Tidak seperti sepeda motor listrik, sepeda motor bensin tidak ramah lingkungan. (Sumber gambar: Pexels/Deva Darshan)

5 Sepeda Motor Listrik yang Bisa Jadi Solusi Harga BBM Naik

05 September 2022   |   16:17 WIB

Like
Pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak pertalite menjadi Rp10.000 per liter. Kenaikan ini tentu membuat pengeluaran bulanan sebagian orang mengalami kenaikan, mengingat kendaraan yang digunakan menggunakan bahan bakar dengan mesin pembakaran internal.

Kondisinya mungkin beda cerita jika individu menggunakan kendaraan sepeda motor listrik. Berapa besar kenaikan harga bahan bakar minyak, pengguna kendaraan roda dua dengan tenaga listrik tidak akan terpengaruh.

Pengguna kendaraan listrik bisa mengisi daya baterai yang ada di dalam tenaga listrik saat berada di rumah atau di kantor. Selain dapat menghemat kantong 100 persen karena tidak lagi perlu membeli bahan bakar minyak, pengguna kendaraan listrik juga dapat berkontribusi membuat lingkungan lebih baik karena kendaraan ini tidak memiliki gas buang atau emisi.

Baca jugaGoogle Mencatat Animo Masyarakat Terhadap Kendaraan Listrik Tumbuh Tinggi

Di Indonesia, sejumlah produsen kendaraan listrik sudah mulai menjual motor listrik, dan dapat menjadi pilihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kendaraan-kendaraan sepeda motor listrik tersebut:
 

1. Gesits

Dilansir dari laman gesitsmotor.com, kendaraan listrik motor Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5 KW. Sekali pengisian daya, kendaraan sepeda motor Gesits diklaim bisa untuk berkendara sejauh 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Adapun jenis baterai yang tersemat pada kendaraan ini adalah lithium-ion 72 Volt/20 Ah dengan waktu pengisian 3 – 4 jam. Sepeda motor Gesits memiliki kinerja akselerasi 0 – 50 km dalam 5 detik dengan kecepatan maksimal 70 km/ jam.

Adapun power outputnya adalah 2.000 w – peak power 5.000 w. Kemudian, kendaraan sepeda motor Gesits juga memiliki maksimal power 6,7 Hp dan maksimum torsi sebesar 30 N.m. Untuk memiliki kendaraan ini, individu dapat mengeluarkan uang mulai Rp28.970.000 untuk OTR DKI Jakarta.
 

2. Viar

Sepeda motor listrik lainnya yang dapat menjadi pilihan bagi individu adalah sepeda motor produksi Viar Motor Indonesia, yakni New Q1.

Dilansir dari laman viarmotor.com, New Q1 adalah kendaraan sepeda motor dengan yang memiliki power motor sebesar 800 watt dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan jarak tempuh 60 km dengan satu baterai.

Baterai yang tersemat pada kendaraan ini adalah baterai lithium – Ion (60v 23 Ah) dengan pengisian 100 persen dalam 4-5 jam. Baterai yang digunakan diViar New Q1 memiliki kapasitas 2 kwh.
 

3. Volta

Kendaraan listrik lainnya yang dapat menjadi pilihan oleh individu adalah kendaraan sepeda motor listrik Volta. Dilansir dari laman voltaindonesia.com, kendaraan ini memiliki baterai 60v 23 Ah dengan kecepatan 60 km/ jam dan jarak tempuh 60 km. Kendaraan sepeda motor listrik volta juga memiliki motor sebesar 1.500 watt.

Kendaraan yang disebut menggunakan fitur LCD digital tersebut dibanderol mulai dari Rp15,75 juta untuk OTR DKI Jakarta.
 

4. Selis

Genhype yang ingin memiliki kendaraan sepeda motor Selis, perusahaan ini memiliki beragam produk sepeda motor dengan berbagai harga.

Dalam laman selis.co.id, terdapat 4 jenis kendaraan sepeda motor listrik yang dapat dipilih oleh pembeli. Pertama,  motor listrik Selis tipe E-Max dengan baterai SLA berukuran 60 v 20 AH. Kendaraan ini memiliki jarak tempuh 40 km dengan kecepatan 50 km/jam. Daya angkut kendaraan ini adalah sebesar 200 kg dengan ukuran dinamo 1200 watt. Kendaraan tipe ini dibanderol seharga OTR DKI Jakarta Rp15,5 juta.

Kedua, motor listrik Selis tipe Agats yang memiliki jarak tempuh sejauh 50 km dengan baterai SLA berukuran 72 volts 20 Ah. Kecepatan kendaraan tipe ini mencapai 60 km/ jam dengan daya angkut 200 kg. Adapun dinamo yang terpasang pada kendaraan ini sebesar 2.000 watt. Kendaraan ini dibanderol Rp19,9 juta.

Ketiga, motor listrik Selis tipe E-max baterai lithium single. Tipe ketiga ini memiliki jarak tempuh 60 km/jam dengan ukuran baterai 60 volts 25 ah. Kecepatan kendaraan ini adalah 50 km/jam dengan daya angkut 225 kg dan besaran dinamo 1.200 watt. Kendaraan ini dibanderol Rp22 juta.

Motor listrik tipe terakhir adalah motor listrik Selis tipe E-max baterai lithium (dual). Kendaraan tipe ini memiliki jarak tempuh 120 km dengan ukuran baterai 60 volts 25 ah. Kecepatan kendaraan ini adalah 50 km/ jam dengan daya angkut 225 kg. Adapun dinamo kendaraan ini adalah 1.200 watt dan seharga Rp28 juta.
 

5. United T1800

Kendaraan listrik lainnya yang dapat menjadi pilihan Genhype adalah United T1800. Dilansir dari laman unitedmotor.co.id, kendaraan ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 65 km sekali pengisian.

Waktu mengisi baterai mencapai 3 jam dengan tipe baterai adalah lithium 60 v 28 Ah. Kendaraan ini memiliki kecepatan maksimal 70 km / jam dengan mode turbo. Mode percepatan terdiri dari  mode 1 mencapai 50 km/ jam, mode 2 mencapai 60 km/ jam, dan mode 3 sebesar 65 km / jam. Kendaraan ini memiliki harga Rp28,5 juta untuk OTR DKI Jakarta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
SEBELUMNYA

Gojek Bikin Misi Berhadiah Merchandise BTS, Begini Cara Ikutnya!

BERIKUTNYA

The Overtunes Duet Bareng Idgitaf Rilis Single Benar-Benar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: