NDX A.K.A (Sumber Foto: Instagram/@pjrmicrophone)

6 Lagu Terbaik NDX A.K.A, Grup Dangdut Hiphop dengan Karya-karya Viral

12 January 2024   |   12:42 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini nama NDX A.K.A jadi perbincangan hangat warganet. Grup musik beranggotakan Yonanda Frisna Damara dan Fajar Ari itu kerap merilis lagu yang unik, tapi enak didengar. Sejumlah karyanya yang populer seperti "Nemen", "Sayang", dan "Ditinggal Rabi" pasti sudah tak asing untuk sebagian orang.

NDX A.K.A didirikan pada 11 September 2011 di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Nama ND merujuk pada salah satu personelnya, Nanda. X berasal dari kata 'extreme' lantaran aliran musik hiphop yang diusung sangat ekstrem. Sedangan A.K.A merujuk pada singkatan dari As Known As atau alias. 

Penggabungan genre hiphop dengan elemen musik dangdut yang dibawakan duo tersebut menciptakan nuansa yang baru dan menyegarkan di belantika musik Tanah Air. Apalagi lirik berbahasa Jawa yang sangat mengena di hati, membuat setiap baitnya terhubung dengan banyak orang. Nah Genhype, yuk simak deretan lagu terbaik NDX A.K.A yang populer. 

Baca juga: Jalan Panjang Dangdut Menuju Pengakuan UNESCO
 

1. Nemen 


"Nemen" sebetulnya lagu yang sudah dirilis sejak lama, tapi versi aransemennya diluncurkan kembali pada 21 Mei 2023, bersamaan dengan video klipnya di kanal YouTube. Selain oleh NDX A.K.A, "Nemen" juga dipopulerkan oleh Denny Caknan dan Gilga Sahid.

Liriknya mengisahkan tentang perselingkuhan dalam hubungan. Padahal salah satu pihak telah memberikan segalanya untuk sang kekasih, tapi malah dibalas dengan pengkhianatan. 


2. Apa Kabar Mantan

Sama seperti judulnya, "Apa Kabar Mantan" menceritakan tentang rasa penasaran seseorang terhadap kabar mantan kekasihnya. Akhirnya dia berhasil move on dengan melepaskan bayang-bayang masa lalu. Meski begitu, luka penyebab perpisahan di antara mereka masih ada.

Seperti dalam liriknya 'Dulu putus karena kamu ada yang lainnya', menyiratkan perpisahan tersebut terjadi karena orang ketiga. Disambung dengan lirik 'Sekarang kamu memohon aku untuk kembali' yang mengungkapkan penyesalan terbesar sang mantan kekasih.
 

3. Tewas Tertimbun Masa lalu (TTM) 


Lagu "Tewas Tertimbun Masa Lalu" (TTM) mengisahkan tentang seseorang yang belum bisa berpindah hati dari mantan kekasihnya. Meski begitu dia belum mau menyerah selama belum ada janur kuning melengkung (pernikahan). Seperti liriknya 'Kamu pernah ada di hidupku, masih ada di hatiku, tak akan luntur sebelum janur kuning melengkung'
 

4. Sayang

"Sayang" merupakan lagu yang mendongkrak popularitas NDX A.K.A. Sebetulnya lagu ini bukan diciptakan Nanda dan Ari. Tidak diketahui siapa pencipta lagu aslinya, tapi hampir semua grup yang menggelar konser orkes melayu pasti akan membawakan lagu ini.

Liriknya menceritakan tentang seseorang yang ditinggal oleh kekasihnya. Akan tetapi, dia masih berharap suatu saat kekasihnya akan kembali padanya. "Sayang" cocok untuk kamu yang gagal move on dari hubungan masa lalu.
 

5. Remukan Ati

Lagi-lagi lagu NDX A.K.A menceritakan tentang pengkhianatan dalam hubungan. Lewat lagu "Remukan Ati", sang kekasih mengingkari janjinya yang akan mencintai pasangannya sampai mati. Liriknya menggambarkan rasa sakit dan kecewa yang dalam setelah ditinggak pergi orang yang dicintai.

Meski begitu, lagu ini mengajarkan kita untuk tidak mengemis cinta. Lebih baik mengakhiri hubungan saat dua orang yang menjalaninya sudah tidak ada perasaan apa-apa lagi.
 

6. Ditinggal Rabi

"Ditinggal Rabi" menceritakan tentang perasaan sakit hati dan kecewa saat melihat orang yang dicintai menikah dengan orang lain. Setiap bait liriknya menggambarkan perasaan terluka dan kehilangan, mengingat janji-janji yang dulu pernah diucapkan.

Walaupun sulit, mereka mencoba merelakan perpisahan ini. Sepertinya setiap lirik lagu NDX A.K.A yang menceritakan tentang perpisahan, tidak melulu berisi tentang kesedihan. Pasti ada kata-kata penyemangat yang membuat kita bangkit untuk move on.

Baca juga: Hypereport: Metamorfosis Dangdut dari Irama Melayu hingga Feel Koplo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Melihat Detail Kamera Smartphone Realme 12 Pro Series 5G

BERIKUTNYA

LMKN: Pencipta & Penyanyi Lagu Harus Jalan Bareng Bikin Penunggak Bayar Royalti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: