Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/Timnas.Indonesia)

Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

05 January 2024   |   16:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong akhirnya merilis skuad final yang bakal tampil di Piala Asia 2023. Tak tanggung-tanggung, dari 26 nama yang telah diumumkan akan dibawa ke Qatar, delapan di antaranya merupakan pemain naturalisasi.

Posisi dengan jumlah naturalisasi terbanyak adalah pemain belakang. Pada posisi bek, terdapat nama Jordi Amat, Elkan Baggot, dan Justin Hubner yang kerap bermain sebagai centre back. Kemudian, ada Sandy Walsh dan Shayne Pattynama yang mengisi area fullback.

Baca juga: Laga Uji Coba Leg 2, Cek Perbedaan Ranking FIFA Timnas Indonesia dan Timnas Libya

Di antara empat pemain tersebut, Hubner jadi yang paling anyar. Sebab, proses perpindahan warga negaranya baru selesai pada Desember 2023. Dia pun tercatat baru bermain satu kali kala Timnas uji coba melawan Timnas Libya pada 2 Januari 2024.

Di posisi tengah, tercatat ada dua pemain naturalisasi yang dipanggil. Mereka adalah Marc Klok dan Ivar Jenner. Keduanya akan menambah amunisi gelandang yang didominasi pemain lokal.

Sementara itu, di posisi depan ada nama Rafael Struick. Pemain asal Belanda ini akan meramaikan persaingan posisi penyerang di tim Garuda. Sebab, selama ini, posisi ini paling sering mendapat kritikan.
 

Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/Timnas.Indonesia)

Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/Timnas.Indonesia)


Nama-nama pemain yang dipercaya Shin tae Yong sebenarnya bisa diprediksi. Sebab, dalam kurun satu hingga dua tahun belakangan, skuad Timnas Indonesia terbilang tak mengalami perbedaan yang cukup signifikan.

Pada posisi penjaga gawang, STY masih memercayakan pada tiga nama, yakni Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, dan Ernando Ari. Ketiga nama dengan generasi berbeda ini saling melengkapi kebutuhan posisi kiper Indonesia.

Selain itu, nama-nama langganan timnas juga masih menjadi andalan, seperti Rizky Ridho, Asnawi, Pratama Arhan, Saddil Ramdani, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, hingga Dimas Drajad.

Praktis, dari nama-nama yang dipanggil, hanya Adam Alis dan Arkhan Fikri yang dicoret STY. Keduanya, sebenarnya telah mengikuti pemusatan latihan sejak awal dan sempat berjala dalam uji coba pertama, tetapi kemudian STY terapksa mencoret keduanya untuk menggenapi kuota 26 pemain yang wajib didaftarkan ke AFC.

Sementara itu, Shin Tae Yong mengatakan sejauh ini pemusatan latihan di Turki telah memberikan progres yang baik bagi para pemain. Meski kalah dengan skor 0-4 saat melawan Libya dalam laga uji coba, STY menyebut semua rencananya masih berjalan baik.

"Jadi di laga kemarin, saya tidak melihat hasil akhir, tapi lebih kepada mengecek kondisi pemain. Sebab, sejak TC Turki kami terus menggenjot fisik pemain. Mungkin fans kecewa dengan hasil, tetapi percayalah tim terus mengalami perkembangan yang positif," kata Shin Tae-yong, dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Jumat (5/1).

Shin Tae Yong juga mengakui bahwa dirinya banyak melakukan eksperimen pada laga tersebut, seperti langsung memainkan Justin Hubner yang baru bergabung, hingga penempatan posisi Witan Sulaeman sebagai full back kanan.

Kini, persiapan Indonesia menuju Piala Asia 2023 makin dekat. Ada dua laga uji coba lagi sebelum putaran final di Qatar digelar. Indonesia akan bertemu kembali dengan Libya di tempat yang sama pada Jumat (5/1). Setelah itu melawan Iran di Qatar (9/1).

Uji coba ini merupakan pemanasan buat Indonesia menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang. Dalam kompetisi tersebut, tim Garuda tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari.


Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia Piala Asia 2023


Kiper:
1. Syahrul Trisna - Persikabo
2. Muhamad Riyandi - Persis Solo
3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang:
4. Justin Hubner – Wolverhampton (naturalisasi)
5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung
6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang
7. Rizky Ridho - Persija Jakarta
8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC (naturalisasi)
9. Elkan Baggott - Ipswich Town (naturalisasi)
10. Sandy Walsh - KV Mechelen (naturalisasi)
11. Shayne Pattynama - Viking FK (naturalisasi)
12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons
13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Tengah:
14. Saddil Ramdani - Sabah FC
15. Marc Klok - Persib Bandung (naturalisasi)
16. Ricky Kambuaya - Dewa United
17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta
18. Egy Maulana - Dewa United
19. Yakob Sayuri - PSM Makassar
20. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze
21. Ivar Jenner - Jong Utrecht (naturalisasi)

Depan:
22. Hokky Caraka - PSS Sleman
23. Ramadhan Sananta - Persis Solo
24. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC
25. Dimas Drajad - Persikabo
26. Rafael Struick - ADO Den Haag (naturalisasi)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Laga Uji Coba Leg 2, Cek Perbedaan Ranking FIFA Timnas Indonesia dan Timnas Libya

BERIKUTNYA

Bocoran Penampilan Spesial di Panggung Golden Disc Award 2024 Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: