Aktor Marthino Lio dalam film Glenn Fredly The Movie. (Sumber gambar: DAMN I Love Indonesia Pictures)

Intip Penampilan Marthino Lio di First Look Film Glenn Fredly The Movie

05 January 2024   |   13:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah membuat publik penasaran dengan pengumuman film biopik Glenn Fredly The Movie, rumah produksi DAMN I Love Indonesia Pictures merilis first look atau cuplikan tampilan pertama dari film tersebut. First look itu menampilkan aktor Marthino Lio yang didapuk memerankan karakter mendiang Glenn Fredly.

First look Glenn Fredly The Movie menampilkan dua cuplikan adegan aktor Marthino Lio yang menjelma menjadi sosok Glenn Fredly. Marthino tampak mengenakan setelan ikonik Glenn Fredly yakni topi pet. Pada salah satu foto, bahkan Marthino sekilas tampak mirip dengan sosok Glenn. 

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Glenn Fredly The Movie yang Bakal Tayang pada 2024

Foto tersebut mengingatkan pada video klip lagu "Januari" dan "Kisah Romantis", dua nomor andalan Glenn, yang dirilisnya pada awal 2000-an. Selain topi pet yang ikonik, Marthino juga tampak mengenakan anting warna perak yang semakin menguatkan karakternya berperan sebagai musisi legendaris berdarah Ambon itu.

Perilisan first look ini pun disambut antusias oleh para penggemar Glenn Fredly. Banyak dari mereka yang mengaku tidak sabar untuk menonton film biopik dari idola mereka tersebut. Tak sedikit juga penggemar berkomentar penampilan Marthino Lio yang mirip dengan Glenn Fredly.
 

Marthino Lio memang merupakan salah satu aktor berbakat di Indonesia. Kariernya di dunia seni peran saat ini tengah bersinar lantaran sejumlah penghargaan yang disabetnya berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni. 

Aktor asal Surabaya itu belum lama ini meraih penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, serta Pemeran Pendukung Pria Terbaik berkat serial The Big 4, yang masing-masing didapatnya pada ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2022 dan 2023.

Banyak film dan serial yang telah dibintangi oleh pria pemilik nama asli Rafael Guiliano Marthino Lio itu sejak berkarier di industri hiburan pada 2004. Beberapa diantaranya adalah Detektif Jaga Jarak (2023), Buya Hamka (2023), Sewu Dino (2023), Pamali (2022), Kadet 1947 (2021), Losmen Bu Broto (2021), dan Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018).

Selain Marthino Lio, aktor kawakan Bucek Depp juga bakal ikut membintangi film ini dengan berperan sebagai ayah Glenn. Keduanya akan beradu akting dalam menampilkan sepak terjang Glenn Fredly. Sosok penyanyi berdarah timur itu memang tak hanya dikenal berkat suara yang merdu, tetapi juga seorang aktivis yang lantang menyuarakan sikap-sikapnya lewat musik.

Glenn Fredly The Movie menjadi proyek comeback Bucek Depp ke dunia layar lebar, setelah terakhir membintangi film Milea: Suara dari Dilan pada 2020. Aktor berusia 50 tahun itu sebelumnya lebih sering membintangi serial web salah satunya waralaba Wedding Agreement the Series.

Adapun, aktor kawakan Lukman Sardi didapuk sebagai sutradara film Glenn Fredly The Movie, sementara Daniel Mananta dan Robert Ronny mengisi kursi produser. Nama Lukman Sardi memang lebih dikenal publik sebagai seorang aktor. Namun, sebenarnya dia juga pernah menjadi sutradara yakni pada film Di Balik 98 (2015). Delapan tahun berselang, kini Lukman berkarya lagi sebagai filmmaker.

Film ini juga bukan kali pertama Daniel jadi produser. Sebelumnya, dirinya juga memproduseri film Susi Susanti: Love All (2019). Pada 2014, Daniel juga sempat duduk di kursi produser eksekutif untuk film Killers yang disutradarai Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto. 

Baca juga: Keren, Premier Live Pro Bawa Konser Glenn Fredly dalam Holographic Performance
 


Ide pembuatan film biopik Glenn Fredly sendiri datang dari Daniel Mananta selaku produser. Alasannya mengangkat kisah hidup Glenn Fredly ke dalam film in pun terbilang unik. Semua itu diawali dari momen spiritual yang dirasakannya pada Januari 2022 lalu. Kala itu, Daniel mengaku tak bisa tidur dan memutar lagu berjudul "Januari" dari Glenn Fredly.

Lagu tersebut diakui Daniel terus menggantung di kepalanya. “Kemudian ketika berdoa dengan Tuhan, bertanya, maksudnya apa, kenapa lagu Glenn menggantung terus di kepala saya. Ketika itu saya mendapat jawaban dari Tuhan, untuk membuat film tentang Glenn,” jelas Daniel dalam keterangan tertulis.

Bukan hanya karya besar Glenn dalam lagu, Daniel juga memiliki kekaguman yang besar terhadap sosok musisi pelantun lagu "Kasih Putih" itu yang dinilai memiliki kebesaran hati dan perjuangan dalam menyuarakan sikapnya lewat musik. Daniel menyebut, Glenn memiliki banyak sekali fase dalam hidupnya.

Di luar suara emasnya, jiwa aktivis Glenn juga menjadi salah satu alasan lain Daniel ingin membawa kisah hidupnya ke film. “Ketika itu melalui suaranya, dia ingin membuat konflik Ambon itu mereda. Dia menggaungkan perdamaian. Jadi dia aktivis tapi juga musisi. Dia seperti aktivis yang menggunakan musik sebagai senjatanya,” tambah Daniel.

Dengan gambaran kisah Glenn di film nanti, Daniel ingin menebarkan pesan-pesan tersirat mengenai cinta kasih, kedamaian, dan sukacita yang bisa berdampak bagi generasi muda. Film ini disebut akan menyuguhkan kisah perjalanan musisi dengan latar belakang jasa-jasanya yang besar dan berpengaruh bagi Indonesia, termasuk upaya Glenn mengadvokasi kota kelahirannya, Ambon, untuk mendapat predikat City of Music.

Adapun, film Glenn Fredly The Movie dijadwalkan tayang pada 2024. 

Baca juga: 3 Tahun Kepergian Glenn Fredly dan Legasinya yang Terus Hidup 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

NOAH Resmi Hiatus dari Belantika Musik

BERIKUTNYA

Pakai Lirik Bahasa Madura, Lagu Polo Nyaba Jadi Eksplorasi Baru Iga Massardi & Badrus Zeman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: