Ilustrasi Augmented Reality (Sumber gambar: Unsplash/Jessica Lewis thepaintedsquare)

Perbandingan Fitur & Spesifikasi Apple Vision Pro vs Meta Quest 3

09 January 2024   |   19:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Persaingan teknologi perangkat augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) makin menarik. Sejauh ini, ada dua perusahaan yang memimpin inovasi teknologinya, yakni Apple dan Meta. Dua raksasa asal Amerika Serikat ini bahkan sama-sama mengeluarkan produk terbarunya dalam waktu berdekatan.

Setelah melakukan perkenalan di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, perangkat terbaru mereka bernama Apple Vision Pro direncanakan mulai rilis resmi pada awal 2024. Sementara itu, dalam waktu yang tak terlalu jauh, Meta juga mengumumkan kelahiran Meta Quest 3 sebagai pembaharuan dari versi lamanya.

Meski mengusung teknologi AR, dua perangkat ini memiliki sejumlah perbedaan yang signifikan. Dari segi fitur, keduanya punya perbedaan yang mencolok. Ini penting diperhatikan agar penggunaannya bisa sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Teknologi AR, VR, dan AI Jadi Pilihan untuk Bangun Kedekatan dengan Gen-Z & Gen Alpha
 

Apple Vision Plus (Sumber gambar: Apple)

Apple Vision Plus (Sumber gambar: Apple)

Melansir PC Guide, Apple Vision Pro memiliki fitur pelacakan mata, wajah, dan tangan. Artinya, tidak ada pengontrol untuk headset ini. Sebab, semua tindakan akan dilakukan berdasarkan gerakan anggota tubuh. Perangkat ini juga dilengkapi bantuan 12 kamera dan sensornya.

Di sisi lain, Meta Quest 3 dilengkapi dengan pengontrol touch plus. Hal ini karena perangkat tidak memiliki pelacakan pada mata dan wajah. Device ini akan menggunakan AI untuk melacak dan memprediksi gerakan tangan. Selain itu, ada tujuh kamera dan sensor yang tertanam.

Dari segi resolusi layar, keduanya juga berbeda. Meta Quest 3  memiliki layar 2.064 x 2.208 piksel yang menjadikan perangkat ini melakukan update signifikan dibanding versi Quest 2 dan Quest Pro. Sayangnya, Apple Vision Pro menghadirkan teknologi lebih baik dengan layar mikro OLED beresolusi 4K.

Penggunaan mikro-OLED memberi Apple keuntungan besar, karena OLED dapat menyala sendiri untuk setiap piksel. Hal ini membuat Apple tidak memerlukan lampu latar, serta menawarkan kualitas gambar yang sangat baik dibandingkan sistem berbasis LCD.

Meski Apple lebih unggul dalam hal tampilan, mereka terbilang kalah soal kecepatan refresh. Sebab, refresh rate yang dihadirkan Meta sudah berada di angka 120 Hz, sedangkan Apple hanya 90Hz.

Dalam hal dapur pacu, Meta Quest 3 membekali perangkatnya dengan chip Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2. Sementara itu, Apple Vision Pro akan menggunakan prosesor Apple M2 dan chip R1.
 

Meta Quest 3 (Sumber gambar: Meta)

Meta Quest 3 (Sumber gambar: Meta)

Mengutip Appleinsider, Meta telah meningkatkan teknologinya dan menggunakan kamera warna beresolusi tinggi. Hal tersebut memungkinkan pengalaman yang jauh lebih baik dalam memandang dunia AR. Ada juga sensor pelacakan mata dan wajah, yang terutama digunakan untuk fungsi avatar.

Untuk Vision Pro, Apple melakukan hal serupa, termasuk sepasang kamera resolusi tinggi untuk memberikan gambar utama. Kamera TrueDepth yang dipasang di depan, adanya pemindai LiDAR, serta iluminator inframerah juga akan membantu perangkat ini meningkatkan kinerja cahaya rendah.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi dari Meta Quest 3 dan Apple Vision Pro


Meta Quest 3

  • Prosesor: Chip Snapdragon XR2 Gen 2
  • RAM: 12 GB
  • Ruang Penyimpanan: 128 GB dan 512 GB
  • Tampilan: 2.064 x 2.208 piksel
  • Refresh Rate: 120Hz
  • Layar: LCD
  • Pengendali: Pengontrol sentuh plus


Apple Vision Pro

  • Prosesor: Chip M2, Chip R1
  • RAM: Spekulasi 16 GB
  • Ruang Penyimpanan: Spekulasi 64 GB
  • Tampilan: 4K
  • Refresh Rate: 90 Hz
  • Layar: Mikro-OLED
  • Lensa: Lensa Katadioptrik khusus dan sisipan optik ZEISS
  • Pengendali: Pelacakan tangan, mata, dan wajah
Baca juga: Gamers Masuk, Ini 4 Rekomendasi VR Headset untuk Smartphone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Sepeda Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Ratusan Kilometer

BERIKUTNYA

Psikolog Analisa Bagi Kiat Tetap Chill Merespons Perubahan di Dunia Kerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: