MG 4 EV (Sumber gambar: MG Motor Indonesia)

Harga & Spesifikasi Mobil Listrik New MG ZS EV dan MG 4 EV Diumumkan 10 Januari 2024

07 January 2024   |   17:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

MG Motor Indonesia akan mengumumkan harga dan spesifikasi terbaru kendaraan listriknya yang merupakan hasil rakitan Cikarang, Jawa Barat, yakni New MG ZS EV dan MG 4 EV. Pengumuman akan berlangsung pada 10 Januari 2024 di Jakarta.

Arief Syarifudin, Direktur Marketing & PR MG Motor Indonesia, mengatakan produksi lokal New MG ZS EV dan MG 4 EV merupakan refleksi dari dedikasi perusahaan memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif Indonesia dan perekonomian lokal.

“Kami sangat antusias untuk segera mengumumkan harga yang kompetitif bagi kedua model revolusioner ini," katanya.

Baca juga: 5 Mobil Listrik dengan Daya Jelajah yang Bisa Diandalkan

Dia mengeklaim bahwa kedua model kendaraan tanpa mesin pembakaran dalam itu telah mengubah pandangan terhadap mobilitas yang ramah lingkungan di Indonesia. Baginya, kendaraan ini menjadi simbol kebanggaan nasional lantaran dirakit oleh tangan terampil putra-putri Indonesia.

Menurutnya, kendaraan mobil New MG ZS EV bukan hanya unggul dalam sisi desain dan teknologi yang tersemat. Kendaraan itu juga merupakan bukti nyata perusahaan dalam mendukung lingkungan yang lebih baik.

Sementara itu, MG 4 EV merupakan kendaraan listrik yang dikenal karena kemampuannya dalam menempuh jarak jauh. Selain itu, model ini juga menawarkan desain aerodinamis futuristik yang berpadu dengan fungsionalitas dan kinerja yang apik.

Arif juga mengeklaim bahwa MG 4 EV juga merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap kualitas dan inovasi yang memenuhi standar internasional. “Kami sangat antusias untuk segera mengumumkan harga yang kompetitif bagi kedua model revolusioner ini," katanya.

Untuk diketahui, New MG ZS EV dan MG 4 EV sudah diluncurkan oleh perusahaan pada 2023. Namun, kesamaan spesifikasi rakitan dalam negeri dengan yang pernah meluncur masih belum diketahui. 

Baca juga: MG Meluncurkan SUV Kompak & Mobil Listrik di GIIAS 2023

Hanya saja, MG Motor Indonesia pernah meluncurkan New MG ZS EV di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Pada saat itu, peluncuran mobil tanpa bahan bakar fosil itu merupakan bentuk komitmen perusahaan mengusung teknologi terkini dan mendukung lingkungan yang lebih bersih.

New MG ZS EV memadukan kombinasi antara efisiensi listrik dengan gaya modern. Kendaraan ini memiliki bagian depan yang ramping, lampu belakang LED dengan desain baru, serta charging port yang telah diperbarui di area grille.

Selain itu, New MG ZS EV juga telah mendapatkan rating bintang 5 dari Euro NCAP guna memastikan tingkat kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna.

Kendaraan listrik ini memiliki kapasitas baterai sampai 50,3 kW. Kemudian, perusahaan juga menyematkan liquid cooling system di dalam kendaraan guna membantu pendinginan yang diklaim lebih baik daripada sistem konvensional.

Dengan sistem tersebut, motor listrik yang tersemat diklaim dapat bekerja secara efisiensi. kendaraan ini juga memiliki jarak tempuh hingga 403 kilometer jika baterai terisi penuh. Sementara itu, motor listrik yang terpasang mampu menghasilkan power 117 tenaga kuda.

Kemudian, kecepatan dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,6 detik. Kendaraan listrik ini juga dapat melakukan pengisian daya dari 30 persen hingga 80 persen dalam waktu 30 menit dengan pengisi daya cepat.

Dikutip dari laman mgmotor.id, MG4 EV dilengkapi dengan Nebula Pure Electric Platform, yakni sebuah inovasi yang dikembangkan untuk memasang materi di lapisan yang sama dengan struktur bodi mobil dan menggunakan motor listrik kecil dengan kinerja tinggi.

Tidak hanya itu, inovasi ini juga menghadirkan sistem suspensi independen 4 roda dan suspensi 5-link, guna meningkatkan cengkeraman saat tikungan.

MG4 EV menggunakan motor listrik jenis permanent magnet synchronous motor yang mampu menghasilkan daya maksimum 170 ps per 125 rpm dan torsi sebesar 250 Nm. Dengan menggunakan baterai tipe lithium ion phosphate berkapasitas 51 kw, kendaraan ini mampu memiliki jarak tempuh maksimal 425 km.

Kemudian, berbagai fitur keamanan juga tersedia di kendaraan listrik ini, seperti electronic parking brake, auto vehicle hold, anti-lock braking system dengan electronic brake-force distribution, electronic brake assist, hill start assist system, intelligent high-beam control, dan sebagainya.

Kendaraan ini juga memiliki sistem kemudi electrically controlled dual pinion dan radius putar minimum 5,3 meter. Adapun, panjang kendaraan mencapai 4.287 milimeter dan lebar 1.836 milimeter. Sementara itu, ground clearance MG4 EV juga mencapai 117 milimeter.

Baca juga: Jangan Beli Mobil Listrik, Kalau Belum Tahu 5 Hal Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Review Film 13 Bom di Jakarta, Aksi Terorisme yang Mencekam & Menegangkan

BERIKUTNYA

6 Fitur Menarik Aplikasi Discord, Clips sampai Server

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: