Ivan Gunawan (Sumber Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

Profil Ivan Gunawan, Desainer yang Sukses di Dunia Hiburan

11 January 2024   |   07:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Nama Ivan Gunawan belakangan ini banyak diperbincangkan publik setelah dia memutuskan keluar dari program Brownis di Trans TV. Selama hampir tujuh tahun, Ivan memandu acara tersebut bersama Ruben Onsu, Ayu Ting Ting, dan Wendi Cagur,

Melalui video singkat yang diunggahnya di Instagram @ivan_gunawan, ditegaskan bahwa keputusannya tersebut benar adanya dan bukan rekayasa. “Thank you so much aku harus ninggalin Brownis keputusan aku sudah bulat, ini bukan gimmik,” ujarnya.

Baca juga: Ivan Gunawan Bikin Koleksi Hijab untuk Bantu Palestina, Langsung Tembus Ratusan Juta!

Sebetulnya, Ivan Gunawan sendiri bukanlah sosok yang terbilang baru di jagat hiburan tanah air. Selain dikenal sebagai perancang busana, dia juga merupakan aktor dan presenter yang wajahnya sering wara-wiri di layar kaca. Nah Genhype yuk simak profil dan fakta menarik Ivan Gunawan.
 

1. Keluarga Ivan Gunawan

Pria pemilik nama asli Ivan Gunawan Putra tersebut lahir di keluarga keturunan Jawa, Tionghoa, dan Belanda. Ayahnya, mendiang Bambang Cahyo Gunawan dahulunya diplomat yang pernah bertugas di Hongkong, Thailand, dan Ukraina.

Bambang menikah dengan Erna Gunawan dan dikaruniai tiga orang anak yakni Ivan Gunawan, Indra Gunawan, dan mendiang Emma Sadiani. Ivan Gunawan juga merupakan keponakan dari perancang busana keamaan tanah air, Adjie Notonegoro.
 

2. Menjajal Akting dalam Film dan Sinetron

Ivan Gunawan mulai meniti karier di dunia hiburan dengan membintangi sejumlah judul film seperti 5 Sehat 4 Sempurna (2002) sebagai Vantje Burhanuddin, Cinta 24 Karat (2003) sebagai Nevi. Selain itu juga beberapa judul sinetron seperti Hidayah (2005-2007) sebagai Maman dan Koboi Cabe Rawit (2010).

Belakangan ini penampilannya dalam film Hidayah kembali viral di media sosial, di mana dia memerankan karakter waria yang bertaubat dan kembali ke kodratnya sebagai laki-laki. 
 

3. Tokoh Berpengaruh di Industri Mode

Sebelum debutnya di film dan sinetron, Ivan telah lebih dulu muncul di layar kaca sebagai finalis cover boy majalah remaja pada 1997. Ketertarikannya di bidang mode dimulai sejak kecil, ketika dia melihat aktivitas pamannya mengelola butik. Setelah dewasa Ivan pun akhirnya mendirikan butiknya pertamanya dengan nama 'Miss To Mom' di Tanah Abang, Jakarta.

Lini bisnisnya makin berkembang dengan menghadirkan berbagai butik sesuai segmentasi pasarnya. Ada Love by Ivan Gunawan (busana pengantin), Khalif Menswear (fesyen pria), Hijab Mandjha (busana muslim), Ivan Gunawan Privilege (hijab dan mukena), Minime Kidz (baju anak).

Pada 2020, Ivan Gunawa juga menjadi direktur nasional kontes kecantikan Miss Grand Indonesia yang lisensinya dimiliki Yayasan Dunia Mega Bintang. Belum lama ini di ajang Miss Grand International 2023, dia dianugerahi penghargaan Golden Grand Award yang diberikan khusus untuk direktur nasional terbaik dalam mengatur kontestan di negaranya.
 

4. Merilis Single bersama Rossa

Ivan Gunawan terus mengembangkan berbagai potensinya di industri hiburan. Pria kelahiran 1981 tersebut mulai menjajal bidang tarik suara dengan menggandeng Rossa, sebagai produser eksekutif.  Mereka meluncurkan single berjudul Ijah Jangan Gila Dong pada 2008 yang didistribusikan melalui RBT (Ring Back Tone). Selain itu ada juga dua lagu lain yang dirilis olehnya, berjudul Mau Kawin (2019) dan Pelan-Pelan (2019).
 

5. Presenter Kondang di TV

Sejauh ini Ivan Gunawan telah membintangi berbagai acara variety show sebagai presenter, bintang tamu, maupun juri di ajang pencarian bakat. Beberapa di antaranya seperti program musik Inbox (SCTV), ajang pencarian bakat seperti Akademi Fantasi Indosiar, Mamamia, D'Academy (Indosiar), Indonesia Mencari Bakat (Trans TV), Indonesia's Got Talent (RCTI), dan Indonesia's Next Top Model (NET.

Tak ketinggalan acara talkshow seperti Pesbukers (Antv), Brownis (Trans TV), dan lainnya. Selama membintangi sejumlah program variety show di TV, Ivan Gunawan meraih penghargaan SCTV Awards 2009 sebagai Pembawa Acara Paling Ngetop.

Baca juga: Tip Padu Padan Scarft Ala Ivan Gunawan Agar Penampilan Lebih Stylish

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tayang Lusa, Cek Sinopsis Film Lift Karya Sutradara F. Gary Gray

BERIKUTNYA

Perkenalkan The Unforgettable Journey of Lala, Anime Ciptaan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: