Sepeda motor litrik Alva (Sumber gambar: Alva)

5 Sepeda Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Ratusan Kilometer

09 January 2024   |   18:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kini, sepeda motor listrik menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk melakukan mobilitas sehari-hari. Selain ramah terhadap lingkungan karena tidak memiliki emisi, kendaraan ini juga diklaim lebih irit jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran dalam.

Kendaraan roda dua ini menggunakan motor listrik untuk bergerak. Sementara itu, motor listrik yang tersemat menggunakan daya yang terpasang di baterai. Kapasitas baterai antara satu dengan merek kendaraan lain berbeda-beda dan berpengaruh terhadap daya jelajahnya.

Ada banyak faktor yang membuat sebuah sepeda motor listrik dapat menempuh jarak yang jauh. Selain kapasitas baterai yang terpasang di dalamnya, cara berkendara juga menjadi faktor penentu lainnya.  

Baca juga: Minat Masyarakat Terhadap Motor Listrik Bakal Tumbuh Tahun 2024, Ini Alasannya

Pada saat ini, daya jelajah kendaraan sepeda motor listrik menjadi salah satu pertimbangan bagi banyak orang selain spesifikasinya dan ketersediaan after sales. Bukan tanpa alasan, banyak orang memilih kendaraan dengan daya jelajah yang jauh.

Kendaraan sepeda motor listrik yang mampu jalan jauh berarti pengemudi tidak perlu khawatir kehabisan daya saat berkendara. Tidak hanya itu, jarak tempuh yang jauh juga berarti lebih irit lantaran tidak perlu sering mengisi daya baterai. 

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut daftar sepeda motor listrik yang punya daya jelajah ratusan kilometer sehingga bisa diandalkan untuk mobilitas harian. 
 

1. Polytron Fox R

Polytron Fox-R adalah salah satu kendaraan sepeda motor listrik dengan daya jelajah yang cukup mumpuni, yakni 130 kilometer. Jarak tempuh Polytron Fox R itu dapat dicapai dengan kecepatan rata-rata 40 kilometer per jam.

Sepeda motor listrik tanpa bahan bakar fosil itu juga memiliki kapasitas baterai sekitar 3,7 kWh. Sementara itu, power yang dihasilkan mencapai 3 kW dengan kecepatan maksimal sampai 95 kilometer per jam. 
 

2. Alva Cervo

Kendaraan sepeda motor listrik yang memiliki daya jelajah bisa diandalkan oleh penggunanya adalah Alva Cervo. Alat mobilisasi tanpa bahan bakar fosil ini menggunakan 2 baterai tipe Lithium dengan kapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh).

Berdasarkan dyno test yang sudah dilakukan dengan kecepatan konsisten di 30 kilometer per jam dan 2 baterai, kendaraan ini memiliki jarak maksimal hingga 125 kilometer. 
 

3. Selis E-Max Dual Lithium

Seles E-Max Dual Lithium merupakan kendaraan roda dua listrik lain yang memiliki daya jelajah cukup jauh. Kendaraan dengan kecepatan maksimal 50 kilometer per jam itu mampu menempuh jarak hingga 120 kilometer.

Kendaraan itu dapat memiliki daya jelajah hingga di atas 100 kilometer lantaran mempunyai dua baterai tipe lithium ion phosphate atau LiFeP04 dengan kapasitas 60 volts 25 Ah. Komponen yang berfungsi untuk menggerakan motor ini memiliki durasi pengisian daya maksimal 5 jam. 
 

4. Viar Q1

Kendaraan roda dua tanpa bahan bakar fosil lainnya yang memiliki jarak tempuh cukup jauh adalah Viar Q1. Sepeda motor listrik ini memiliki dua baterai lithium ion dengan kapasitas setiap baterai mencapai 60 v 23 Ah.

Tidak hanya itu, Viar Q1 juga memiliki teknologi Viar Battery Management System (BMS), sehingga memiliki jarak tempuh sampai 120 kilometer. Viar BMS akan memantau tegangan, arus listrik  dan suhu baterai secara bersamaan, Dengan begitu, bateri akan terlindungi dan aman sehingga dapat membuatnya terjaga dengan baik.
 

5. Yadea T9

Yadea T9 adalah kendaraan sepeda motor listrik lain yang mampu melaju cukup jauh ketika dikendarai, jaraknya bisa mencapai 100 kilometer. Kendaraan tanpa bahan bakar fosil ini memiliki motor berukuran 2000 W dan baterai tipe graphene 72 v 38 Ah.

Dengan kapasitas baterai yang terpasang, Yadea T9 dapat memiliki jarak tempuh sampai 100 kilometer ketika dikendarai oleh para penggunanya. Selain itu, kendaraan ini juga dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Termahal di Dunia, Harganya Miliaran Rupiah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi & Harga Oppo Find X7 Ultra dan Oppo Reno 11 Pro 5G

BERIKUTNYA

Perbandingan Fitur & Spesifikasi Apple Vision Pro vs Meta Quest 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: