Asnawi Mangkualam akan menjadi bagian dalam skuad melawan Irak (Sumber gambar: tangkapan layar laman PSSI)

Cek Jadwal Piala Asia 15 Januari 2024: Indonesia vs Irak

15 January 2024   |   11:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Babak penyisihan grup kompetisi sepak bola Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar memasuki hari keempat sejak dibuka pada 12 Januari 2024. Pada hari ini, Senin, 15 Januari 2024, Indonesia yang tergabung di dalam Grup D akan bertanding melawan Irak.

Pertandingan Tim Nasional Indonesia melawan Irak akan berlangsung di Ahmad Bin Ali Stadium yang memiliki kapasitas 45.032 pada pukul 17.30 waktu setempat atau 21.30 WIB. kedua tim akan memberikan penampilan yang terbaik untuk memenangkan pertandingan. 

Baca juga: Intip Latihan Taktik Timnas Indonesia di Qatar Menjelang Piala Asia 2023

Meskipun bukan partai penentu, pertandingan kedua di Grup D ini akan membuat langkah salah satu tim menjadi lebih mudah ketika berhasil memenangkan pertandingan. Tim yang berhasil menang akan memiliki poin 3 dan bersanding dengan Jepang yang sudah lebih dahulu menaklukan Vietnam dan memimpin klasemen untuk sementara.

Sejarah mencatat bahwa keduanya telah bertemu lebih dari sekali dalam berbagai kompetisi. Dalam pertemuan terakhir, saat kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia kalah telak dari Irak dengan skor 1-5.

Kekalahan itu membuat Indonesia berada di dasar Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kini, kedua tim akan berhadapan dalam kompetisi yang berbeda.

Dalam laman PSSI, Pelatih Shin Tae-yong yakin Tim Nasional Indonesia dapat memberikan kejutan kepada Timnas Irak dalam pertemuan hari ini meskipun di atas kertas Irak lebih unggul jika dibandingkan dengan Merah Putih.

Tidak hanya itu, secara peringkat FIFA, Irak juga tercatat jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan Indonesia.

Dia menuturkan bahwa para pencinta sepak bola di Indonesia bisa berharap lebih terhadap tim nasional jika dibandingkan dengan pertemuan pertama. ”Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah,” katanya.

Tae-yong menuturkan bahwa tim nasional Indonesia memiliki potensi dan sedang mencoba membangun kepercayaan diri selain performa.

Kapten Tim Nasional Indonesia Asnami Mangkualam Bahar mengungkapkan terdapat perbedaan antara tim nasional yang akan berhadapan dengan Irak saat Piala Asia dengan saat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada tahun lalu.

Menurutnya, tim Garuda – julukan tim nasional Indonesia – juga memiliki persiapan yang lebih baik pada saat ini. Dia berjanji akan memberikan yang terbaik dalam pertandingan yang akan berlangsung pada malam ini.

”Semua pemain dalam kondisi baik dan siap memberi yang terbaik. Kami ingin membuktikan Indonesia bukan tim lemah di grup ini,” ujarnya.

Pertandingan melawan Irak adalah perdana dari tiga pertandingan yang akan dilakoni dalam babak kualifikasi grup Piala Asia. Setelah melawan Irak, Indonesia akan menghadapi Vietnam dan Jepang masing-masing pada 19 dan 24 Januari. 

Baca juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023


Jadwal Piala Asia Senin 15 Januari 2024

Berikut daftar pertandingan Piala Asia yang akan berlangsung di Qatar pada Senin, 15 Januari 2024:


Republik Korea vs Bahrain

Tempat                 : Jassim bin Hamad Stadium
Pukul                     : 14.30 waktu setempat/ 18.30 WIB


Indonesia vs Irak

Tempat                 : Ahmad Bin Ali Stadium
Pukul                     : 17.30 waktu setempat / 21.30 WIB


Malaysia vs Yordania

Tempat                 : Al Janoub Stadium
Pukul                     : 20.30 waktu setempat /24.30 WIB


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Film Terbaik Kate Beckinsale Selain Jolt, Underworld Hingga Van Helsing

BERIKUTNYA

7 Perangkat Canggih di CES 2024, TV Transparan Nirkabel Hingga Perangkat AI Portable

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: