Luna Maya & Christian Sugiono dalam film Panggonan Wingit. (Sumber gambar: Hitmaker Studios)

Daftar Lengkap Pemain Film Panggonan Wingit, Ada Luna Maya & Christian Sugiono

30 November 2023   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu lagi film horor yang tayang di bioskop yakni Panggonan Wingit. Film yang dibintangi oleh Luna Maya dan Christian Sugiono ini berkisah tentang serangkaian teror mengerikan dari sosok wanita berkulit dan berambut putih di sebuah hotel.

Kisah film ini disebut berdasarkan kisah nyata tentang hotel yang terkenal angker di daerah Semarang, Jawa Tengah. Panggonan Wingit bercerita tentang Raina (diperankan oleh Luna Maya), dan adiknya, Fey (Bianca Hello) yang harus pindah dari Jakarta ke Semarang. Mereka harus mengelola sebuah hotel bernama Ambar Mangun yang merupakan warisan keluarga, setelah ayah mereka mengalami kebangkrutan.

Baca juga: Jatuh Cinta Seperti di Film-film & Panggonan Wingit Tayang di Bioskop, Cek Sinopsisnya

Sebelumnya, Hotel Ambar Mangun dikelola oleh pasangan suami istri Garinto (Budi Ros) dan Suktini (Oce Permatasari) yang tak lain adalah kakek dan nenek Raina. Raina dan adiknya pun belum pernah berkunjung ke hotel itu sebelumnya. Raina sendiri tak menyangka bahwa dia akan mengalami banyak hal aneh di hotel tersebut.

Semua berasal dari sebuah kamar hotel tak bernomor yang ada di lantai tiga. Kamar itu rupanya sudah lama dihuni oleh sosok gaib dan kerap disebut sebagai panggonan wingit. Kamar itu selalu tertutup dan dilarang dimasuki oleh siapa pun. Dalam bahasa Jawa, panggonan wingit bisa diartikan sebagai tempat angker atau tempat keramat.
 


Apabila ada orang yang berani membuka pintunya, dia akan melihat sosok wanita berkulit dan berambut putih. Sosok itu akan mengucapkan “telung dino, tengah wengi” yang berarti “tiga hari, tengah malam”. Setelah itu, orang tersebut akan mati tiga hari kemudian, tepatnya saat tengah malam dalam kondisi mengenaskan yakni tubuhnya dikuliti.

Suatu malam, Raina yang mendengar tangisan dari lantai tiga akhirnya menuju kamar terlarang tersebut. Dia lantas membuka pintunya dan mulai mengalami kengerian. Nyawa Raina pun terancam dan dia tak punya banyak waktu untuk menyelamatkan diri. Dibantu dengan Fey, kakek, nenek, dan mantan kekasihnya yang bernama Ardo (Christian Sugiono), Raina berusaha mencari cara untuk lolos dari maut.

Film Panggonan Wingit disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Sebelumnya, sutradara asal Temanggung, Jawa Tengah, itu telah menggarap dua film horor populer yakni Suzzana: Malam Jumat Kliwon (2023) dan Makmum 2 (2021). Sebelum menonton filmnya di bioskop, yuk kenalan dengan jajaran pemain film Panggonan Wingit berikut ini.

1. Luna Maya sebagai Raina
Aktris sekaligus model Luna Maya berperan sebagai Raina yang ditugaskan untuk mengelola hotel angker Ambar Mangun. Sejak sukses membintangi film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), Luna memang kerap hadir dalam sinema horor. Sebelumnya, perempuan berusia 40 tahun itu juga pernah membintangi film Suzzana: Malam Jumat Kliwon (2023), dan Rumah Kentang: The Beginning (2019).

2. Bianca Hello sebagai Fey
Di film Panggonan Wingit, aktris Bianca Hello berperan sebagai Fey, adik dari Raina. Dara berusia 22 tahun itu memulai debut karier aktingnya dengan membintangi film Rumah Malaikat pada 2016. Panggonan Wingit menjadi film horor kelima yang dibintanginya setelah Mereka yang Tak Terlihat (2017), Mata Batin (2017), Mata Batin 2 (2019), dan Makmum (2019).
 

3. Christian Sugiono sebagai Ardo
Aktor Christian Sugiono berperan sebagai Ardo, mantan kekasih Raina sekaligus polisi yang membantu memecahkan misteri panggonan wingit. Film Panggonan Wingit menjadi momen comeback Christian ke dunia layar lebar, setelah membintangi film Rumah Kentang: The Beginning pada 2019 lalu.

4. Budi Ros sebagai Garinto
Aktor Budi Ros berperan sebagai Garinto, kakek dari Raina dan Fey yang membantu mereka mengelola Hotel Ambar Mangun. Meski lebih dikenal sebagai aktor teater, Budi Ros telah membintangi sederet judul film dan serial diantaranya The Big 4 (2023), Wedding Proposal (2021), dan Penyalin Cahaya (2021).

5. Oce Permatasari sebagai Suktini
Suktini, yang dibintangi oleh aktris Oce Permatasari, adalah nenek dari Raina dan Fey sekaligus istri dari Garinto. Sebagai aktris, Oce memang dikenal kerap membintangi film horor. Beberapa judul yang pernah dilakoninya adalah Sijjin (2023), Wakaf (2023), Mumun (2022), Rumah Kentang: The Beginning (2019), dan Tabu: Mengusik Gerbang Iblis (2019).

6. Egy Fedly sebagai Ki Danang
Nama Egy Fedly juga kerap hadir dalam film-film horor lokal. Di film Panggonan Wingit, aktor kelahiran Bandung itu berperan sebagai Ki Danang yang berusaha mengusir teror dari kamar panggonan wingit. Banyak judul film horor yang telah diperankannya diantaranya Kutukan Sembilan Setan (2023), Pengabdi Setan 2: Communion (2022), dan Titisan Setan 2 (2021).

Selain keenam pemain tersebut, film Panggonan Wingit juga diperankan oleh Firstriana Aldila sebagai Menoer, Rafael Adwel sebagai Baskara, dan Hami Diah. Film Panggonan Wingit sudah mulai tayang di bioskop.

Baca juga: Film Lembayung Tayang 2024, Angkat Kisah Thread Twitter Horor Viral 'Jin Poli Gigi'


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Jatuh Cinta Seperti di Film-film & Panggonan Wingit Tayang di Bioskop, Cek Sinopsisnya

BERIKUTNYA

Mencicipi Hidangan Autentik Italia di Tengah Kota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: