Aplikasi Discord banyak dipakai oleh para gamer (Sumber gambar: Flickr/Ivan Radic)

6 Fitur Menarik Aplikasi Discord, Clips sampai Server

07 January 2024   |   18:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi para gamer, Discord pasti bukan sesuatu yang asing. Aplikasi yang satu ini kerap menjadi pilihan untuk berkomunikasi satu sama lain untuk melakukan koordinasi saat bermain gim, mulai dari membuat rencana menyerang musuh dan menyusun strategi, atau sekadar ngobrol santai. 

Discord kerap menjadi pilihan bagi para pemain gim bukan tanpa alasan. Aplikasi berbagi pesan yang satu ini memiliki berbagai macam fitur, sehingga membuat mereka merasa lebih mudah dan nyaman dalam berkomunikasi dibandingkan dengan aplikasi berbagai pesan lainnya.

Sebelum mengenal berbagai macam fitur di dalam aplikasi tersebut, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dahulu sedikit banyak tentang Discord.

Baca juga: Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram

Dikutip dari penjelasannya di aplikasi Google Play, Discord merupakan tempat diskusi, obrolan video, dan berkawan dengan teman serta komunitas. Perusahaan menuliskan bahwa layanannya adalah tempat berkumpul bagi komunitas dan ajang pertemanan. Aplikasi tersebut telah memiliki lebih dari 100 juta unduhan dan rilis pada 2015.

Dalam laman perusahaan, para pendiri Discord membuat aplikasinya untuk memecahkan masalah, yakni cara berkomunikasi dengan teman-teman di seluruh dunia saat bermain game online.

Sejak kecil, pendiri Jason Citron dan Stan Vishnevskiy sama-sama menyukai video game, menghargai persahabatan, dan koneksi yang terbentuk saat memainkannya. Pada saat itu, semua alat yang dibuat untuk pekerjaan ini lambat, tidak dapat diandalkan, dan kompleks.

Keduanya sadar bisa membuat layanan yang lebih baik yang mendorong berbicara, membantu membentuk kenangan, dan menciptakan kembali perasaan kebersamaan yang semua ditemukan melalui gim.

Jadi, pada 2015, keduanya mulai mendirikan Discord. Pada saat itu, orang-orang di dunia menanggapinya dengan sangat baik. Aplikasi ini membuat orang lebih mudah untuk benar-benar berkomunikasi dengan teman, melampaui pembicaraan biasa.

Teknologi yang tersemat dalam aplikasi cukup rumit, tetapi memiliki tujuan yang sederhana, yaitu menjadikan aplikasi ini sebagai 'rumah' yang nyaman untuk dikunjungi bersama komunitas dan teman.

Dalam beberapa tahun, Discord mulai lepas landas, dan orang-orang setia yang menyukainya bermunculan di seluruh dunia. Perusahaan menuliskan bahwa aplikasi itu digunakan oleh semua orang mulai, dari klub hiking lokal, komunitas seni, hingga kelompok belajar.

Aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang menarik untuk digunakan. Berikut 6 fitur menarik yang ada di aplikasi Discord. 
 

1. Clips

Fitur ini memungkinkan Genhype mengambil potongan streaming momen menyenangkan atau menakjubkan dengan langsung menyimpannya ke komputer. Dengan begitu, momen luar biasa saat streaming gim dapat didokumentasikan untuk ditonton atau dibagikan nanti.

Fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit klip favorit dan membagikan momen menakjubkan dengan teman-teman atau komunitas.


2. Voice Messages

Pesan suara atau voice messages adalah fitur lain yang ada di Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim rekaman audio langsung ke teman. Saat sulit untuk mengetik, kalian bisa menggunakan fitur ini atau hanya sekedar memanfaatkannya untuk seru-seruan.


3. Soundboard FAQ

Soundboard adalah fitur saluran suara yang memungkinkan pengguna memutar klip audio pendek yang dapat didengar oleh semua peserta dalam saluran suara yang sama. Sama seperti Reaction dan Super Reaction, Soundboard adalah cara pengguna mengekspresikan diri dan bereaksi terhadap percakapan saluran suara atau streaming Go Live.


4. Video Calls

Fitur lain yang tersedia dalam Discord adalah panggilan video. Dengan fitur ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan menyertakan video bersama dengan teman-teman dari dalam direct messages atau saluran suara server yang biasa digunakan untuk berkumpul bersama.


5. Server

Server adalah fitur lain yang berada di dalam Discord. Server adalah rumah khusus undangan untuk teman atau komunitas bagi para penggunanya. Kelompok dapat berbincang, berkumpul dan bersenang-senang di dalamnya melalui teks, suara, dan video. Genhype dapat membuat sendiri server yang diinginkan atau bergabung dengan server yang sudah ada.
 

6. Saluran

Saluran merupakan bagian dari server. Saluran atau channel ini terdiri dari dua kategori, yakni teks dan suara & video.
Saluran teks adalah ruang bagi komunitas atau kelompok dalam server yang sama untuk berbincang melalui teks. Sementara saluran suara & video merupakan tempat komunitas atau kelompok dalam server berkomunikasi melalui suara dan video.

Baca juga: Facebook Hadirkan Community Chats, Fitur Obrolan Real Time Mirip Discord

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Harga & Spesifikasi Mobil Listrik New MG ZS EV dan MG 4 EV Diumumkan 10 Januari 2024

BERIKUTNYA

Golden Globe Awards 2024: Host, Pembaca Nominasi dan Cara Nonton Streaming

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: