Pemain tim nasional Indonesia di ajang Piala Asia (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Piala Asia 2023, Cek Catatan Pertemuan Timnas Indonesia vs Irak

15 January 2024   |   17:22 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional sepak bola Indonesia akan bertemu dengan tim nasional Irak dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Asia 2023 di Qatar pada hari ini, Senin (15/12024). Sejarah mencatat bahwa pertandingan kali ini tidak akan mudah bagi Skuad Garuda – julukan tim nasional Indonesia.

Pertemuan antara tim nasional Indonesia dan Irak tercatat bukan yang pertama. Kedua tim telah melakoni banyak pertandingan dalam berbagai ajang internasional. Terakhir, keduanya berhadapan dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam pertemuan itu, Garuda kalah telak dari tim nasional yang dijuluki Singa Mesopotamia. Pada saat itu, gawang tim nasional Indonesia kemasukan 5 gol. Sementara itu, Irak hanya mengalami kebobolan 1 gol. 

Pertemuan antara Indonesia dan Irak dalam berbagai kompetisi telah terjadi sejak 1960an. Dari pertandingan yang pernah dilakoni oleh keduanya, Irak tercatat mendominasi jika dibandingkan dengan Merah Putih.

Baca juga: Cek Jadwal Piala Asia 15 Januari 2024: Indonesia vs Irak

Dari 12 kali pertemuan, Garuda hanya menang dua kali saat bertemu dengan Irak, yakni pada 1968 atau pertemuan pertama. Ketika itu, Indonesia berhasil menekuk Singa Mesopotamia dengan skor tipis 2-1 dalam ajang kualifikasi Olimpiade. Kemenangan lainnya terjadi dalam ajang Piala Kemerdekaan pada 2000. Saat itu, Tim Garuda berhasil menang dengan skor telak 3-0.

Kemudian, tim nasional Indonesia berhasil mencatatkan hasil seri sebanyak tiga kali saat bertanding dengan Irak. Pertemuan itu terjadi pada kualifikasi Olimpiade 1968, kualifikasi Piala Dunia 1974, dan Piala Kemerdekaan 2000. Sementara itu, Garuda kalah dari Irak sebanyak 7 kali dalam sejarah pertemuan keduanya.

Adapun, pertandingan yang akan diadakan pada hari ini, Senin, 15 Januari 2024, dalam ajang Piala Asia di Qatar merupakan pertemuan ke-13 antara keduanya. Indonesia dapat menambah jumlah kemenangannya. Meskipun begitu, Singa Mesopotamia juga bisa menambah catatan kemenangannya saat berjumpa dengan Garuda.

Dalam laman PSSI, penjaga gawang Tim Nasional Indonesia Ernando Ari Sutaryadi mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh timnya adalah membangun kekompakan tim dan juga mengasah taktik.

”Semua pemainnya harus kita waspadai, karena kita harus fokus di setiap menitnya. Irak juga tim yang matang, dan juga kekompakan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, jadi kita harus fokus,” ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya, Pelatih Shin Tae-yong yakin Tim Nasional Indonesia dapat memberikan kejutan kepada Timnas Irak dalam pertemuan hari ini meskipun di atas kertas Irak lebih unggul jika dibandingkan dengan Merah Putih.

Dia menuturkan bahwa para pencinta sepak bola di Indonesia bisa berharap lebih terhadap tim nasional jika dibandingkan dengan pertemuan dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. ”Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah,” katanya.

Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

IU Siap Comeback Lewat Lagu Love Wins, Video Klipnya Dibintangi V BTS

BERIKUTNYA

Profil Madison Marsh, Perwira Angkatan Udara AS yang Jadi Miss America 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: