Ilustrasi bendera merah putih (Sumber gambar: Zoraya Project/Unsplash)

Cocok Diputar untuk 17 Agustusan, Ini 8 Lagu yang Bikin Semangat

09 August 2022   |   09:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebentar lagi Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-77 tahun. Lagu-lagu bertema kemerdekaan atau kebangsaan pun biasanya kerap diputar saat menjelang Hari Kemerdekaan RI. Meski beberapa diantaranya merupakan karya lama, lagu-lagu tersebut tetap saja bisa membangkitkan semangat.

Saat memasuki Bulan Kemerdekaan, biasanya sederet agenda dan acara akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI hingga puncaknya pada 17 Agustus nanti. Tentunya acara akan kurang meriah tanpa ada iringan musik yang mampu meramaikan suasana. Berikut adalah beberapa lagu yang sering diputar untuk menyemarakkan kemerdekaan.  


1. Hari Merdeka - H. Mutahar



Satu lagu yang selalu hadir dalam momen HUT RI dalah lagu Hari Merdeka. Lagu ini dirilis pada 1946 dan diciptakan oleh seorang komponis bernama H. Mutahar. Lirik lagu ini mencerminkan rasa bahagia dan senang rakyat Indonesia karena telah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Pada 2006, lagu ini pun dinyanyikan ulang oleh grup band Cokelat.


2. Bendera - Cokelat

 

Meski dibawakan oleh Cokelat, lagu yang dirilis pada 2001 ini merupakan ciptakan gitaris Sheila On 7, Eross Chandra. Lagu dengan beat yang kencang ini juga kerap diputar di acara atau momen nasional termasuk HUT RI, lantaran irama musiknya yang bisa membuat siapa saja berkobar semangatnya.


3. Garuda di Dadaku - NTRL

 

Lagu milik NTRL satu ini juga cocok sebagai iringan musik acara-acara HUT RI. Awalnya, lagu ini dibuat pada 2010 sebagai musik pembangkit semangat supporter Timnas Indonesia dalam ajang AFF Cup 2010. Selain itu, lagu ini juga menjadi soundtrack dalam sebuah film dengan judul yang sama yakni Garuda di Dadaku.


4. Kebyar-kebyar - Gombloh

 

Kebyar-kebyar merupakan lagu bertema nasionalisme yang diciptakan oleh Gombloh dan dirilis pada 1979. Lagu ini kemudian dinyanyikan ulang oleh band Cokelat pada 2006. Kebyar-kebyar bermakna tentang persatuan, perjuangan, dan semangat rakyat yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tidak dibeda-bedakan berdasarkan ras, suku, atau agama.

1
2


SEBELUMNYA

11 Inovasi Penerbangan dan Antariksa Indonesia

BERIKUTNYA

Blink Siap-Siap! BLACKPINK Bakal Konser di Jakarta Maret 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: