Zec00 merupakan salah satu kendaraan roda dua listrik malah di dunia (Sumber gambar: Zecoo Motor)

Daftar Motor Listrik Termahal di Dunia, Harganya Miliaran Rupiah

03 December 2023   |   11:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dunia tengah melakukan transformasi dalam sektor otomotif. Selain mobil, banyak produsen juga berlomba-lomba menciptakan dan menjual kendaraan listrik. Beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga yang cukup fantastis sehingga membuat siapa saja yang ingin memperolehnya harus mengeluarkan banyak uang. 

Dirangkum dari berbagai sumber, saat ini, sejumlah produsen sepeda motor listrik di dunia tercatat membanderol harga kendaraan tanpa bahan bakar fosil itu mencapai miliaran rupiah atau ratusan ribu dolar Amerika Serikat.

Baca juga: 5 Keuntungan Motor Listrik, Cek Dulu Yuk Sebelum Beli

Harga yang mahal itu bukan tanpa sebab. Selain memiliki desain yang futuristik dan unik, sepeda motor listrik itu juga tidak diproduksi secara massal. Dengan kata lain, keberadaannya hanya terbatas, bahkan hanya ada satu di dunia. Kondisi itu membuat siapa pun yang membelinya akan menjadi satu-satunya pemilik kendaraan tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar motor listrik termahal di dunia 
 

1. The Detonator

Motor listrik pertama yang memiliki harga paling mahal di dunia adalah The Detonator yang harganya berkisar US$150.000. Kendaraan yang menggunakan baterai lithium-ion ini memiliki kemampuan daya jelajah sekitar 128-160 kilometer untuk pengisian selama satu jam. Pengguna kendaraan ini dapat memacunya 120 mph atau hampir sekitar 200 kilometer/ jam.

The Detonator didesain oleh Daniel Simon dari Cosmic Motors, yang terinspirasi oleh film fiksi Tron Legacy. Kendaraan ini tidak ditujukan sebagai produk massal, tapi sebagai alat untuk melakukan promosi perusahaannya. 
 

2. Arc Vector

Kendaraan sepeda motor listrik paling mahal di dunia lainnya adalah Arc Vector. Dengan desain yang futuristik dan spesifikasinya yang mumpuni, kendaraan roda ini disebut-sebut dibanderol seharga 90.000 poundsterling atau sekitar US$120.000.

Arc Vector adalah kendaraan tanpa bahan bakar fosil dengan kapasitas baterai sebesar 399v, sehingga memberikannya jarak tempuh sampai sekitar 321 kilometer untuk penggunaan di perkotaan. 
 

3. Peraves MonoTracer MTE-150

Sepeda motor listrik paling mahal di dunia lainnya adalah Peraves MonoTracer MTE-150. Dibanderol seharga US$100.000, kendaraan roda dua listrik yang satu ini memiliki kabin tertutup.

Peraves MonoTracer MTE-150 memiliki kecepatan tertinggi sampai dengan 150 mil/241 kilometer per jam, dengan akselerasi 0-60 mph kurang dari empat detik. Selain itu, sepeda motor ini juga menggunakan drivetrain AC Propulsion. 
 

4. Lito Sora Generation 2

Motor listrik Lito Sora menjadi salah satu kendaraan paling mahal di dunia pada saat ini. Kendaraan roda dua ini memiliki harga sebesar US$82.250. kendaraan yang disebut-sebut sebagai superbike ini menggunakan baterai lithium-ion 18 kWh, sehingga bisa menempuh jarak hingga 180 mil/290 kilometer..

Tidak hanya itu, kendaraan ini juga memiliki power maksimal 108 tenaga kuda (horse power/hp). Sasis yang disematkan oleh produsen di dalam kendaraan terbuat dari alumunium dengan suspensi Öhlins.
 

5. ZecOO 

ZecOO dari The Zecoo Motor juga masuk dalam daftar motor listrik paling mahal di. Dibanderol seharga 8,88 juta yen atau sekitar US$60.000, kendaraan yang didesain dengan futuristik itu memiliki baterai lithium-ion dengan kapasitas 11,4 kWh sehingga bisa membuatnya menjelajah hingga 159 km sekali pengisian. Kendaraan dengan power maksimal 50 kW itu juga memiliki torsi maksimal sebesar 144 Nm dan kecepatan hingga 160 km per jam.

Baca juga: 5 Sepeda Motor Listrik yang Bisa Jadi Solusi Harga BBM Naik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bunga Citra Lestari Tampil Cantik di Pernikahan dengan Busana Kebaya Kutubaru

BERIKUTNYA

Diperingati Tiap 3 Desember, Begini Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: