LG Signature OLED T, televisi transparan nirkabel pertama di dunia. (Sumber gambar : LG)

7 Perangkat Canggih di CES 2024, TV Transparan Nirkabel Hingga Perangkat AI Portable

15 January 2024   |   11:43 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Consumer Electronic Show (CES) 2024 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu menampilkan wajah baru dunia teknologi. Tak dipungkiri, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan menjadi salah satu yang menarik perhatian dalam pameran dagang teknologi konsumen terbesar di dunia ini. 

Kendati demikian, tidak sedikit pula gadget dan perangkat menarik yang dipamerkan perusahaan besar maupun kecil. Ada terobosan baru, bentuk unik, dan tentunya teknologi canggih yang mewarnai CES 2024. 

Baca juga: Cek 4 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Apa saja teknologi baru yang menarik perhatian di ajang CES 2024? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.


1. LG Signature OLED T

Televisi selalu menjadi pusat ketika CES digelar, tidak terkecuali tahun ini. Beberapa vendor elektronik membawa inovasi terbaru mereka, tetapi yang sangat menarik perhatian yakni kehadiran TV dengan layar transparan dari LG dan Samsung. 

Samsung memang membawa model TV transparan bebas silau, tetapi LG tampaknya yang paling menonjol karena menghadirkan TV OLED transparan dan nirkabel pertama di dunia, yang diberi nama Signature OLED TV T.

LG Signature OLED T ini dilengkapi panel OLED transparan, layar 77 inci, dan kualitas gambar 4K. Model tersebut dirancang untuk orang-orang yang peduli dengan penampilan karena memiliki kotak Zero Connect serta fungsi nirkabel yang memudahkan pengelolaan kabel. TV ini juga dilengkapi dengan prosesor AI Alpha 11 baru, yang menjanjikan kualitas gambar jauh lebih baik.


2. Proyektor Samsung 8K

Samsung Premiere 8K premium, proyektor 8K pertama di dunia dengan konektivitas nirkabel. Proyektor ini hadir dengan Wireless One Connect Box yang memungkinkan pengguna menghubungkan semua periferal, seperti perangkat streaming dan konsol, ke kotak bukan ke proyektor, sehingga menghilangkan kabel yang berantakan. Kotak tersebut mengirimkan konten ke proyektor dari jarak hingga 10 meter.

Proyektor Premiere 8K memiliki tingkat kecerahan 4.000 Lumens, keystone otomatis, fokus otomatis, penskalaan layar, dan fitur lainnya. Perangkat ini dapat memproyeksikan gambar hingga 150 inci hanya dari jarak 12 inci dari dinding, sehingga ideal untuk digunakan di ruangan kecil. Selain itu, Proyektor Premiere 8K dapat meningkatkan konten 4K berkat teknologi bawaan yang didukung AI.


3. MSI Claw

ROG Ally kini memiliki saingan yang perlu diantisipasi dengan hadirnya MSI Claw di CES 2024. Konsol game genggam terbaru ini menghadirkan chip Intel dalam bentuk portabel.
 
MSI Claw memiliki layar FHD IPS 7 inci dengan refresh rate 120Hz yang menyamai ukuran layar Asus ROG Ally. Namun, versi warna unik Claw dan tombol biru A, B, X, dan Y memberikan kesan khusus pada desainnya.

Dengan RAM LPDDR5 16 GB dan grafis terintegrasi Intel Arc, Claw menjanjikan kinerja yang kuat, namun bobotnya jauh lebih berat dibandingkan pesaingnya yaitu 675 gram. Pilihan penyimpanannya banyak, dengan SSD hingga 1TB dan slot kartu MicroSD untuk penyimpanan tambahan. 


4. TCL NXTPAPER 14 Pro

TCL meluncurkan dua tablet di Consumer Electronics Show 2024, yakni TCL NXTPAPER 14 Pro dan TCL TAB 10 NXTPAPER 5G. Tablet ini ramah mata, memiliki konektivitas 5G, dan menggunakan teknologi TCL NXTPAPER 3.0 baru, yang menyaring hingga 61 persen cahaya biru berbahaya sambil mempertahankan gambar yang tajam, warna cerah, kontras mendalam, dan gerakan alami. 

Baca juga: Gadget Sering Nganggur? Begini Cara Tetap Produktif Pakai Tablet

Dilengkapi panel Circularly Polarized Light (CPL) pada tablet, tablet ini menciptakan pengalaman visual yang mirip dengan membaca buku dalam cahaya alami. Selain itu, kemampuan peredupan DC memastikan pengalaman visual bebas kedipan di pengaturan apa pun.


5. Asus Zenbook Duo

Asus kembali membawa inovasi unik dalam produk laptopnya. ASUS memang dikenal sebagai pionir awal di pasar laptop layar ganda, dengan meluncurkan Zenbook Pro Duo pertama mereka pada 2019 dan menawarkan spesifikasi canggih, serta layar sekunder yang unik.

Nah, pada CES 2024, perusahaan meluncurkan varian baru laptop layar ganda Zenbook DUO, yang memiliki dua layar berukuran 14 inci, sebuah peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya. Ini juga mencakup keyboard ErgoSense berukuran penuh yang dapat dilepas.


6. Cincin Helio Amazfit

Amazfit Helio Ring dirancang untuk atlet yang mencari pemantauan, analisis dan panduan pemulihan terbaik. Cincin ini mencakup sensor pelacakan kesehatan umum seperti monitor detak jantung, SpO2, stres, dan pelacak tidur, serta skor kesiapan yang memantau kualitas tidur dan aktivitas fisik, memperingatkan pengguna jika mereka harus melampaui batasnya.

Cincin pintar ini juga menggunakan algoritma PeakBeat untuk memberikan wawasan seperti VO2 Max, beban latihan, dan efek latihan. Amazfit Helio Ring juga memiliki sensor aktivitas elektrodermal, yang mendeteksi stres tingkat tinggi melalui keringat dari tangan.


7. Rabbit R1

Bicara AI di CES 2024, pandangan pengunjung tidak bisa lepas dari Rabbit R1. Didukung oleh Large Action Model (LAM) milik Atmosic, yang mirip dengan model bahasa besar yang digunakan di chatbot seperti ChatGPT, perangkat ini bertindak sebagai jembatan antara pengguna dan ponsel cerdas mereka, termasuk iPhone. Rabbit R1 dan sistem operasinya, Rabbit OS, dirancang untuk menyederhanakan interaksi pengguna dengan aplikasi,  tanpa membukanya. 

Baca juga: Adu Canggih Gadget Flagship, Merek Apa yang Unggul?

Mengutip Gizmochina, perangkat AI portabel ini dilengkapi layar sentuh 2,88 inci dengan sudut membulat, dirancang oleh Teenage Engineering, dan berjalan pada prosesor MediaTek 2,3GHz, serta didukung RAM 4GB dan ruang penyimpanan 128GB. Baterainya dirancang untuk penggunaan sepanjang hari dan perangkat ini dilengkapi kamera kecil yang dapat diputar 180 derajat. Alhasil kamera ini berfungsi sebagai kamera selfie atau kamera belakang. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Piala Asia 15 Januari 2024: Indonesia vs Irak

BERIKUTNYA

6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: