Koleksi Mata Hati Ivan Gunawan (sumber gambar : Ivan Gunawan)

Intip Koleksi Fesyen Edisi Lebaran Ivan Gunawan Berbahan Tenun Sotis

19 February 2023   |   20:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Desainer Ivan Gunawan menjalin kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Dekranasda dengan menghadirkan koleksi bertajuk 'Mata Hati' dalam pagelaran fashion show GARIS POETIH yang berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta beberapa waktu lalu.

Melalui koleksi terbarunya tersebut, Ivan menyuguhkan berbagai karya fesyen yang didesain dengan menggunakan kain tenun Sotis dari Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur sebagai pilihan busana di hari raya.

Baca juga: Koleksi Busana Muslim Ivan Gunawan Ini Cocok Buat Sehari-Hari

Menurut Ivan, NTT memiliki kain tenun dengan nuansa motif yang sangat berbeda dibanding kain wastra yang lain sehingga mendorong pria yang sudah 20 tahun berkecimpung dalam dunia desain fesyen tersebut untuk melestarikan kain wastra Indonesia dalam desain yang dia buat.

"Jadi aku ingin membuat lebaran dengan nuansa Indonesia. Kain tenun Sotis ini aku buat menjadi potongan-potongan yang sopan dan loose di setiap koleksi itu sendiri,” ujarnya.

 

Sumber gambar : Ivan Gunawan

Sumber gambar : Ivan Gunawan




Ivan akan mengeluarkan sebanyak 32 koleksi yang terdiri dari 20 busana wanita dan 12 busana pria. Koleksi ini hadir dengan konsep bertumpuk ata layering. Kain tenun NTT tersebut dipadukan dengan organdi, shifon, lace , katun, dan linen yang membentuk busana Resort Wear.

Hadir dengan warna-warna yang soft seperti nude, biru dan putih, membuat koleksi “Mata Hati” terlihat lebih ringan namun tetap kental dengan nuansa Lebaran.

“Warna-warna yang kupilih memang soft banget untuk dipakai di hari raya. Semuanya dipadukan layer dalaman atau luaran dari organdi, shifon, lace , katun, linen yang menjadikan koleksi ini sangat resort,” ungkapnya.

Tampilan resort dalam koleksi lebaran kali ini memang sengaja dibuat Ivan, karena tradisi masyarakat Indonesia yang sering menjadikan momen lebaran sekaligus untuk  liburan. Selain desainnya yang ringan, bahannya juga ringan dan ngga gampang lecek sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana saat libur lebaran.

Ivan juga menghadirkan busana dalam berbagai siluet seperti jaket, outer dengan berbagai desain dengan potongan loose dan oversized, celana palazzo,  jaket serta rok lebar bertumpuk. Ivan menambahkan embellishment semacam kristal, payet dan Mutiara yang membuat busana-busana ini semakin jelita, serasi, tanpa kesan berlebihan.

Kain tenun Sotis ini tak hanya diaplikasikan untuk busana, Ivan juga membuat perhiasan dan tas dari kain tenun khas NTT. Untuk perhiasan ini Ivan terinspirasi dari bunga lili sehingga bentuk perhiasannya menyerupai kelopak bunga lili. "Jadi masih ada  sentuhan bali. Karena kan sama sama dari timur," ujarnya.

Baca juga: Sentuhan Cinta Ivan Gunawan dalam Gaun Pengantin Anggun Ala Putri Rusia

Sementara untuk tas, Ivan membuat sejumlah model tas tenteng dengan ukuran yang mudah dibawa kemana-mana. Tas tenun tersebut terlihat sangat modis karena kesan etnik yang melekat padanya. Dengan tassel dibawahnya, membuat tampilan tas ini semakin cantik modis saat dipakai di hari raya.

 Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bir Kotjok Bogor, Racikan Minuman Rempah yang Bikin Segar

BERIKUTNYA

Sinopsis The First Slam Dunk, Bukan Tentang Hanamichi Sakuragi?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: