Mercedes-Benz EQS Edition One menjadi salah satu kendaraan listrik dengan daya jelajah yang jauh (Sumber gambar: tangkapan layar laman www.mercedes-benz.co.id)

5 Mobil Listrik dengan Daya Jelajah yang Bisa Diandalkan

14 November 2023   |   06:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mobil listrik menjadi salah satu kendaraan yang tengah hangat jadi bahan sorotan di pasar otomotif dalam negeri. Berbagai produsen menawarkan sarana mobilitas tanpa bahan bakar fosil tersebut dengan beragam kelebihan. Salah satu di antaranya adalah daya jelajah kendaraan.

Jarak tempuh menjadi salah satu yang menjadi perhatian bagi banyak orang ketika hendak membeli sebuah kendaraan listrik. Kondisi ini dapat terjadi lantaran kendaraan yang dapat berjalan lebih jauh berarti membuat pengemudi tidak perlu khawatir dengan stasiun pengisian kendaraan listrik umum, karena memiliki kapasitas baterai penyimpanan yang lebih besar.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri stasiun pengisian kendaraan listrik umum di dalam negeri belum sebanyak stasiun pengisian bahan bakar umum bagi kendaraan berbahan bakar fosil. Jika daya baterai habis, mobil tentu tidak akan berjalan sampai diisi kembali, kecuali jenis kendaraan listrik yang digunakan adalah hibrida yang dapat tetap berjalan menggunakan bahan bakar bensin.

Baca juga: Adu Pintar & Kenyamanan Mobil Listrik Inggris vs Jepang, Genhype Pilih Mana?

Tidak hanya itu, daya jelajah kendaraan listrik yang lebih jauh juga berarti membuat pengisian listrik lebih jarang ketika hanya digunakan dalam jarak dekat. Pengisian baterai listrik yang tidak terlalu sering juga berarti bentuk penghematan.

Nah, bagi kamu yang hendak membeli kendaraan listrik, berikut beberapa opsi merek mobil listrik yang memiliki daya jelajah cukup jauh.


1. Mercedes-Benz EQS Edition One

Salah satu kendaraan listrik yang memiliki daya jelajah cukup jauh dan beredar di pasar dalam negeri adalah Mercedes-Benz EQS Edition One. Baterai lithium-ion yang tersemat di dalam kendaraan ini tercatat memiliki kapasitas 107,8 kWh.

Kapasitas yang tersedia itu diklaim membuat kendaraan yang hanya tersedia 12 unit di Indonesia itu bisa mencapai 770 kilometer (Km) dalam kondisi terisi penuh.


2. BMW i7 xDrive60 Gran Lusso

BMW i7 xDrive60 Gran Lusso menghadirkan teknologi BMW eDrive generasi kelima dan memungkinkan untuk pengisian daya 10-80?lam 34 menit dengan 195 kW (DC, fast-charging station).

Kapasitas baterai ini mencapai 101,7 kWH dan memiliki jarak maksimum antara 590 km – 625 km. Daya tempuh yang bisa dicapai oleh kendaraan tersebut sangat tergantung kepada setiap pengendaranya.


3. Hyundai Ioniq 6

Kendaraan lainnya yang memiliki jarak tempuh cukup jauh adalah Hyundai Ioniq 6. Di dalam kendaraan ini tersemat baterai dengan kapasitas 77,4 kWh. Selain itu, dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive yang tersemat menghasilkan daya mencapai 239 kWh.

Kendaraan dengan torsi 605 Nm itu bisa menempuh jarak sampai 519 kilometer ketika telah terisi penuh atau dalam kondisi 100 persen. Konsumsi energi kendaraan ini mencapai 16,9 kWh per 100 kilometer.


4. Toyota bZ4X

Kendaraan listrik lainnya yang memiliki daya tempuh cukup jauh dan berada di pasar Indonesia adalah Toyota bZ4X. Kendaraan ini memiliki motor AC synchronous electric generator dengan output maksimal 150 kw dan torsi 266,3 Nm.

Toyota bZ4X dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Kondisi tersebut membuat kendaraan itu mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer saat terisi penuh.


5. Wuling Air Ev

Wuling Air Ev tipe long range menjadi kendaraan listrik lainnya yang dapat menjadi pilihan dengan daya jelajah cukup jauh. Kendaraan dengan baterai lithium Ferro-Phosphate ini memiliki kapasitas sebesar 26,7 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Baca juga: Intip Pengalaman & Tantangan Pakai Mobil Listrik

Selain itu, durasi pengisian daya dapat dilakukan dalam 4 jam di rumah dengan menggunakan alat pengisian berkapasitas 6,6 kW AC. Adapun motor listrik yang tersemat di dalam kendaraan ini memiliki kapasitas 30 kW.


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Musik Sendu Danilla Hadir Lagi dalam Single Anyar berjudul Sarwa

BERIKUTNYA

Hypereport: Ketika Pahlawan Industri Kreatif Berjuang lewat Karya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: