Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

15 January 2024   |   13:59 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pesta akbar sepak bola se-Asia akhirnya digelar. Sebanyak 24 tim akan berlaga untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Piala Asia 2023 yang berlangsung dari 12 Januari hingga 10 Februari mendatang. Ini adalah turnamen sepak bola paling bergengsi di benua Kuning.

Gelaran Piala Asia kali ini terbilang unik. Sebab, turnamen ini sedianya berlangsung pada Juni-Juli 2023 dengan China sebagai tuan rumahnya. Namun, kala itu China memutuskan mengundurkan diri dari status tuan rumah karena status Covid-19 yang belum terkendali. 

Qatar kemudian ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti. Namun, efek domino terjadi lantaran turnamen empat tahunan ini mesti mundur dari jadwal awal, karena cuaca pada Juni-Juli di negara tersebut masih panas ekstrem.

Baca juga: Cek Jadwal Piala Asia 15 Januari 2024: Indonesia vs Irak

Di sisi lain, pada edisi tahun ini, sejumlah negara mengirimkan pemain dengan rata-rata usia yang muda. Hal ini pun jadi warna tersendiri bagi turnamen ini. Beberapa dari mereka bahkan ada yang baru pertama kali mencicipi ajang di level Asia tersebut.

Meski minim pengalaman, keputusan tiap negara ini tentu patut dihormati. Kekuatan muda ini diyakini tak akan kalah saing. Terlebih, jika berbicara jangka panjang, tim ini tentu masih bisa terus berkembang ke depan.

Berikut adalah enam negara dengan rata-rata pemain termuda di Piala Asia 2023


1. Indonesia

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong menjadi negara dengan rata-rata usia pemain termuda pada Piala Asia 2023. Bahkan, di skuad Garuda, ada tiga pemain yang usianya di bawah 20 tahun.

Menurut Transfermarkt, rata-rata usia pemain yang membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 adalah 22,5 tahun per 9 Januari 2024. Tercatat, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner jadi pemain timnas Indonesia termuda di Piala Asia 2023. Saat ini, ketiganya berusia 19 tahun. Jordi Amat jadi pemain tertua pada skuad, pemain bek ini berusia 31 tahun.


2. Vietnam

Berada satu grup dengan Indonesia, Timnas Vietnam juga menurunkan pemain muda di turnamen bergengsi ini. Meski masih muda, para pemain The Golden Stars Warriors memiliki materi yang cukup menjanjikan.

Saat laga melawan Timnas Jerman dalam pekan pertama Piala Asia 2023, Vietnam mampu melesatkan dua gol, meski pada akhirnya harus mengakui kekalahan dengan skor 4-2. Rata-rata usia pemain Vietnam adalah 23,3 tahun.


3. Jepang

Negara langganan Piala Dunia, Jepang, rupanya juga membawa pemain mudanya di turnamen ini. Calon kuat juara Piala Asia 2023 itu memiliki skuad dengan rata-rata usia relatif muda. Transfermarkt mendata rata-rata usia pemain Jepang adalah 23,7 tahun.

Kendati demikian, pasukan The Samurai Blue ini tentu tak bisa disepelekan. Kekuatan Jepang di bawah asuhan Hajime Moriyasu ini dalam uji coba begitu menawan, termasuk mengalahkan Thailand dengan skor 5-0.


4. Uzbekistan

Timnas Uzbekistan memiliki rata-rata usia pemain yang relatif muda. Tim ini menjadi yang termuda keempat dibanding negara-negara lain dengan rata-rata hanya berusia 23,9 tahun. Meskipun demikian, materi pemain mereka begitu matang di berbagai lini.

Salah satu yang menarik perhatian ialah hadirnya Abbosbek Fayzullaev. Pemain berusia 20 tahun itu memiliki posisi gelandang serang. Pada edisi Piala Asia U-20 2023, dia dianugerahi pemain terbaik ajang tersebut. Kiprahnya pun begitu dinanti di level senior ini.


5. Arab Saudi

Salah satu tim besar di Asia yang datang dengan skuad muda adalah Arab Saudi. Mendaftarkan 24 pemain untuk Piala Asia 2023, rata-rata usia skuad mereka hanya 24,2 tahun. Namun, kekuatan mereka tak perlu diragukan walau usianya relatif muda.

Skuad The Green Falcons ini juga menjadi salah satu favorit juara tahun ini. Terlebih, pada edisi kali ini mereka dilatih oleh Roberto Mancini yang berpengalaman di liga Eropa maupun kompetisi kelas dunia lain.


6. Irak

Timnas Irak yang menjadi lawan pertama Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 juga memiliki pemain muda. Rata-rata usia skuad yang dibawa adalah 24,2 tahun saja. hal ini membuat tim tersebut berada di urutan keenam.

Salah satu wonderkid asal Irak yang mencuri perhatian adalah Ali Jasim. Pemain berusia 20 tahun ini sudah mengemas empat gol dari lima pertandingan terakhirnya di level klub. Pada Piala Asia U-20 2023, dia juga sukses mengantarkan Irak ke final meski harus finish sebagai runner-up

Baca juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Perangkat Canggih di CES 2024, TV Transparan Nirkabel Hingga Perangkat AI Portable

BERIKUTNYA

Inul Protes Pajak Hiburan Bisa Mematikan Usaha Karaoke, Begini Peraturan UU yang Berlaku

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: