke Dadaocheng, berjalanlah melewati jalan tertua di Taipei yakni Jalan Dihau. Kalian akan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Taiwan, dan mengunjungi toko-toko yang menjual berbagai macam benda. Di distrik ini juga terkenal alun-alun Chien-Cheng yang menjadi pusat kuliner lokal Taiwan. 

Baca juga: Pasangan Muda Merapat, Cek 5 Tempat Bulan Madu Romantis di Asia, Ada Bali & Vietnam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Semiotika Tulis dan Rupa tentang Imaji Ratu Adil dalam Karya Budi Ubrux

BERIKUTNYA

Agnes Linggar Budhisurya Hadirkan Pagelaran Karya Dukung Misi Rumah Sakit Apung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: