Beberapa film horor Indonesia yang tayang pada Januari 2024 (Sumber gambar: Instagram filmtrinil/sehidupsematifilm/pemukimansetan)

Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Januari 2024

02 January 2024   |   22:27 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Berbicara mengenai industri perfilman di Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau tak menyebutkan film bergenre horor. Film horor memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton dalam negeri, karena mampu menghadirkan sensasi maupun suasana seram dan menegangkan.

Setiap bulannya, sineas lokal memang selalu menghadirkan ragam genre dan cerita yang menarik untuk ditonton. Khusus untuk film horor, pada periode awal 2024 ini ada beberapa judul yang akan tayang di seluruh bioskop Tanah Air. Mulai dari Sehidup Semati hingga Pemukiman Setan

Simak beberapa daftar film horor Indonesia yang tayang di bioskop Januari 2024. Berikut daftar lengkapnya.

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Januari 2024


1. Trinil: Kembalikan Tubuhku (4 Januari 2024)


Film Trinil: Kembalikan Tubuhku merupakan hasil adaptasi dari drama radio yang cukup populer pada era 1980an. Film ini menceritakan tentang pasangan suami istri, Rara dan Sutan yang menghadapi teror hantu kuyang (hantu kepala tanpa tubuh) setelah kembali ke rumah lamanya yang berada di kawasan kebun teh.

Pada official trailer ke-2 yang di unggah oleh akun resmi Film Trinil di kanal Youtube mereka, scene dimulai ketika Sutan sedang mendengarkan radio di ruang tamu rumahnya. Situasi merubah menjadi mencekam setelah radio tersebut mengeluarkan suara tertawa misterius. Setelah kejadian itu, Rara dan Sutan kerap menghadapi teror hantu kuyang di rumahnya.

Film Trinil: Kembalikan Tubuhku merupakan garapan sutradara Hanung Bramantyo dan rumah produksi Dapur Film. Dibintangi oleh Wulan Guritno, Rangga Natta, Carmela van der Kruk, Fattah Amin dan lain sebagainya. Film Trinil: Kembalikan Tubuhku akan tayang pada 4 Januari 2024 di bioskop seluruh Indonesia. 
 

2. Diwe: Hutan Larangan (4 Januari 2024)

 

Film Diwe: Hutan Larangan terinspirasi dari Diwe, sosok hantu legenda urban yang sangat populer di Bangka Belitung. Film tersebut menceritakan tentang 5 orang sahabat yang tersesat di sebuah hutan larangan.

Cerita bermula ketika mereka berlibur ke daerah Bangka Selatan. Intan memberikan saran agar berwisata ke sebuah pulau di Bangka Selatan. Namun, untuk sampai ke tujuan destinasinya, mereka harus melalui sebuah hutan terlarang yang dikenal dengan kelekak namak.

Setelah masuk hutan terlarang, kelima sahabat tersebut mulai merasakan teror yang menyeramkan. Satu per satu dari mereka diburu oleh Diwe yang mengintai dari balik Kelekak Namak. Film Diwe: Hutan Terlarang digarap oleh sutradara Bram Ferino dan diproduksi oleh Afici Entertainment.

Film ini dibintangi oleh Trisna Anggraini, Sephia Amanda, Andika Nugraha, Firas Madani. Juga ada Muthia Syafana Azzahra, Abdurrahman, Sumarni dan Dhea Gusvita. Film Diwe: Hutan Terlarang dijadwalkan akan tayang pada 4 Januari 2024 di bioskop seluruh Indonesia.


3. Sehidup Semati (11 Januari 2024)


Bergenre thriller horor yang mengangkat isu perselingkuhan hingga KDRT, film Sehidup Semati menceritakan kisah seorang wanita bernama Renata (Laura Basuki) yang merupakan istri dari pria bernama Edwin (Ario Bayu). 

Pada awalnya hubungan rumah tangga mereka berjalan dengan harmonis, hingga pada akhirnya pernikahan keduanya tidak berjalan dengan sehat. Renata kerap menerima prilaku kasar atau KDRT dari sang suami yang mengakibatkan mental dari Renata terusik.

Tak hanya korban KDRT, Renata harus menerima kenyataan pahit bahwa sang suami berselingkuh di belakangnya. Meski harus menelan kenyataan juga perilaku dari Edwin, Renata tetap bertekad untuk mempertahankan pernikahannya. Film tersebut juga diselipkan dengan beberapa adegan horor yang membuat memberi kesan intens. 

Film Sehidup Semati digarap oleh sutradara Upi dan diproduksi oleh Starvision Plus. Film tersebut turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Laura Basuki, Ario Bayu, Asmara Abigail, Chantiq Schagerl, Maya Hassan, Lukman Sardi dan lain sebagainya. Film Sehidup Semati dijadwalkan akan tayang pada 11 Januari 2024 di bioskop seluruh Indonesia.


4. Rambut Kafan (18 Januari 2024)


Film Rambut Kafan menceritakan tentang Anwar (Yama Carlos), seorang pengusaha sukses dan pekerja keras yang mempunyai istri bernama Mirna (Virnie Ismail) serta satu anak perempuan bernama Tari (Bulan Sutena).

Mirna mengalami kondisi kesehatan memprihatinkan yang membuatnya selalu mengalami keguguran saat mengandung. Kondisi ini membuat Tari harus merawat ibunya. Namun, diagnosa kanker menjelaskan bahwa Mirna tidak mengdap penyakit apa pun. 

Keadaan semakin rumit dengan munculnya Suban (Aiman Ricky), adik kandung Anwar, yang meminta bagian harta warisan keluarga dan berkeinginan untuk menjual rumah warisan tersebut. Tari mulai mencurigai Suban setelah serangkaian kejadian mistis dan aneh yang menimpa keluarganya.

Film Rambut Kafan digarap oleh sutradara Helfi Kardit dan diproduksi oleh Voxinema. Film tersebut turut dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris seperti Yama Carlos, Virnie Ismail, Bulan Sutena, Aiman Ricky, Nita Gunawan, Cathrine Wilson dan lain sebagainya. Film Rambut Kafan dijadwalkan akan tayang pada 18 Januari 2024 di bioskop seluruh Indonesia.


5. Pemukiman Setan (25 Januari 2024)


Film Pemukiman Setan mengisahkan seorang anak perempuan yang bernama Alin (Maudy Effrosina) yang memiliki trauma karena kekerasan keluarga. Lantaran terimpit kebutuhan ekonomi, dia bersama tiga temannya merampok sebuah rumah tua angker yang menyimpan barang berharga. 

Rencana mereka tidak berjalan mulus ketika mereka menemukan Sukma (Adinda Thomas), perempuan dengan kondisi mengerikan yang dipasung di rumah itu. Mereka akhirnya menyelamatkan Sukma yang mereka sangka adalah korban kekejaman dari sang pemilik rumah.

Namun nahas, tindakan itu justru menjadi awal dari teror yang akan mengancam keselamatan jiwa mereka, karena Sukma merupakan sosok misterius yang mempunyai ilmu gaib yang begitu besar.

Film Pemukiman Setan digarap oleh sutradara Charles Gozali dan diproduksi oleh Magma Entertainment yang berkolaborasi dengan Rapi Film. Film ini turut dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris seperti Adinda Thomas, Ashira Zamita, Bhisma Mulia, dan lain sebagainya. Film Pemukiman Setan dijadwalkan akan tayang pada 25 Januari 2024 di bioskop seluruh Indonesia. 

Baca juga: Eksklusif Ernest Prakasa: Menatap Industri Film 2024 dengan Optimistis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Duh, Ternyata 45% Mahasiswa di Indonesia Memanipulasi Data Skripsi

BERIKUTNYA

Daftar 5 Negara Teraman untuk Traveler 2024, Mayoritas Ada di Eropa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: