Ilustrasi penggunaan VR untuk smartphone (Sumber gambar: Jessica Lewis/Unsplash)

Gamers Masuk, Ini 4 Rekomendasi VR Headset untuk Smartphone

10 October 2022   |   17:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pesatnya industri gim video makin didorong dengan kecanggihan teknologi yang berkembang secara masif. Tidak hanya terbatas pada layar dua dimensi saja, realitas virtual (virtual reality/VR) makin menjadi tren, dengan menghadirkan pengalaman dunia gim yang lebih nyata kepada para pemain (gamers). 

VR adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna berinterkasi langsung dengan lingkungan hasil simulasi komputer di dalam gim tersebut. Game yang menerapkan mode VR pun sengaja didesain seperti lingkungan yang sebenarnya atau lingkungan fiktif berdasarkan imajinasi, guna membuat pengguna merasakan pengalaman nyata di dalam gim. 

Tidak hanya marak digunakan untuk sambungan komputer (personal computer/PC), beberapa perusahaan juga menawarkan VR khusus untuk smartphone yang turut didukung banyaknya developer pengembang game VR berbasis perangkat tersebut. 

Dirangkum Hypeabis.id, yuk simak rekomendasi VR Headset beserta penjabaran fitur-fiturnya, yang bisa kalian gunakan memakai perangkat ponsel pintar alias smartphone. 

Baca juga: Kembangkan Ekosistem VR Horizon, Facebook Investasi US$10 Juta 


1. Samsung Gear VR 2016

Samsung Gear VR 2016 (Sumber gambar: Samsung)

Samsung Gear VR 2016 (Sumber gambar: Samsung)


Samsung Gear VR 2016 dilengkapi dengan Accelerometer, Gyro Sensor, dan Proximity Sensor yang mendukung penggunanya berinterkasi semakin nyata di dalam dunia gim. Dengan berat 345 gram saja, VR ini termasuk enteng untuk digunakan di bagian kepala. Meski masuk dalam seri lama, VR ini masih difavoritkan banyak orang dan masih kompatibel dengan berbagai device gadget terbaru.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu juga juga memberi bantalan busa pada area mata agar tidak terlalu sakit saat digunakan. Sebagai catatan, Samsung Gear VR 2016 bisa diguinakan untuk smartphone mulai dari 6,1 sampai 6,7 inci. Genshyp bisa membawa pulang Samsung Gear VR 2016 dengan harga Rp1,3 jutaan.
 

2. Oculus Meta Quest 2

Dengan bobot tergolong ringan yakni 502 gram, pengguna bisa merasakan pengalaman menyenangkan bermain game mobile menggunakan VR ini. Oculus seri ini juga menawarkan fitur untuk PC atau TV. Bahkan Meta Quest 2 dapat dihubungkan dengan Facebook untuk dimainkan dengan teman secara daring. Sensor VR ini pun cukup lengkap dengan pergerakan kamera bebas hingga 360 derajat, yang memungkinkan penggunanya mengeksplorasi permainan dengan lebih leluasa. Oculus Meta Quest 2 dibanderol dengan harga Rp4,2 jutaan.
 

3. BOBOVR Z6

BOBOVR Z6 (Sumber gambar: BOBOVR)

BOBOVR Z6 (Sumber gambar: BOBOVR)


Untuk gamers dengan mobilitas tinggi, pertimbangan desain untuk peranti tambahan tentu menjadi prioritas; desain yang praktis dan kompak. Salah satu pilihan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan itu adalah BOBOVR Z6 yang tidak hanya kecil tapi juga mudah dilipat. 

Dengan bobot 420 gram saja, pengguna bisa merasakan fitur vision adjustment mulai Myopia -2 sampai -4. Ukuran smartphone yang kompatibel dan cocok menggunakan perangkat realitas virtual ini juga bervariasi, mulai dari 4,7 inci hingga 8 inci. Harga BOBOVR Z6 ini sekitar Rp520.000.


4. VR BOX 2.0

VR BOX 2.0 jadi salah satu perangkat VR yang cukup popular. Dengan harga yang lebih murah, VR ini sudah bisa memenuhi kebutuhan pengguna smartphone dengan ukuran 4 sampai dengan 6 inci. Ukuran lensa VR BOX 2.0 pun terbilang lebar yakni 42 mm yang akan membuat gamers tetap nyaman bermain dalam dunia game. Bobot ringan yakni 340 gram juga menjadikan VR ini cukup difavoritkan banyak orang. Kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp150.000 untuk membawa pulang perangkat ini.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jiwa Misqueenku Bergejolak, Simak 5 Tempat Wisata Termewah dan Termahal 2022

BERIKUTNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Begini Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: