Koleksi scarft Mandja Hijab (sumber gambar : Mandjha Hijab / instagram)

Tip Padu Padan Scarft Ala Ivan Gunawan Agar Penampilan Lebih Stylish

31 August 2023   |   12:20 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Scarf menjadi salah satu fesyen item yang kerap digunakan oleh para wanita sebagai pemanis atau hiasan leher. Umumnya syal dibuat lebih kecil dan ringan karena fungsinya sebagai aksesori. Namun belakangan, mulai banyak brand modest wear yang menghadirkan jenis scarf segi empat sebagai hijab.

Scarf tersebut biasanya dibuat dari bahan yang ringan, salah satu yang kini menjadi favorit untuk scarf adalah bahan voal seperti voal premium, voal ultrafine, voal superfine dilengkapi dengan berbagai motif printing yang menarik.

“Bahan voal sebenarnya masih sejenis dengan katun, tetapi lebih lebih tipis dan lebih ringan ketika dipakai. Selain itu, bahan voal juga tidak menimbulkan rasa panas sehingga bisa membuat nyaman sepanjang hari,” ujar Ivan Gunawan, Desainer sekaligus Owner dari Mandjha Hijab by Ivan Gunawan.

Baca juga: Cara Merawat Aksesori Emas Imitasi Biar Tetap bisa Tampil Mewah & Elegan

Dengan ukurannya yang lebih compact dan ringan, scarf memiliki sifat yang lebih fleksibel sehingga dapat dikreasikan menjadi berbagai pemanis dan aksesoris yang dapat memberikan kesan formal maupun kasual.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara melilitkan scarf di leher sebagai pengganti kalung sehingga bisa membuat penampilan menjadi lebih modis dan trendi. Inspirasi gaya ini memang telah menjadi tren sejak awal abad ke-19 dan masih tetap cocok diaplikasikan hingga saat ini.

Selain dengan melilitkan di leher, scarf juga bisa dijadikan aksesori busana dengan cara digantungkan di leher dengan  model style long dan loose sehingga memberikan kesan yang lebih modis dan elegan.

“Bisa juga dikreasikan sebagai hiasan kepala atau headband atau menjadi rompi, vest, maupun cardigan,” tutur pria yang akrab disapa Igun ini.

Sebagai aksesori, scarf terutama yang memiliki material satin atau silk bisa digantungkan di tali tas sehingga dapat mempermanis tas tersebut.

Lantas, untuk padu padan penggunaan scarf dengan pakaian sehari-hari, Igun menyarankan jika mengenakan baju yang memiliki motif yang terbilang cukup ramai dan padat maka bisa memilih scarf bermotif polos.

Sebaliknya, jika memakai outfit yang tidak banyak motif atau lebih polos, maka bisa menonjolkan tampilan dengan memilih scarf bermotif yang sesuai dengan warna pakaian yang digunakan.

Untuk melengkapi kebutuhan wanita sehari hari, Mandjha Hijab menghadirkan beberapa pilihan scarf, diantaranya scarf Voal Premium dan scarf Basic Solid dengan banyak pilihan warna, selain itu Mandjha Hijab juga memiliki Hijab Instan dan Hijab Syar'i untuk keperluan ibadah umroh.

“Mandja Hijab menghadirkan scarf yang tidak menimbulkan rasa panas, mudah dibentuk, tidak berbulu, tidak mudah kusut dengan range harga mulai dari Rp169.000 hingga Rp349.000,” tuturnya.

Sementara itu, PR Vanilla Hijab Mega Novelia mengatakan agar penggunaan scarf dapat menunjang penampilan secara maksimal, Mega menyarankan untuk memadu padankan scarf motif dengan outfit polos atau tidak bercorak sehingga dapat lebih menonjolkan motif pada scarf. 

“Pilih salah satu warna dominan pada scarf sebagai padanan outfit agar lebih outdtanding. Jika tampil dengan pakaian bermotif, pilih yang tidak terlalu besar atau ramai coraknya dan lengkapi dengan scarf polos,” jelasnya. 

Adapun beberapa carf polos yang dapat menjadi pilihan antara lain warna nude seperti krem, cokelat susu, pink dusty.

Bagi yang berani untuk berekspresi, maka bisa mencoba memadukan outfit bercorak dengan scarf motif. Dia merekomendasikan untuk memilih pattern yang hampir mirip atau senada sehingga tidak berlebihan.

Adapun untuk pilihan bahan, maka bisa menggunakan scarf dengan bahan premium voal yang breathable, halus, dan mudah dibentuk. Sebab, bagaimanapun pemilihan bahan menjadi salah satu faktor yang penting mengingat penggunaan hijab atau scarf para muslimah biasa dilakukan dalam waktu yang cukup lama bahkan bisa seharian.

Baca juga: Intip Inovasi Forest dalam Koleksi Syal & Aksesori Fesyen Kelas Premium

Vanilla sendiri menghadirkan koleksi scarf CEO yang memiliki 5 motif signature logo monogram Vanilla sebagai salah satu motif monogram yang menjadi favorit para hijabers dan pelanggan Vanilla .

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Trailer Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso Dirilis, Dokumenter Kasus Kopi Sianida yang Penuh Misteri

BERIKUTNYA

Menelisik Pencarian Estetika Alula Sumendap & Seni Sebagai Terapi dalam Pameran Idola di CG Art Space

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: