Film Sehidup Semati karya sutradara Upi (Sumber gambar: dok Film Sehidup Semati)

Fakta Film Sehidup Semati Karya Upi, dari Karakter Misterius hingga Ending Film yang Memukau

11 January 2024   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Film Sehidup Semati karya sutradara Upi Avianto mulai tayang di bioskop hari ini, Kamis11 Januari 2024. Diproduksi oleh Starvision, film yang membawa genre gabungan thriller-horor-psikologis tentang isu KDRT dan perselingkuhan di dalam kehidupan rumah tangga.

Bisa dibilang genre thriller psikologis masih cukup jarang muncul di perfilman Indonesia. Hal ini membuat kehadiran Sehidup Semati banyak memicu rasa penasaran pecinta film. Terlebih, dalam trailer yang sudah dirilis di Youtube, film ini langsung berani menampilkan beberapa adegan yang meremangkan bulu kuduk.

Mulai dari pergulatan emosi Laura Basuki hingga perilaku abusive suaminya, dua hal yang menjadi daya tarik untuk lebih mendalami cerita film ini. Selain itu, sederet bintang film yang namanya sudah dikenal memiliki kapasitas aktor yang mumpuni juga tampil di film Sehidup Semati.

Baca Juga: Lompatan Baru, Sinemaku Pictures Umumkan 3 Produksi Film Pada 2024

Lantas, apa saja hal menarik yang ada di film ini? Berikut adalah fakta-fakta mengenai film Sehidup Semati karya sutradara Upi.


1. Angkat Isu Perempuan dalam Pernikahan


Sehidup Semati mengangkat isu perempuan yang penting di era sekarang. Premis yang diangkat di film ini menarik, yakni tentang pernikahan toxic. Film ini akan membicarakan tentang cerita perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dalam balutan horor yang penuh sensasi menegangkan.

Alih-alih menyuguhkan sisi romantisme, hubungan rumah tangga yang ditampilkan justru tak berjalan dengan baik. Renata, karakter utama di film ini harus mendapatkan nasib tak mengenakkan karena menikahi suami yang kasar dan toxic. Didukung dengan penceritaan yang matang, Sehidup Semati menawarkan cerita horor berbalut KDRT yang menguras psikologis.

Baca Juga: Daftar Pemain Film Ancika Dia yang Bersamaku 1995, dari Arbani Yasiz Hingga Zee JKT48


2. Skenario Dirancang 13 Tahun Lalu


Sutradara Upi mengatakan bahwa naskah film ini telah dibuat sejak 13 tahun lalu. Namun, cerita ini mengendap begitu lama sebelum akhirnya difilmkan. Kendati demikian, film dengan balutan cerita kuat ini masih terus relevan karena topik yang diangkat sangat penting untuk dibicarakan.

Menurut Upi, ide awal membuat cerita ini datang ketika pikirannya terusik oleh berbagai stigma yang kerap disematkan pada perempuan. Selain itu, ada banyak hal lain yang secara tersistem seolah selalu membuat perempuan salah dan tak berdaya. Upi tampak menyentil sistem patriarki yang masih terasa hingga kini. Dia mempertontonkan sebuah dampak dan konsekuensi besar dari apa yang selama ini terjadi akibat hal tersebut.


3. Usung Genre Thriller Psychological


Bukan genre horor biasa yang disuguhkan film ini. Alih-alih hanya menjual jumpscare, film ini justru menampilkan rajutan penceritaan yang matang dengan karakterisasi yang sangat baik. Hal ini membuat film ini bisa dinikmati secara keseluruhan.

Di samping itu, Upi juga mencoba bermain-main dengan genre thriller-horror. Lewat film ini, dia ingin membuat penonton merasakan ketakutan sekaligus ketegangan dalam satu waktu.

Baca Juga: Poster Terbaru Film Madame Web Perlihatkan Kostum Spin-off Spider-Man
 

4. Karakter Asmara Abigail yang Misterius


Kualitas akting Asmara Abigail tak perlu dibantah lagi. Dia sukses membawakan peran-peran penting di berbagai film sebelumnya, dari Perempuan Tanah Jahanam, Yuni, hingga Pengabdi Setan 2: Communion. Di film ini, kesuksesan itu terulang.

Asmara yang berperan sebagai tetangga Renata menyuguhkan karakterisasi yang kuat. Kehadirannya selalu jadi sorotan, tetapi sekaligus masih menyimpan kemisteriusan. Penonton pun diajak untuk menyelami lebih jauh tentang peran sentral dari Asmara ini.


5. Pakai Lagu Pengiring dari Elvis Presley


Film Sehidup Semati punya lagu pengiring yang mewah. Sebab, film karya Upi ini yang bertema pernikahan ini memasukkan lagu berjudul "Can’t Help Falling in Love" yang dinyanyikan Elvis Presley ke dalam filmnya. Tentunya, hal ini menambah nuansa lain yang muncul dan melengkapi jalinan cerita yang terjalin di dalamnya.

Sementara itu, produser Chand Parwez mengatakan bahwa lagu ini barangkali akan menjadi soundtrack film termahal yang pernah terjadi di perfilman nasional. Sebab, film ini diiringi oleh lagu legendaris yang punya kenangan bagi banyak orang yang dinyanyikan oleh seorang legenda musik dunia.

Baca Juga: Laris di Indonesia, Film Siksa Neraka Dilarang Tayang di Brunei & Malaysia???????


6. Dibintangi Aktor dan Aktris Ternama


Film Sehidup Semati dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama. Banyak dari mereka yang telah punya karier akting panjang, beberapa di antaranya bahkan memenangkan penghargaan bergengsi. Hal ini menjadi jaminan bahwa kualitas akting yang tersaji di film ini memang benar-benar dibuat serius.

Beberapa yang terlibat di film yang diproduksi Starvision ini adalah peraih tiga Piala Citra FFI (2010, 2020, dan 2023) Laura Basuki, peraih nominasi pemeran pendukung perempuan terbaik FFI 2020 dan 2021 Asmara Abigail, dan peraih nominasi pemeran utama pria terbaik FFI 2014, 2018, dan 2020 Ario Bayu.

Selain ketiganya, Sehidup Semati juga dibintangi oleh Chantiq Schagerl, Maya Hasan, Lukman Sardi, Whani Darmawan, Aqeela Dhiya, Ivanka Suwandi, Elly D Luthan, Verdi Solaiman, Patty Angelica Sandya, dan masih banyak lagi.


7. Ending Film yang Berubah


Ketika ditemui Hypeabis.id seusai press screening pada 8 Januari 2024 lalu, sutradara Upi mengatakan secara garis besar napas film ini masih sama dengan apa yang pertama kali ditulisnya 13 tahun silam.

Kendati demikian, dia tak menampik dalam perjalanannnya, ada beberapa hal substansial yang berubah. Salah satunya, ialah pada bagian ending film. Sebab, menurutnya, ending selalu menjadi bagian yang penting dalam sebuah film.

“Ada sih, beberapa perubahan. Banyak berubahnya lebih ke endingnya, kayak ini film mau diakhiri dengan cara seperti apa. Ada perubahan-perubahan di situ,” ucap Upi kepada Hypeabis.id.

Baca Juga: Starvision Rilis Trailer Film Sinden Gaib, Tayang di Bioskop 22 Februari 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Film Ancika Dia yang Bersamaku 1995, dari Arbani Yasiz Hingga Zee JKT48

BERIKUTNYA

Lompatan Baru, Sinemaku Pictures Umumkan 3 Produksi Film Pada 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: